Perjalanan Hadi Kitchen: Awalnya Catering Jadi Buka Restoran - MLDSPOT
  • News
  • Perjalanan Hadi Kitchen: Awalnya Catering Jadi Buka Restoran

Perjalanan Hadi Kitchen: Awalnya Catering Jadi Buka Restoran

Sat, 19 October 2019
Hadi Kitchen

Siapa yang nggak tau Dennis Hadi? Seorang pengusaha muda pemilik dari Hadi Kitchen. Bisnisnya fokus pada catering sehat untuk menurunkan berat badan dan diperuntukan bagi orang-orang yang ingin hidup sehat. Meski memiliki ikatan keluarga dengan Sandra Dewi, kenyataannya kehidupan Dennis nggak semulus yang terlihat. Ia bukan dari keluarga pebisnis, tulang punggung keluarganya adalah sang ibu yang bekerja di bank.

Setelah lulus kuliah, Dennis memutuskan untuk mengikuti jejak ibunya menjadi salah satu karyawan bank swasta. Terbilang udah berkecukupan, membuat ia nggak pernah terpikirkan akan terjun ke dunia bisnis. Kini di usia yang masih terbilang muda, ia udah memiliki kurang lebih total 400 karyawan. Penasaran dengan awal mula bisnisnya, bro? Simak ulasan MLDSPOT berikut ini.

Dari Hobi Menjadi Profesi

Hadi Kitchen

Credit image - idn times

Awalnya dari rutin berolahraga juga menerapkan gaya hidup sehat. Dennis dan sang adik membuat channel Youtube bernama Hadi Genetics, kontennya berisi  kebiasaan-kebiasaan sehat yang ia lakukan. Orang tua mereka pun sering dilibatkan dalam vlog juga. 

Keluarga ini pun dianggap sangat kompak, nggak heran menjadi panutan orang-orang buat hidup sehat. Dennis juga mengatakan, ia rutin berolahraga minimal tiga kali seminggu, juga diimbangi dengan istirahat yang cukup serta tidur minimal 8 jam sehari. Well, mau hidup sehat bisa lo mulai dari hal sederhana dulu, bro.  

“Mulai biasakan makan makanan sehat kaya protein dan vitamin. Hindari junk food meski rasanya sangat enak. Biasakan juga hitung kalori makanan lo. Kalau kesulitan, jangan khawatir, ada Hadi Kitchen.” jelasnya sambil promosi. Dennis mulai konsisten mengubah gaya hidupnya hingga menjadi duta pusat kebugaran The OutLaw Gym dan Alter Ego Fitness di tahun 2015. Selain itu, ia juga menerima tawaran photoshoot menjadi model fitness untuk beberapa tempat kebugaran tubuh.

Pada Desember 2016, ia membuka group coaching,bernama Shredded Army dalam kolaborasinya dengan Alvin Hartanto. Grup tersebut menjadi kelompok konsultasi kebugaran pertama di Indonesia yang membantu banyak orang untuk mencapai bentuk tubuh ideal.

Melihat Peluang di Bisnis Makanan Sehat

Hadi Kitchen

Credit image - ekbis sindonews

Pada Maret 2017, Dennis membuat gebrakan besar - ia memutuskan membangun bisnis katering makanan sehat yang awalnya bernama Shredded Kitchen dan diubah Hadi Kitchen Healthy Catering. Saat awal memulai, Dennis masih bekerja di salah satu bank swasta. Meskipun begitu, ia tetap menjalankan usahanya seorang diri; mulai dari masak, promo di media sosial, hingga menjadi admin.

“Gue prepare makanan dari jam 4 subuh, terus gue ke kantor dulu. Balik kantor sudah planning buat besok lagi. Benar-benar one man show,” ujar Dennis.

Ilmu tentang nutrisi makanan memang udah lama dimiliki dan dipraktekkan secara otodidak. Dari situ, Dennis mencoba untuk membantu orang-orang dengan menyediakan makanan yang sudah diukur nutrisi serta kalorinya.

Bahkan ia berani memastikan bahwa penikmat kateringnya bisa mengurangi berat badan mereka dalam kurun waktu 2-4 kg/minggu dan mendapatkan segudang manfaat lainnya untuk tubuh. Sepertinya ini bisa menjadi solusi buat lo yang mau menurunkan berat badan, bro?

