Alpha Squad Multirotor: Serba-serbi ‘Amunisi’ FPV Buat Pecinta Drone Racing

Dari kecil sampai sekarang, mungkin lo sudah akrab banget sama yang namanya balapan remote control menggunakan mobil atau motor. Ditambah dengan kegiatan mengoleksi perangkatnya plus memodifikasi mesin dan spare parts-nya, hobi balapan remote control pun menjadi semakin asyik dan ‘nagih’ untuk terus ditekuni oleh siapa saja, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Serunya lagi, beberapa tahun belakangan ini ternyata tren balapan remote control kian berkembang dengan perangkat yang nggak terbatas di mobil saja. Contoh perangkat yang kini cukup marak digunakan adalah drone. Umum digunakan sebagai perangkat pengambilan gambar dari udara, nyatanya dalam lima tahun terakhir drone justru identik dengan para pegiat hobi balapan remote control. Kabarnya drone untuk balapan ini bisa melaju sampai kecepatan 100 km/jam loh, Urbaners.

Namun demikian, dari sekian banyak jenis drone yang ada di pasaran, yang belakangan sedang populer dan biasa dipakai untuk balapan remote control adalah perangkat drone berjenis First Person View (FPV) Miniquad. Penggunaan perangkat drone yang punya empat baling-baling ini sukses membuat balapan remote control menjadi tontonan yang menarik.

Nah, di Indonesia, sudah ada sebuah brand lokal yang khusus menyediakan segala kebutuhan terkait FPV Miniquad. Please welcome, Alpha Squad Multirotor. Diluncurkan pada September 2017, brand ini muncul dari ide dua sahabat, yakni Yuda Resigama dan Nugraha ‘Nugi’ Hermawan. Selain memiliki hobi dan passion di bidang FPV Miniquad, keduanya juga punya latar belakang engineering. Itulah kenapa produk-produknya memadukan pendekatan engineering dan estetika tanpa mengurangi fungsinya.

UZI 6S Racer landing di ladang rumput

Memperkaya Pilihan Produk dan Memajukan Industri Lokal

Hadirnya Alpha Squad Multirotor nggak lepas dari kejelian Yuda dan Nugi dalam melihat peluang pasar, yang kebetulan memang sedang diramaikan dengan tren drone racing. Di awal kemunculannya, brand ini fokus merancang frame berbahan dasar karbon untuk kebutuhan FPV Miniquad, mengingat saat itu kebanyakan produk FPV masih cukup sulit dicari dan harus impor. Secara bertahap, barulah mereka mulai mengeksplor dan merilis lebih banyak komponen produk, seperti motor dan antena. Mereka belum menjual drone FPV secara utuh, tapi mereka bersedia membantu lo buat merakit.

Meski begitu, Alpha Squad Multirotor membutuhkan waktu sekitar 6 bulan sampai 1 tahun untuk proses persiapan sebelum produknya resmi dijual di pasaran. Brand ini pun perlu memikirkan cara terbaik untuk memperkenalkan produk-produknya ke komunitas pecinta FPV Miniquad, yang merupakan pasar potensial mereka. Mulai dari mendengarkan masukan para pilot di komunitas terkait user requirement hingga meredam idealisme pribadi, semua mereka coba lakukan. “Yang menurut kami terbaik, belum tentu baik untuk komunitas. Itu yang paling susah,” ungkap Yuda.

So far, produk terlaris Alpha Squad Multirotor antara lain frame balap UZI dan freestyle frame VIGILANTE. Sebagian besar pembelinya berasal dari dalam negeri, walau ada pula pembeli luar negeri yang tertarik pada brand ini. Sebut saja contohnya seorang pembeli dari Irlandia, yang siapa sangka ternyata nggak tahu di mana letak Indonesia.

Kedua founder Alpha Squad Multirotor

Intinya, Alpha Squad Multirotor diciptakan sebagai alternatif yang lebih ekonomis untuk memperkaya pilihan produk bagi para FPV enthusiasts. Dengan banyaknya pilihan yang tersedia, otomatis nantinya yang akan diuntungkan nggak lain dan nggak bukan adalah para hobbyist tersebut. Lebih dari itu, brand ini ingin mengajak para semua orang untuk lebih mencintai produk lokal dengan mendukung toko-toko hobi lokal di sekitarnya, terlepas dari segmen pasarnya. “Jadi inti semua ini adalah #SayYesToIndonesianProducts,” tambah Nugi.

Ke depannya, Alpha Squad Multirotor masih ingin terus berkontribusi untuk membantu mengembangkan hobi para FPV enthusiasts sambil terus melihat pertumbuhan pasar. Hal tersebut tentunya mereka lakukan dengan menyediakan berbagai frame, kit, serta komponen FPV lainnya yang diperlukan.

Di samping itu, Alpha Squad Multirotor berharap pula produk-produknya bisa mendapat pengakuan dari masyarakat. Dengan kualitas yang nggak kalah saing dari brand internasional, mereka ingin agar karyanya dapat diterima dengan baik. Bahkan, brand ini nggak menutup kemungkinan untuk bisa go international setelah menjadi tuan rumah di negara sendiri.

Gimana, lo tertarik cobain drone racing bareng Alpha Squad Multirotor nggak nih, Urbaners? Biar lo makin yakin buat ngulik, tonton video obrolan kami bersama Yuda di MLDSPOT TV

Season 5 episode 10 dengan tema “Remote Racing”. Subscribe YouTube Channel MLDSPOT TV, and get yourself inspired!