Kopdar Sambil Balapan Drone Bareng Micro Drone Race Indonesia

 

 

Para angora Micro Drone Racing Indonesia sedang balapan

Perkembangan teknologi ternyata nggak hanya berguna untuk membantu mempermudah aktivitas sehari-hari. Bagi para pelaku hobi, teknologi yang terus diperbarui juga ikut berperan dalam menciptakan tren dan menambah ragam kegiatan mereka.

Yang sedang populer misalnya, ada balapan remote control yang sudah semakin canggih dengan digunakannya perangkat drone. Istilah kerennya adalah drone racing. Hal tersebut kemudian mendorong munculnya sejumlah komunitas baru dengan kesamaan hobi untuk menguji kecepatan drone.

Pas banget nih, Urbaners. Inspiring Communities kali ini merupakan sebuah komunitas balap drone yang berbasis di Yogyakarta, yakni Micro Drone Race Indonesia (MDRI). Komunitas ini fokus di drone baling-baling empat yang ukurannya lebih kecil alias micro drone. Mereka aktif berbagi pengetahuan dan referensi seputar micro drone custom. Dan tentunya, mereka rutin bikin event balapan micro drone.

Well, tapi sebelum membahas MDRI lebih lanjut, ada yang perlu lo pahami dulu seputar micro drone. Dari segi teknis dan sistem, bisa dibilang micro drone nggak beda jauh dengan aerial drone yang sering dipakai untuk perekaman video. Paling lo perlu latihan dulu untuk menerbangkannya.

 

John Schaap dan Fernando sedang mengobrol mengenai drone

Di sisi lain, micro drone memiliki frame kecil dengan ukuran sekitar 6,5-7 cm dan bobot 20-30 gram. Meski begitu, micro drone bisa terbang dengan kecepatan di atas 40 km/jam. “Dari segi suara, angin, dan impact momentum tabraknya juga lebih kecil,” tambah Fernando, founder MDRI.

Membawa ‘Racun’ Drone Racing untuk Peminat Baru

Lebih lanjut, MDRI didirikan oleh Fernando kurang lebih dua tahun yang lalu. Semua berawal dari kesenangannya bermain drone besar. Saking ketagihannya melihat drone mengudara, dia merasa butuh perangkat drone baru yang bisa diterbangkan setiap saat. Dari situ, dia mencari tahu seputar micro drone, yang ternyata memiliki banyak peminat.

Berawal dari main micro drone di dalam ruangan, dia pun membuat komunitas MDRI di internet, yang akhirnya berlanjut ke kopdar rutin sampai sekarang.

Untuk jumlah anggota, di Jogja sendiri MDRI punya lebih dari 50 orang. Sedangkan untuk di seluruh Indonesia, total yang tergabung di grup Facebook MDRI ada lebih dari 10 ribu orang dari berbagai kota. Ada pula ratusan anggota aktif di grup Telegram yang setiap harinya selalu bertukar informasi.

Nah, buat lo yang mau gabung, lo nggak usah khawatir kalau belum punya perangkatnya atau sama sekali nggak paham soal micro drone maupun drone pada umumnya. Soalnya, MDRI terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung, nggak ada syarat sama sekali. “Yang belum punya drone juga boleh datang ke MDRI. Justru MDRI sering show off di tempat-tempat yang banyak orang belum main biar mereka pengen. Jadi nanti mereka akan tanya-tanya dan tertarik untuk join,” ujar Fernando.

David John Schaap mencoba ikutan Micro Drone Racing dengan VR

Memangnya apa saja sih kegiatan MDRI kalau lagi kumpul? Yang pasti ya balik lagi mereka bakal banyak menghabiskan waktu untuk balapan. Mereka lebih sering main di malam hari, soalnya mereka punya area balap khusus yang sudah dipasangi lampu LED warna-warni. Kalau untuk event rutinnya, biasanya diadakan sebulan sekali dan terbuka untuk umum mulai dari rookie sampai expert.

Overall, bagi Fernando MDRI bukan hanya sekadar soal bermain micro drone saja. Justru, melalui MDRI dia bisa bertemu dengan wajah-wajah baru dari segala latar belakang. “Yang paling membanggakan buat saya di Micro Drone Race Indonesia adalah kita bisa berkumpul dari kalangan bawah sampai atas. Kita bisa saling berbagi, balapan bareng, serta menambah teman dan saudara,” ungkapnya.

Hayo ngaku, siapa yang sudah mulai kepo soal micro drone? Kalau ada yang mau lo tanyain, lo bisa kok langsung cari info di grup Facebook Micro Drone Race Indonesia. Tapi sebelum itu, cek dulu obrolan kami selengkapnya bersama MDRI di MLDSPOT TV Season 5 episode 10 dengan tema “Remote Racing”. Tonton videonya di YouTube Channel MLDSPOT TV, subscribe channel-nya, and get yourself inspired!