Rahasia Sukses Nasgor Tiarbah: Awalnya cuma Iseng, Bro! - MLDSPOT

Rahasia Sukses Nasgor Tiarbah: Awalnya cuma Iseng, Bro!

Pastinya lo udah familiar dengan nasi goreng dan bahkan udah jadi makanan favorit lo. Tapi apa lo pernah dengar nasi goreng dendeng lemak? Kuliner yang sempat ramai dibicarakan di media sosial ini berhasil bikin penasaran banyak orang.

Bahtiar atau Tiarbah adalah orang dibalik kuliner viral ini. Ia juga seorang koki hotel bintang lima yang dikenal dengan konten resep masakan singkat di akun Twitter @masakdarurat. Meski menggunakan bumbu sederhana seperti bawang putih, garam, merica, dan telur. Tetapi ada berbeda yaitu, proses pembuatannya nggak pakai kecap manis. Isiannya pun bukan daging ayam atau bakso, melainkan lemak daging sapi.

Daripada penasaran, mending lo baca tuntas obrolan MLDSPOT bareng chef Tiarbah, bercerita tentang perjalanan suksesnya memulai bisnis nasi goreng dendeng.

Awalnya Cuma Iseng

Bahtiar

Pria asal Bandung bernama Bahtiar Pebri Dwiyana ini memang memiliki hobi memasak. Melalui akun Twitter @masakdarurat, ia membagikan tutorial masak simple dengan menggunakan bahan-bahan dan alat masak seadanya. Bisa banget nih jadi referensi buat lo yang anak kosan atau rantau ya, bro!

Awal mula lahirnya nasi goreng dendeng lemak yaitu dari keisengan dari Tiarbah. Ia masak nasi goreng karena tukang langganannya nggak jualan pada saat itu. Kemudian ia mencoba untuk mengkombinasikan nasi goreng dengan lemak sapi yang dibumbui rempah, lalu dikeringkan.

Lalu, menawarkan nasi goreng buatannya ini ke teman-teman dekat, namun siapa sangka nasi goreng tersebut laku keras bahkan bisa tembus 150 porsi per hari. Karena sering diunggah ke Twitter dan Instagram, makanan ini akhirnya menjadi viral dan sampai sekarang udah memiliki 25 mitra di seluruh Indonesia. Gokil banget, bro!

Nekat Terjun ke Dunia F&B

Awalnya Tiarbah cuma tau cara masak ala rumahan, tapi setelah terjun ke dunia masak profesional, banyak yang dipelajari mulai dari bagaimana industri bekerjanya, alat-alatnya, dan teknik memasaknya. Menurutnya, di industri masak profesional semuanya serba berbeda, dituntut untuk cepat, efisien, sempurna, dan banyak lagi tuntutan lainnya.

Sementara itu, untuk memulai bisnis F&B pun nggak mudah, bro, seperti yang dialami Tairbah - awalnya ia nggak mengerti bagaimana bisnis di dunia kuliner. “Kita bener2 baru di industri bisnis F&B, meskipun gw ada sedikit basic di produk, tapi kalo urusan bisnisnya gw bener2 mulai dari nol, baca ini itu, nonton ini itu buat nambah wawasan” ujar Bahtiar.

“Tapi kata orang sih biasanya bisnis yg baru mulai, terutama F&B biasanya bakal nongol di bulan ketiga. Alhamdulillahnya gw gak ngerasain itu di nasgor tiarbah. Ya mudah2an gak ada kendala yg berarti supaya bisnis yang lahir dari ketidaksengajaan ini bisa tetap lanjut 100tahunan lagi” tambahnya.

Kini nama Tiarbah semakin dikenal karena nasi goreng fenomenal buatannya. Berawal dari keisengan, dan sampai akhirnya berhasil memiliki 25 mitra yang tersebar di berbagai kota dalam waktu singkat. Kalo lo udah pernah nyobain belum, bro?.

Melihat Peluang Besar di Bisnis Kuliner

Bahtiar

Bisnis Food and Beverages atau Bisnis Makanan dan Minuman udah nggak asing lagi di kalangan masyarakat sekarang. Sebagian besar dari berbagai kalangan pun tertarik untuk membuka bisnis makanan dan minuman.

“Ketika lu liat ada peluang dan lu tau itu bisa ilang kalo gak lu lakuin saat itu juga, ya udah sikat aja dulu dengan seadanya. Selebihnya ngikutin aja entar. Persis apa yg gw lakuin di bisnis baru ini, ngeliat ada peluang dikit, langsung eksekusi, selebihnya baru gw cari tau dan berbenah sedikit2 sambil jalan” ujar Bahtiar.

Memulai bisnis ketika melihat peluang, memang nggak ada salahnya. Karena kesempatan adalah poin utama yang mana lo bisa menghasilkan sesuatu atau inovasi baru, bro. Produk F&B di Indonesia semakin berkembang dengan menawarkan hidangan yang unik dan berbeda.

“Semoga beberapa tahun lagi, kita bisa bangga nenteng makanan atau minuman indonesia sebangga nenteng makanan yg dateng dari luar. Meskipun agak panjang dan repot untuk menuju sana karena harus ada campur tangan pemerintah, tapi gw yakin bisa kok kalo kita mulai sendiri” tambahnya.

Wah obrolan bareng Tiarbah tentang perjalanan nasi goreng dendeng lemak keren banget kan, bro? Pastinya banyak hal insightful bagaimana memulai bisnis dari nol dan mengembangkannya.

Selain ngobrol-ngobrol, kita juga punya Inspiring Playlist dari Bahtiar yang bisa lo nikmati, check this out

https://open.spotify.com/playlist/3CF6yp0Jhy4gn5DoHPFjga?si=6663637f700…|

Time Spent
4