Bangganya Griselda Sastrawinata, Desainer Disney dari Indonesia

Nama Griselda Sastrawinata semakin dikenal masyarakat Indonesia setelah kehadiran Frozen 2 di layar lebar. Benar saja, Griselda ternyata terlibat dalam pembuatannya. Wanita berusia 37 tahun itu memiliki tanggung jawab penting pada film animasi itu, yaitu mendesain kostum karakter utama. Apa saja kontribusi Griselda pada Disney?

Kontribusi Griselda untuk Disney

Griselda dengan sumringah menunjukkan cover Moana, yang mana ia terlibat dalam proses pembuatannya.

Pernah menonton film Moana? Ada sentuhan Griselda pada film animasi yang rilis pada 2016 lalu itu. Griselda memiliki tanggung jawab pada Visual Development Artist. Griselda merupakan salah satu dari 800 orang dari 25 negara yang bersama-sama menciptakan film animasi Moana. Hasilnya, jangan ditanya lagi.

Moana memang film besutan Disney pertama yang Griselda terlibat di dalamnya. Tapi, karier Griselda nggak berhenti di situ. Film animasi terbaru Disney yang baru-baru ini dirilis, Frozen 2, juga menjadi proyek wanita yang lulus dari ArtCenter College of Design Pasadena itu. Jika pada Moana Griselda memiliki peran Visual Development Artist, di Frozen 2 ia dipercaya memegang tanggung jawab besar: mendesain kostum Anna, karakter utama, serta kostum untuk karakter lain.

Kesempatan Bergabung dengan Disney

Baju yang digunakan karakter Anna dan beberapa karakter lain didesain oleh Griselda

Kesuksesan memang nggak diraih dengan cara yang mudah, begitu juga dengan Griselda. Setelah dinyatakan lulus dari ArtCenter College of Design Pasadena, Griselda harus membuktikan kemampuannya kepada Disney. Saat itu, Griselda hadir pada acara yang digelar Disney, dan ia menyerahkan surat lamaran. Hampir menyerah, Griselda akhirnya mendapatkan respon sesudah menunggu selama berbulan-bulan.

Sayangnya, saat itu Griselda sudah bekerja di perusahaan lain. Sampai 10 tahun berjalan, akhirnya Griselda dihubungi John Musker dan Ron Clements untuk proyek pertamanya: film Moana. Kemahiran yang dimiliki membuatnya kembali dilirik Disney untuk terlibat dalam Frozen 2.

 

Satu-satunya Orang Indonesia di Disney

Terdengar bombastis, tapi Griselda memang satu-satunya karyawan Disney yang berasal dari Indonesia. Griselda bekerja pada departemen Art Disney pada Walt Disney Animation Studios. Dari pengakuannya, ia sangat diterima untuk bekerja di studio film animasi terbesar di dunia itu. Ini karena ternyata Disney juga sangat terbuka bagi siapa pun yang ingin bergabung, nggak peduli dengan gender, usia, apalagi ras.

Ketertarikan Griselda pada Disney bukan baru-baru saja, tapi sudah sangat lama. Wanita berusia 37 tahun ini mengaku suka pada karya-karya animasi seperti Sleeping Beauty dan The Little Mermaid. Hal tersebutlah yang membuatnya tertarik dibidang animasi.

Tentu saja, Grisella memiliki pengalaman yang banyak sebelum memulai berkarir di Disney. Sebelum bergabung dengan Disney pada 2015, ia sempat bekerja di Dreamworks, salah satu rumah produksi animasi di California. Ia juga pernah terlibat dalam penggarapan sejumlah film animasi ternama sepertu Kungfu Panda 2, Shrek Forever After, dan How to Train Your Dragon 2.

Dari kisah sukses Griselda, kita bisa memetik pelajaran penting tentang arti sungguh-sungguh dalam berusaha. Tidak ada hasil yang menghianati usaha, bukan? Jadi, apa saja usahamu untuk mencapai kesuksesan?

 

 

Source: MediaIndonesia, Liputan6, GNFI.

Time Spent
5