• Sport
  • Mengenal Apa Itu Gravel Bike dan Ini 3 Rekomendasi Sepedanya!

Mengenal Apa Itu Gravel Bike dan Ini 3 Rekomendasi Sepedanya!

Fri, 11 September 2020
apa itu sepeda gravel dan rekomendasinya

Mungkin sekarang lo lagi kebingungan nih mau pilih Brompton? Sepeda lipat lokal, MTB, atau yang lainnya ya? Nggak usah bingung, bro. Sepeda lumayan punya banyak jenis yang bisa lo sesuaikan dengan kebutuhan.

Salah satunya adalah sepeda gravel. Eits, ada yang sudah tahu jenis sepeda ini dan peruntukannya buat kebutuhan seperti apa? Kalau sudah ada yang tahu, drop your answer below. Tapi kalau belum tahu, gapapa – lo sudah berada di halam artikel yang tepat.

Mungkin buat lo yang sudah tahu, akan menjawab kalau sepeda gravel mirip dengan mountain bike atau MTB. Nggak salah juga, sih – penting buat lo ketahui kalau sepeda gravel bisa lo kendarai jika trek yang akan dilalui seperti jalan-jalan yang tidak mulus.

Sepeda gravel memang ditujukan buat lo yang berkebutuhan akan melewati jalanan berkerikil, menanjak dan menurun dengan terrain yang rough serta jalan-jalan setipe lainnya. Lalu benar mirip seperti MTB dong ya!

 

Tapi Sebenarnya, Apa Itu Sepeda Gravel?

apa itu sepeda gravel dan 3 rekomendasinya

Credit Image: portalsepeda.com

Jika ditelisik lebih dalam dari segala aspek termasuk bentuk dan penampilannya, sepeda gravel adalah kombinasi antara Road Bike dan Cyclo Cross. Ide untuk membuat sepeda gravel ini pertama kali dicetuskan di Amerika Serikat.

Hal ini terkait dengan banyaknya medan berat yang mesti ditaklukan dengan cyclo cross tapi sepeda tersebut jug mesti tetap nyaman dikendarai saat berada di jalanan layaknya road bike. Kalau di Indonesia sendiri, sepeda gravel ini baru dikenal sekitar dua tahun terakhir ini.

Terkait dengan kombinasi yang ada di dalam sepeda gravel, sebenarnya ada yang mirip juga yaitu sepeda hybrid. Sepeda hybrid ini merupakan gabungan antara road bike dan mountain bike atau MTB. Tapi jelas tetap ada perbedaanya, bro.

Kalau sepeda hybrid – lebih mirip ke MTB karena stang yang digunakan bentukan dari MTB dan sepeda hybrid terkadang dibekali suspensi yang mumpuni untuk terabas trek yang kasar. Nah, kalau sepeda gravel, lebih mirip ke road bike, bro. Tapi tetap bisa juga buat terabas trek yang kasar.

Jadi, yang Mana Rekomendasi Sepeda Gravel?

Sekarang lo tahu apa itu sepeda gravel dan tahu bagaimana sepeda gravel bisa pede buat terabas trek-trek ekstrem. Pertanyaan lanjutannya adalah apakah ada rekomendasi sepeda gravel? Jelas ada bro! Lo masih ngikutin bahasan kali ini, kan?

 

Pertama, Ada Polygon Bend RV

apa itu sepeda gravel dan 3 rekomendasinya

Credit Image: bukalapak.com

 

Kedua, Ada United Gavriil

apa itu sepeda gravel dan 3 rekomendasinya

Credit Image: sepeda.me

 

Ketiga, Ada Cannondale Topstone Carbon

apa itu sepeda gravel dan 3 rekomendasinya

Credit Image: contenderbicycles.com

Pabrikan Polygon, Bend RV diklaim sebagai sepeda gravel pertama yang hadir di Indonesia. Menggunakan bingkai ALX Alloy yang ringan, jelas pengalaman bersepeda lo makin nyaman. Kenyamanan ini juga ditambah dengan disc brake yang bisa bikin lo terasa aman. Harga Bend RV dibanderol mulai dari 16,5 juta saja.

Tidak mau kalah dari Polygon, United juga menghadirkan sepeda gravelnya. Dengan seri United Gavriil, buat spek jelas tidak kalah dengan yang lain. Namun soal harga, United lebih mirip sedikit di antara yang lain. Sepeda ini dibanderol dengan harga 15,7 juta saja.

Bermarkas di Amerika, Cannondale punya varian sepeda gravel yang harganya cukup bikin pusing buat pilih ini atau sekalian Brompton. Pasalnya, dengan spek yang benar-benar mumpuni, sepeda ini dibanderol mulai dari harga 38 juta saja.

Wah bagaimana nih bro? Dari berbagai penjelasan dan rekomendasi sepeda gravel yang sudah ada di Indonesia – apakah ada yang menarik perhatian lo buat dipinang? Kalau kebutuhan lo adalah terabas trek kasar, langsung saja gas di antara ketiga sepeda di atas ya bro!

 

Feature Image – review.bukalapak.com

Siap Main Golf? Ini Etika Main Golf Bareng Teman-Teman Lo!

