• Techno
  • Belanja Online 101: Biar Nggak Menyesal

Belanja Online 101: Biar Nggak Menyesal

Tue, 19 May 2020
Seseorang sedang membuka laptop dan memegan kartu kredit

Belanja online memiliki kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya jelas lebih praktis dan efisien, jadi lo nggak perlu keluar rumah, nggak perlu habis tenaga dan waktu buat keliling dari toko ke toko untuk mencari barang yang lo inginkan. #MumpungLagiDirumah aja, lo tinggal buka aplikasi e-Commerce yang ada di smartphone lo dan mulai mencari barang yang lo butuhkan.

Sayangnya, belanja online kalau nggak hati-hati juga bisa bikin lo kecewa. Entah karena barangnya nggak sesuai ekspektasi atau malah kena tipu. Uang sudah ditransfer, namun barang nggak pernah dikirim. Apalagi, lo nggak tahu tokonya ada di mana dan nggak lihat secara langsung barang yang akan lo beli. Ini kiat belanja online 101 yang bisa lo terapkan biar nggak menyesal kemudian.

 

Pilih Toko Online Terpercaya

Seseorang sedang membuka laman e-Commerce lewat smartphone

Lo harus memastikan dulu keaslian toko tersebut, apalagi toko-toko online yang berjualan sendiri di luar sistem e-Commerce yang punya sistem keamanan sendiri. Memang kadang lebih aman kalau berbelanja langsung dari aplikasi e-Commerce karena kalau ada penipuan pun akan lebih mudah dilacak.

Kalau pun lo mau berbelanja di beberapa toko online di Instagram atau media sosial yang lain, pastikan akun tersebut sudah terverifikasi. Lebih bagus lagi kalau ada beberapa teman yang sudah pernah membeli barang dari akun yang sama.

 

Cek Ulasan Pembeli

Seseorang menggambarkan lima bintang

Pastikan lo selalu cek ulasan pembeli, baik ulasan tentang toko online tersebut maupun ulasan tentang barang yang akan lo beli nantinya. Ulasan pembeli ini salah satu cara agar lo bisa tahu layanan dari toko online, kualitas barangnya, termasuk kecepatan pengiriman yang diberikan oleh toko online tersebut.

Sebisa mungkin hindari membeli barang di toko online yang belum diulas. Bisa jadi barang yang terlihat di foto ternyata nggak sebagus saat diterima sendiri. Apalagi kalau barang yang akan lo beli ini harganya cukup mahal. Lo harus ekstra hati-hati dan wajib menelusuri setiap ulasan pembeli.

 

Baca Keterangan

Seorang pria sedang melihat smartphone-nya dengan seksama

Jangan hanya lihat fotonya saja. Pastikan lo juga baca keterangannya dengan seksama. Setiap toko online pasti menyertakan informasi barang yang cukup lengkap buat para pembeli. Mulai dari warna, ukuran, dimensi, bahan, dan seterusnya.

Beberapa barang lainnya juga mencantumkan spesifikasi produk, semisal yang lo mau beli adalah gadget atau alat elektronik lain. Kalau ada hal-hal yang nggak lo pahami atau lo rasa belum dicantumkan, nggak ada salahnya buat menghubungi pemilik toko untuk bertanya lebih lanjut.

 

Periksa Syarat dan Ketentuan

Seseorang sedang melihat layar laptop yang berisi tawaran penjualan online

Untuk beberapa barang khusus, nggak jarang beberapa toko online menerapkan syarat dan ketentuan pembelian tertentu. Itulah pentingnya untuk membaca semua informasi yang dicantumkan oleh toko online tersebut.

Syarat dan ketentuan ini sendiri bisa terkait jumlah maksimal pemesanan untuk setiap barang, sistem pengiriman, pilihan jenis kemasan untuk barang-barang yang fragile, dan seterusnya. Ingat Bro, ini bukan untuk menyulitkan lo sendiri saat akan membeli barang, tetapi untuk memastikan lo puas dengan barang yang akan lo terima.

Itu dia beberapa tips belanja online yang bisa lo terapkan agar nggak menyesal setelah akhirnya barang sampai di tangan. Selain semua tips itu, lo juga bisa mempertimbangkan untuk belanja di toko online yang punya layanan pengembalian.

