Melihat Sisi Lain Pandemi dari Lensa Jozz Felix

Terasa banget nggak sih, Bro? Kalau pandemi COVID-19 ini sudah mengubah gaya hidup kita sehari-hari. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan di kota-kota besar bikin banyak bidang pekerjaan jadi terpengaruh. Nggak terkecuali dengan fotografer, yang biasanya punya mobilitas tinggi dan bergantung sama acara-acara seperti konser atau fashion show. Dengan larangan keramaian, banyak fotografer yang terpengaruh pekerjaannya selama pandemi ini.

Tak terkecuali dengan fotografer yang satu ini, Bro. Jozz Felix. Ia memulai kariernya sebagai fotografer panggung pada 2012 secara otodidak. Lalu, jatuh cinta dengan portrait photography di 2015, di mana ia pertama kali memotret sosok yang berjasa membuat Jozz terjun ke dunia fotografi, mendiang Glenn Fredly.

Setelah itu, Jozz mulai memotret berbagai public figure Indonesia seperti Maudy Ayunda, Eva Celia, Jefri Nichol, Chicco Jerikho, dan Putri Marino. Hingga pada 2015, Jozz merambah dunia still photography atau yang awam dikenal sebagai behind the scene photo.

Debut pertamanya sebagai still photographer adalah “Filosofi Kopi besutan Visinema Pictures, hingga yang paling baru “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini”. Di luar dua bidang fotografi ini, Jozz juga mengerjakan fotografi komersial buat berbagai brand.

Di saat kariernya melesat, pandemi justru menghentikan sebagian besar pekerjaannya. PSBB membuat memotret komersial, event, atau film tidak memungkinkan. “Buat gue sebagai fotografer, cukup besar pengaruh pandemi. Bisa dibilang, ini titik terendah gue sebagai fotografer,” begitu Jozz mendeskripsikan kehidupan profesionalnya selama pandemi. Banyak pekerjaan-pekerjaan yang dibatalkan atau ditunda karena COVID-19.

Namun, Jozz nggak membiarkan situasi ini membuatnya berdiam diri. Dari satu ide sederhana waktu berkunjung ke rumah temannya, Jozz Felix mendokumentasikan pandemi ini melalui sisi human interest dalam seri fotonya, #FotoDepanRumah.

Memotret Pandemi Melalui Sudut Pandang Orang

Jawaban Jozz buat tetap berkarya selama pandemi adalah lewat seri foto #FotoDepanRumah. Diawali dari Jozz yang mengantar istrinya, Dinda Kamil ke rumah temannya. Waktu temannya keluar pakai masker, Jozz spontan dapet ide buat foto dia dari dalam mobil. Lalu, konsepnya berkembang jadi #FotoDepanRumah, yang mana Jozz memotret subjek foto dan keluarganya langsung dari depan rumahnya.

Sejauh ini, Jozz sudah motret lebih dari 100 orang yang terdiri dari kolega-kolega dekatnya dan juga public figure yang pernah bekerja bareng Jozz. Beberapa di antaranya ada Dian Sastrowardoyo, Pamungkas, Gading Marten, Oka Antara, sampai Tarrarin, vokalis dari grup musik yang dia asuh sebagai manajer, Svmmerdose.

Menariknya, semua foto yang dihasilkan dalam seri #FotoDepanRumah berwarna hitam putih dan difoto Jozz menggunakan kamera analog. Bukan cuma itu, #FotoDepanRumah juga disponsori oleh musisi dan fotografer Tompi. Tompi sendiri adalah salah satu sosok yang memperkenalkan dan mengantarkan Jozz ke dunia fotografi.

Selain untuk bersilaturahmi dan berinteraksi dengan orang-orang setelah berbulan-bulan di rumah, Jozz melihat foto-fotonya bisa menjadi kenangan atau dokumentasi yang lebih positif dari pandemi COVID-19 melalui sudut pandang orang-orang yang difotonya.

“Gue pengen meng-capture keadaan ini sebagai kenang-kenangan mereka (orang yang difoto) buat mengingat masa pandemi ini, sih,” ujar Jozz.

Maka dari itu, Jozz berencana untuk menjadikan #FotoDepanRumah sebagai buku dan pameran. Buku #FotoDepanRumah akan jadi sebuah memorabilia yang kasat mata untuk perjalanan fotografi Jozz kali ini. Tapi sebelumnya, Jozz juga mencetak foto dari #FotoDepanRumah dan diberikan kepada subjek fotonya. Di tengah pandemi ini, ia juga berencana untuk membuat pameran berkonsep drive-in, yang mana pengunjung bisa melihat hasil #FotoDepanRumah dari kendaraan masing-masing.

Gimana? Kreatif banget ‘kan, Bro? Jozz Felix nggak membiarkan pandemi mengurangi kreativitasnya dalam berkarya. Justru, dari situ dia malah menemukan konsep seri foto yang inspiratif dan bikin kita bisa melihat sisi yang lebih positif dan personal dari pandemi ini.

Cerita lengkap Jozz Felix ini bisa kalian lihat di MLDSPOT TV Season 6 #MauLagiDimanapun Episode 1. Berbeda dengan season-season sebelumnya, MLDSPOT TV kali ini hadir dengan format episode spesial merespon pandemi COVID-19 dan memberikan lo inspirasi untuk tetap aktif meskipun dengan ‘ruang’ sempit. So, jangan sampai kelewatan untuk experience konsep baru MLDSPOT TV dengan nonton di YouTube MLDSPOT TV. Get yourself inspired with MLDSPOT!