Fri, 18 September 2020
berikut deretan etika bermain golf yang mesti lo ketahui!

Siapa bilang kalau golf itu olahraga mereka yang sudah usia saja? Di waktu-waktu sekarang ini, golf jadi salah satu pilihan anak muda buat berolahraga, lho! Eits, siapa juga yang bilang kalau golf itu olahraga mahal? Murah kok, bro!

Golf sempat jadi olahraga dengan persona disukai oleh mereka yang sudah berusia. Sebenarnya nggak juga sih. Beberapa anak muda inspiratif seperti Hedi Rusdian dan teman-teman, terlihat beberapa waktu terakhir ini suka main golf.

Walau intensitasnya tidak seperti olahraga yang lain, misalnya basket, atau sepak bola, tapi golf juga bisa membuat lo berkeringat banyak, nih! Mengayunkan stik, jalan dari titik sat uke titik lainnya, merupakan intensitas tersendiri saat main golf.

 

berikut deretan etika bermain golf yang mesti lo ketahui!

Credit Image: istock.com

Eits, bagaimana nih? Lo jadi penasaran ya rasanya main golf? Sebelum lo mencoba langsung, ada beberapa hal yang mesti lo perhatikan, nih. Salah satunya adalah etika bermain golf. Mematuhi etika ini diperlukan sekali untuk mewujudkan permainan golf yang menyenangkan, bro!

Penasaran apa saja etika bermain golf yang mesti lo ketahui? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Memerhatikan Sekitar Saat Akan Memukul Bola

Stik golf dan ayunannya saat akan memukul bola kalau terkena anggota tubuh bisa fatal, lho! Oleh karena itu, untuk menjaga keselamatan bersama, hal pertama sebagai etika bermain golf yang perlu lo ketahui dan terapkan adalah memerhatikan sekitar saat akan memukul bola.

Pastikan kalau orang-orang di sekitar lo tidak ada yang berdekatan saat lo akan mengayunkan stik dan memukul bola. Lo perlu mengingatkan yang lainnya untuk berjauhan sejenak sampai minimal cukup aman dari jangkauan pukulan.

 

Memberikan Peringatan!

Seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya kalau memberikan peringatan saat lo akan memukul bola adalah hal yang sah-sah saja karena jika ayunan stik golf nya malah mengenai anggota tubuh, malah bisa berakibat fatal, bro.

Terlebih jika ada petugas yang menemani lo bermain golf, kalau mereka ada di depan lo yang akan memukul bola, lo bisa menyerukan ‘Fore!’. Hal ini akan membuat pemain lain dan petugas yang ada semakin awas dan menghindari bola yang mungkin sudah mengarah ke mereka.

 

Saling Menghormati dan Menghargai

Siapa bilang kalau golf bukan olahraga yang membutuhkan konsentrasi, semua jenis pukulan atau ayunan stik golf sangat membutuhkan konsentrasi yang baik. Oleh karena itu, etika selanjutnya yang perlu lo ketahui adalah saling menghormati dan menghargai saat ada yang mau memukul bola.

Biasanya dering telepon di smartphone adalah hal umum yang bisa memecah konsentrasi. Oleh karena itu, pastikan jika lo sedang bermain golf, sila buat smartphone lo dalam keadaan silent atau getar saja.

 

Mengikuti Tempo Permainan

Golf adalah salah satu olahraga yang cukup banyak memiliki persiapan. Maka dari itu, kalau lo baru saja mulai main golf, pastikan lo mengikuti tempo permainan yang ada, ya. Jangan sibuk mencari bola yang hilang atau bingung menggunakan stik yang mana untuk memukul bolanya.

 

Hargai Waktu Orang Lain

Masih terkait dengan etika sebelumnya, mengikuti tempo permainan adalah salah satu Langkah juga untuk menghargai waktu orang lain. Oleh karena itu, pastikan lo tidak menyia-nyiakan waktu saat bermain golf.

 

Tidak Merusak Lapangan

Hal ini adalah hal yang perlu lo ingat baik-baik – walau lapangan golf jelas ada pengelola dan penanggung jawabnnya, tapi tidak semestinya lo merusak lapangan begitu saja. Misalnya saat memukul bola dari atas green, jangan lupa untuk memperbaiki bekas jatuhan bola dengan mengembalikan divot seperti semula.

 

Jaga Penampilan Lo!

Walau jadi etika yang terakhir untuk lo ketahui, tapi ini jadi salah satu hal yang penting banget buat lo ketahui dan terapkan nantinya. Pastikan OOTD lo tidak salah nih! Main golf sama sekali tidak mirip dengan jalan-jalan ke mall.

Itu artinya dari sepatu, lo mesti pakai sneakers yang mumpuni, pakai baju dan celana yang nyaman karena lo akan berolahraga, dan pastinya pakai aksesoris yang kelihatan kalau lo skena golf banget nih – misalnya topi dan lainnya.

Wah bagaimana nih bro? Dari berbagai etika yang sudah dijelaskan di atas – jelas nih lo pasti sudah paham semuanya ya. Jangan lupa lo terapkan kalau lo main golf ya!

 

Feature Image – freepik.com