Dengan segala kebimbangan, akhirnya ia memutuskan resign dan serius menekuni usaha kateringnya. Keputusan keluar dari zona nyaman itu terbayarkan ketika di bulan ke 10, kateringnya berhasil melayani hingga 700 customer per harinya. Gokil banget, bro!

Sukses di Katering, Merambah ke Restoran

Hadi Kitchen

Credit image - investor daily 

Hingga saat ini, Hadi Kitchen Healthy Catering udah memiliki banyak cabang yang tersebar di 5 kota Nusantara. Di bulan Maret 2018, Dennis mulai merambah ke bisnis restoran yang ia beri nama Salad Bar. Sesuai dengan namanya, menu restoran ini menyediakan berbagai macam cita rasa salad dan tentunya menyehatkan, bro.

Nggak tanggung-tanggung, dalam produksi salad-nya, ia menggunakan sayuran dari hidroponik farm yang ia kembangkan. Kini, outlet Salad Bar udah ada di Jakarta, Tangerang, dan Surabaya. Sementara itu, kalo dilihat dari Instagram-nya, pria lulusan Taylor’s Lakeside University Malaysia ini sepertinya lagi sibuk mengembangkan inovasi snack sehat. 

Jangan Memulai Bisnis Setengah Hati

Kalo lo mau menjadi pebisnis sukses seperti Dennis Hadi, mulailah untuk lebih memantapkan hati sebelum memutuskan pilihan lo. Karena menjalankan sesuatu dengan setengah hati, bakal lebih mudah dijatuhkan oleh keadaan, bahkan bisa juga berhenti di tengah jalan.

Pada kenyataannya, merintis atau mengelola bisnis dari nol memang nggak semudah membalik telapak tangan. Lo harus memiliki mental sekuat baja untuk menghadapi rintangan di depan dan harus pintar melihat peluang usaha yang mau ditekuni. Good luck, bro.

 

Featured image - yonulis.com

YellowFit, Catering Sehat Bergaransi Berat Badan Turun

Mon, 12 April 2021
catering sehat

Setiap orang tentunya ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Hal itu bisa didapatkan melalui olahraga atau mengonsumsi makanan bergizi. Nah, kondisi ini menjadi peluang bagi pelaku bisnis makanan sehat untuk mengembangkan usahanya.

Berangkat dari situasi tersebut, Christopher Aldo membangun bisnis catering sehat, bernama YellowFit Kitchen. Diet and healthy catering nomor satu di Indonesia dan satu-satunya yang berani memberikan jaminan 100% uang kembali, jika makanan di rasa nggak lezat atau berat badan konsumen nggak menurun.

Mau tau cerita lengkap dari Christopher Aldo dalam mendirikan usahanya dan bagaimana bisa tetap konsisten di sektor bisnis ini? Yuk, simak ulasannya di sini, bro.

Merintis Bisnis Katering Sehat Sejak Kuliah

Semasa kuliah, Christopher Aldo senang fitness dan ikut program diet di waktu bersamaan. Disisi lain, ia pun sering menghadapi masalah keuangan, terutama untuk bayar kamar kos, serta biaya kuliah. Pada tahun 2017, ia pun memutuskan untuk mendirikan bisnis katering sehat, YellowFit Kitchen bersama temannya.

Pastinya lo setuju kalo membangun bisnis dari nol memang nggak mudah dan tentu ada rintangan dalam prosesnya. Seperti yang dirasakan Aldo saat awal mengembangkan usahanya, rata-rata per harinya ia hanya bisa menjual 5 kotak aja ke teman-teman kampusnya selama 8 bulan.

Aldo berpikir untuk menutup YellowFit Kitchen, lantaran masih fokus dengan kuliahnya. Ditambah lagi, ia harus menjaga makanannya supaya tetap fresh. Kurirnya pun terkadang masih terpencar di daerah yang berbeda dan mahalnya biaya ongkos kirim. Selain itu, banyak konsumennya yang mengeluh dan meminta refund.

Namun, setelah berhasil melewati masa sulit itu, bisnisnya semakin berkembang, ia bisa menjual rata-rata 30 kotak per hari. Yang awalnya hanya berjualan di Depok, lalu diperluas ke Jakarta dan berhasil menjual hingga 100 kotak per hari. Bahkan, di tahun 2019, pesanannya meningkat sebanyak 2.000 kotak per hari. Wow keren banget ya, bro?

