Trending
Jumat, 07 Agustus 2020

Kembalinya NBA di Era New Normal

  • Share
  • fb-share
Kembalinya NBA di Era New Normal

Sejak hiatus di tanggal 11 Maret 2020 akibat pandemi COVID-19, NBA pun mengumumkan jadwal kembalinya season 2019-20 yang diberi tagar #WholeNewGame. Dikemas dengan protokol kesehatan sesuai aturan pemerintah, persiapan yang dilakukan NBA cukup matang dan mampu memuaskan rasa kangen para pecinta basket. Jangan sampai ketinggalan, lihat dulu informasi-informasi berikut terkait NBA comeback.

 

Diadakan di Arena Kosong

Steph Curry tengah berlatih, melempar bola basket dari pinggir arena kosong

NBA season 2019-20 resmi dimulai kembali sejak 30 Juli hingga babak final di tanggal 13 Oktober 2020. Kali ini, NBA digelar di Walt Disney World Resort, tepatnya di ESPN Wide World of Sports Complex. Kembalinya NBA menjadi kabar baik untuk seluruh penggemar olahraga basket walaupun pihak NBA memutuskan untuk hanya menyiarkan acara NBA ini di televisi tanpa adanya penonton live di arena.

Seluruh pemain yang tergabung dalam 22 tim basket yang beradu dalam season ini sudah menjalani karantina dan diawasi oleh tenaga medis untuk mencegah risiko transmisi virus corona. Ketatnya protokol kesehatan yang dilakukan selama season NBA kali ini tentu saja nggak mengherankan, mengingat diagnosis virus corona milik Rudy Gobert menjadi trigger dari keputusan hiatus NBA di bulan Maret.

Walaupun diadakan di arena kosong, para penonton di rumah nggak akan merasakan perbedaan antara NBA sebelum pandemi dengan NBA yang sekarang. Perhelatan basket populer ini dilengkapi dengan efek suara penonton, musik, dan komentator. Bahkan, lo juga bisa mendengar jelas bunyi sneakers para pemain basket dan teriakan-teriakan mereka untuk menyemangati rekan timnya.

 

Menyuarakan Isu Sosial

Para pemain dan wasit di NBA berlutut ketika lagu kebangsaan Amerika Serikat diputar

Selama 4 tahun belakangan ini, gestur berlutut ketika lagu kebangsaan Amerika Serikat diputar sudah jadi simbol dukungan para pemain basket untuk meningkatkan kepedulian akan isu kebrutalan polisi dan rasisme. Gestur ini juga dilakukan oleh segenap wasit, pemain, dan pelatih, menjadikannya momen yang powerful mengingat panasnya kondisi sosial di Amerika Serikat.

Beberapa pemain pun menuliskan “Equality” dan “Black Lives Matter” di bagian belakang jersey mereka. Nampaknya, NBA nggak lagi malu untuk menyuarakan dukungan terhadap kaum kulit hitam yang selama ini melahirkan banyak legenda basket. Salah satu pemain NBA terbaik, LeBron James yang membawa Lakers menuju kemenangan, juga membicarakan tentang isu rasisme dan kekerasan yang dilakukan oleh polisi ketika diwawancarai.

 

Kembalinya Pemain-pemain Favorit

LeBron James dan Anthony Davis memakai hoodie kuning ungu Lakers

Pembukaan NBA membawa rating yang fantastis. Rata-rata penonton tiap pertandingan adalah 3,35 juta orang dengan puncak tertinggi ketika Lakers menang dengan 4,1 juta penonton. Antusiasme para penonton yang begitu besar erat hubungannya dengan kembalinya jagoan-jagoan favorit, salah satunya LeBron James.

Nggak ketinggalan juga Zion Williamson yang kembali bertanding sejak mengalami cedera lutut Januari lalu. Lo juga bisa melihat aksi Kawhi Leonard, Pascal Siakam, Anthony Davis, dan superstar lainnya. Yuk, langsung ikuti kembali laga NBA dari rumah atau #MauLagiDimanapun lo berada, Bro!

 

 

 

Sources: NBA, GQ, Sports Illustrated

Comments
Susiana Saputri
Mantap banget
RESPENI RIMA KUMALASARI
Menyuarakan Isu Sosial