 

 

 

Sources: IDN Times, Liputan6, Kumparan

Tips Membeli Smartphone dan Laptop Bekas

Fri, 07 August 2020
Tampilan belakang iPhone X yang memantulkan gambar dari layar monitor Macbook

Belakangan ini, banyak berita mengenai smartphone premium yang dijual dengan harga miring. Jangan termakan oleh harga murah, lo harus waspada supaya nggak tertipu dengan barang elektronik palsu. Nggak perlu khawatir, lo tetap bisa kok membeli smartphone atau laptop dengan harga yang lebih murah.

Walau dalam kondisi bekas, masih tetap layak dipakai untuk membantu aktivitas lo #MauLagiDimanapun. Ikuti dulu tips aman dalam membeli smartphone atau laptop bekas. Tips-tips membeli produk elektronik bekas berikut ini sudah sesuai dengan teknologi yang eksis di tahun 2020.

 

Bekas atau Refurbished?

Tampilan menu di iPhone X hitam yang digenggam oleh seorang pria

Sebelum lo memantapkan niat untuk membeli smartphone atau laptop bekas, perhatikan dulu perbedaan antara barang bekas dengan barang refurbished. Barang elektronik refurbished ini adalah barang yang gagal produksi atau nggak dijual secara bebas karena harus dimodifikasi ulang.

Kalau lo ingin memiliki smartphone atau laptop dengan kualitas original, sangat disarankan untuk membeli barang bekas. Bukan berarti barang refurbished bernilai rendah, tetapi lo perlu punya mata jeli dan waktu lebih banyak untuk bisa memastikan barang tersebut layak digunakan.

 

Cek Harga dan Spesifikasi

Seorang wanita menekan spacebar di laptop yang ada di atas meja

Harga dari barang elektronik bekas jelas lebih murah daripada harga produk baru di pasaran. Kalau lo beruntung, lo bisa saja membeli smartphone atau laptop bekas dalam kondisi 90% menyerupai produk baru. Satu hal yang pasti, lo harus melakukan riset kecil-kecilan sebelum membeli barang elektronik bekas.

Coba googling dulu spesifikasi dan harga dari produk original yang ingin lo beli. Dari sana, lo sudah bisa mengenal fitur unggulan dari produk tersebut. Ketika lo sedang mencari seller terpercaya, pengetahuan ini bisa jadi andalan lo untuk menilai worth dan menawar harga dari smartphone atau laptop bekas yang akan lo beli.

Nggak perlu takut untuk bertanya kepada seller, justru lo harus bisa cerewet ketika membeli barang elektronik bekas. Mulai dengan tanya-tanya kondisi, spesifikasi yang ada, serta harga yang ditawarkan. Jika lo menemukan kejanggalan mengenai spesifikasi dari seller, ini bisa jadi red flag buat lo.

 

Periksa Dulu, Lalu Bayar

Seorang wanita menyerahkan sejumlah uang kepada seseorang dalam sebuah transaksi

Supaya lebih aman, lakukan pembayaran cash on delivery (COD) saat akan membeli smartphone atau laptop bekas. Ini berguna banget buat lo bisa melihat kondisi sekaligus mencoba barang bekas tersebut. Pertama-tama, cek kondisi fisik dari barang tersebut, apakah ada goresan, retak, dan lain sebagainya.

Nyalakan dan lihat kekuatan baterai. Jangan lupa untuk memastikan segala aksesoris yang dibutuhkan seperti charger sudah lengkap dan original. Untuk smartphone, cek software yang digunakan sudah updated atau belum, kondisi kamera depan dan belakang, serta fungsionalitas tombol-tombol smartphone.

Untuk laptop, cek port, drive optik, trackpad, dan keyboard. Nyalakan laptop untuk melihat kondisi LCD, speaker, dan webcam. Pastikan laptop dapat terhubung dengan jaringan internet dan memiliki storage (hardisk dan RAM) sesuai dengan spesifikasi. Setelah lo mengecek kualitas smartphone atau laptop bekas tersebut, barulah lo lanjutkan dengan proses pembayaran.

 

 

 

Sources: Tirto.id, SEA PC Mag, Android Guys