Menghadirkan Menu Makanan Sehat dan Lezat

catering sehat

Credit image - pingpoint

Keistimewaan yang dimiliki YellowFit Kitchen adalah hidangan yang berganti-ganti setiap harinya dan terdapat beberapa menu autentik hasil racikan sendiri. Menurut Christopher Aldo, yang terpenting di setiap makanan harus mengandung rendah kalori, rendah lemak, rendah karbohidrat, dan tinggi protein.

Salah satu menu favorit YellowFit Express adalah Pizza Diet. Biasanya pizza berbahan tepung, namun berbeda dengan yang satu ini menggunakan kembang kol. Adapun, menu McD versi diet digoreng dengan minyak yang sehat, tanpa kulit, dan dibalut tepung gandum. Lo bisa makan junk food tapi tetap rendah kalori, bro. 

Menu YellowFit Kitchen ini dikembangkan oleh tim internalnya sendiri. Jadi setiap minggunya, ia melakukan rapat rutin bersama para koki. “Kami memiliki 6 koki, setiap 2 orang akan bergiliran untuk rapat dengan kami. Di kesempatan itu juga kami bersama-sama melakukan pengukuran zat-zat yang terkandung dalam makanan yang ingin ditawarkan kepada konsumen,” ujar Aldo.

Kebutuhan gizi di setiap porsinya berbeda-beda. Menurut Christopher, kebutuhan untuk wanita kurang lebih 1.000-1.200 kalori, dan untuk pria akan lebih tinggi berkisar 1.200-1.500 kalori. Dengan catatan, semua ukuran itu tergantung dari aktivitas yang dijalankan masing-masing orang.

Buat lo yang mau coba, harga perposinya sekitar Rp50.000 dan bisa lebih mahal kalo lo beli cuma buat makan siang aja. Tapi, kalau beli paket siang dan malam, akan diberikan harga spesial. Nikmatnya lagi, lo bisa memesan catering ini dengan pilihan paket perminggu atau perbulan. Jadi, disesuaikan aja dengan kebutuhan lo, bro.

Melihat Peluang Industri Makanan Sehat

catering sehat

Credit image - goodlife.id

Belum merasa puas diri dengan hasil yang telah dicapai, ia pun tetap melihat adanya tantangan dari kompetitor yang bermunculan setiap harinya. “Dulu saat saya memulai bisnis ini, kompetitornya memang masih sedikit. Berbeda halnya dengan sekarang, mungkin jumlahnya sudah puluhan, bahkan ratusan,” paparnya.

Untuk meningkatkan pelayanannya, Christopher menawarkan free delivery kepada pelanggan-pelanggannya dengan frekuensi pengiriman 2 kali dalam sehari, dan jaminan refund jika makanannya nggak fresh. Layanan ini berlaku untuk daerah Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya ya, bro.

“Kebanyakan kompetitor itu hanya sekali kirim aja dalam sehari, jadi kalau udah malam makanannya kurang segar. Kami juga memberikan guarantee refund bilamana makanannya nggak enak, maka kami akan refund uang mereka,” tegasnya.

Selain usaha katering, ia juga berjualan detox tea dengan rasa leci, lemon, dan jasmine untuk menahan nafsu makan. “Banyak teh detox di luar sana yang bilang kalau manfaatnya itu bisa menurunkan berat badan. Itu sebenarnya bohong,” tambah Aldo.

Kini, YellowFit Kitchen udah memiliki jumlah karyawan sebanyak 250 orang, dengan 25 orang untuk urusan kantor, dan sisanya ada di divisi distribusi. Untuk melebarkan sayapnya, YellowFit juga sering mengadakan kolaborasi dengan beberapa influencer ternama.

Menurut Christopher kedepannya bisnis catering sehat memiliki peluang besar karena orang-orang  mulai sadar akan kesehatan mereka, terutama yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta.

Wahhh sangat inspiratif banget ya, bro, perjalanan bisnis dari Christopher Aldo. Untuk memulai usaha, kuncinya ada pada diri lo sendiri. Nggak ada sesuatu yang luar biasa yang didapatkan dengan mudah. Well, kapan giliran lo buat mengembangkan ide bisnis lo, bro?.

 

Featured image - traveling.bisnis.com