Leivino Krisdeni: Ajarkan Berbisnis Lewat Platform Teman Startup - MLDSPOT

Leivino Krisdeni: Ajarkan Berbisnis Lewat Platform Teman Startup

Nggak cuma perlu modal dan tau akan berbisnis apa, bro - Pasalnya masih banyak pemula yang ingin membangun bisnis tapi bingung cara memulainya. Meski, niat aja nggak cukup, diperlukan juga wawasan atau teori dalam melakukannya lho.

Memang ya, bro - menjadi seorang pebisnis nggak gampang. Melihat kondisi ini, Leivino Krisdeni membangun platform bernama Teman Startup sebagai wadah untuk orang-orang yang memiliki antusiasme mengelola atau menjalankan bisnis.

Yuk, Simak obrolan MLDSPOT bareng Leivino Krisdeni CO Founder Teman Startup di sini.

Alasan Membangun Teman Startup

Sebelumnya, MLDSPOT mau jelasin dulu nih, apa itu bisnis startup? Atau lo udah familiar dengan jenis bisnis ini, bro?

Well, bisnis startup adalah bisnis rintisan yang berkembang secara cepat hingga menjadi perusahaan besar. Biasanya mengandalkan teknologi untuk membantu pertumbuhan bisnis, dan lebih mengutamakan ide-ide baru, serta memberi solusi dari permasalahan konsumen. Di Indonesia sendiri terdapat lebih dari 1000 pelaku bisnis startup, bro.

Leivino Krisdeni menyebut Teman Startup sebagai project pertamanya pada akhir tahun 2020, tepatnya 3 bulan setelah sidang akhir, bro. 

Ia menjelaskan alasannya mendirikan Teman Startup adalah “Gue melihat masyarakat antusias banget buat mulai usaha, menjadi entrepreneur, atau membangun bisnis startup. Dari situ, gue kepikiran buat ekosistem untuk mendukung startup founders dan small business owners”.

Nyatanya merintis usaha apalagi bisnis startup, memang nggak mudah ya, bro - ada banyak hal yang akan lo hadapi kedepan. Oleh karena itu, lo harus memiliki tim yang kuat dan mau bekerja sama untuk mencapai tujuan bisnis tersebut.

Platform untuk Para Pebisnis

Menjalankan bisnis dari nol bukan perkara mudah. Dibutuhkan niat, usaha keras, dan kemauan untuk terus belajar - karena nggak semua pebisnis memiliki pengetahuan yang cukup bisa diterapkan dalam berbisnis.

“Gen Y dan Z (khususnya gen Z) itu udah nggak baca koran lagi, mereka percaya apa yang mereka liat di Instagram, TikTok, dan media lainnya. Sehingga dengan penggunaan sosmed tersebut kita berharap bisa berbagi insightful information terkait bisnis” ujar Leivino.

Tujuan dari Teman Startup sendiri adalah menjadi wadah yang didasarkan komunitas untuk membahas seputar informasi bisnis seperti berita, fakta, pembelajaran, dan berbagi melalui Instagram, Spotify (podcast), serta aktivitas offline; seminar ataupun workshop.

Nggak cuma itu, ada juga layanan yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan UMKM. Seperti menyediakan afiliasi yang berpengalaman dan akurat dalam membantu perkembangan bisnis. Wah sangat bermanfaat banget ya, bro?

Kunci Membangun Bisnis

Pastinya semua orang bahkan termasuk lo memimpikan menjadi seorang pebisnis besar dan sukses kan? Tapi, hanya sebagian kecil yang benar-benar konsisten mewujudkannya. Makannya, sebelum memulai bisnis lo perlu yakinin diri dan bermental baja, bro.

“Sebenarnya nggak ada teori “saklek” untuk bisnis bisa sukses, bahkan konten dari Teman Startup kalo diikuti semua nggak membuat bisnis pasti sukses, jadi kesuksesan itu balik lagi ke diri masing-masing dan visi yang dimiliki” ujar Leivino.

Ngobrolin kunci sukses dalam berbisnis nih bro, Leivino juga menjelaskan “visi perusahaan penting karena namanya memulai usaha, duitnya gak akan dateng di awal, sehingga visi bisa jadi alasan kenapa sebagai pengusaha tetap bisa jualan, gak mundur di tengah jalan, untuk mencapai visi yang dituju”.

“Adanya ketertarikan masyarakat sangat tinggi dalam membangun bisnis. Saat ini aja negara kita menduduki posisi ke 5 di global startup rankings, dengan peningkatan pendanaan di Indonesia sejumlah 79% dibanding tahun lalu.” tambah Leivino

Bisnis di Indonesia sangat berkembang. Menurut Leivino “dengan besarnya market size di Indonesia, pertumbuhan internet users dan economy, program-program pemerintah kaya incubator, accelerator, etc. Negara kita udah mulai menjadi opsi yang baik untuk pihak luar invest di Indo. Yang seperti ini harusnya bisa meningkatkan numbers of entrepreneurs, startup, etc.”

Nah, buat lo yang berencana mulai bisnis, ia menjelaskan di industri 4.0 bakal growing banget, digital products, online platform, atau  jualan produk seperti aksesoris, home decor, dan lain-lain. Bisa jadi referensi lo, bro! 

Wah seru dan menginspirasi banget ya, ngobrol bareng Leivino tentang ceritanya membangun Teman Startup. Jadi, gimana apa lo tertarik menjadi entrepreneur sukses?  Biar makin paham tentang urusan bisnis - yuk follow instagram @temanstartup dan dengerin podcastnya @ngobis (Ngobrol Bisnis)

 

Selain ngobrol-ngobrol, MLDSPOT juga punya Inspiring Playlist dari Leivino Krisdeni yang bisa lo nikmati, check this out!

 

 

Time Spent
4