Trending
Jumat, 11 September 2020

Mengenal Apa Itu Gravel Bike dan Ini 3 Rekomendasi Sepedanya!

  • Share
  • fb-share
Mengenal Apa Itu Gravel Bike dan Ini 3 Rekomendasi Sepedanya!

Mungkin sekarang lo lagi kebingungan nih mau pilih Brompton? Sepeda lipat lokal, MTB, atau yang lainnya ya? Nggak usah bingung, bro. Sepeda lumayan punya banyak jenis yang bisa lo sesuaikan dengan kebutuhan.

Salah satunya adalah sepeda gravel. Eits, ada yang sudah tahu jenis sepeda ini dan peruntukannya buat kebutuhan seperti apa? Kalau sudah ada yang tahu, drop your answer below. Tapi kalau belum tahu, gapapa – lo sudah berada di halam artikel yang tepat.

Mungkin buat lo yang sudah tahu, akan menjawab kalau sepeda gravel mirip dengan mountain bike atau MTB. Nggak salah juga, sih – penting buat lo ketahui kalau sepeda gravel bisa lo kendarai jika trek yang akan dilalui seperti jalan-jalan yang tidak mulus.

Sepeda gravel memang ditujukan buat lo yang berkebutuhan akan melewati jalanan berkerikil, menanjak dan menurun dengan terrain yang rough serta jalan-jalan setipe lainnya. Lalu benar mirip seperti MTB dong ya!

 

Tapi Sebenarnya, Apa Itu Sepeda Gravel?

apa itu sepeda gravel dan 3 rekomendasinya

Credit Image: portalsepeda.com

Jika ditelisik lebih dalam dari segala aspek termasuk bentuk dan penampilannya, sepeda gravel adalah kombinasi antara Road Bike dan Cyclo Cross. Ide untuk membuat sepeda gravel ini pertama kali dicetuskan di Amerika Serikat.

Hal ini terkait dengan banyaknya medan berat yang mesti ditaklukan dengan cyclo cross tapi sepeda tersebut jug mesti tetap nyaman dikendarai saat berada di jalanan layaknya road bike. Kalau di Indonesia sendiri, sepeda gravel ini baru dikenal sekitar dua tahun terakhir ini.

Terkait dengan kombinasi yang ada di dalam sepeda gravel, sebenarnya ada yang mirip juga yaitu sepeda hybrid. Sepeda hybrid ini merupakan gabungan antara road bike dan mountain bike atau MTB. Tapi jelas tetap ada perbedaanya, bro.

Kalau sepeda hybrid – lebih mirip ke MTB karena stang yang digunakan bentukan dari MTB dan sepeda hybrid terkadang dibekali suspensi yang mumpuni untuk terabas trek yang kasar. Nah, kalau sepeda gravel, lebih mirip ke road bike, bro. Tapi tetap bisa juga buat terabas trek yang kasar.

Jadi, yang Mana Rekomendasi Sepeda Gravel?

Sekarang lo tahu apa itu sepeda gravel dan tahu bagaimana sepeda gravel bisa pede buat terabas trek-trek ekstrem. Pertanyaan lanjutannya adalah apakah ada rekomendasi sepeda gravel? Jelas ada bro! Lo masih ngikutin bahasan kali ini, kan?

 

Pertama, Ada Polygon Bend RV

apa itu sepeda gravel dan 3 rekomendasinya

Credit Image: bukalapak.com

 

Kedua, Ada United Gavriil

apa itu sepeda gravel dan 3 rekomendasinya

Credit Image: sepeda.me

 

Ketiga, Ada Cannondale Topstone Carbon

apa itu sepeda gravel dan 3 rekomendasinya

Credit Image: contenderbicycles.com

Pabrikan Polygon, Bend RV diklaim sebagai sepeda gravel pertama yang hadir di Indonesia. Menggunakan bingkai ALX Alloy yang ringan, jelas pengalaman bersepeda lo makin nyaman. Kenyamanan ini juga ditambah dengan disc brake yang bisa bikin lo terasa aman. Harga Bend RV dibanderol mulai dari 16,5 juta saja.

Tidak mau kalah dari Polygon, United juga menghadirkan sepeda gravelnya. Dengan seri United Gavriil, buat spek jelas tidak kalah dengan yang lain. Namun soal harga, United lebih mirip sedikit di antara yang lain. Sepeda ini dibanderol dengan harga 15,7 juta saja.

Bermarkas di Amerika, Cannondale punya varian sepeda gravel yang harganya cukup bikin pusing buat pilih ini atau sekalian Brompton. Pasalnya, dengan spek yang benar-benar mumpuni, sepeda ini dibanderol mulai dari harga 38 juta saja.

Wah bagaimana nih bro? Dari berbagai penjelasan dan rekomendasi sepeda gravel yang sudah ada di Indonesia – apakah ada yang menarik perhatian lo buat dipinang? Kalau kebutuhan lo adalah terabas trek kasar, langsung saja gas di antara ketiga sepeda di atas ya bro!

 

Feature Image – review.bukalapak.com

Comments
Susiana Saputri
Mantap banget
RAHAYU
Pertama, Ada Polygon Bend RV