5 Alasan Mengapa Jazz Itu Masih Cocok Dinikmati Semua Umur - MLDSPOT
  • Music News
  • 5 Alasan Mengapa Jazz Itu Masih Cocok Dinikmati Semua Umur

5 Alasan Mengapa Jazz Itu Masih Cocok Dinikmati Semua Umur

Thu, 22 February 2018
5 Alasan Mengapa Jazz Itu Masih Cocok Dinikmati Semua Umur

Urbaners, musik jazz dulunya merupakan salah satu genre yang cuma bisa dinikmati oleh keluarga kerajaan di Eropa. Pasalnya, memainkan musik jazz ini ternyata butuh skill yang cukup tinggi. Nah, beruntung banget lo hidup di zaman sekarang dimana genre musik yang satu ini bisa dinikmati oleh siapa saja. Bahkan, setiap konser jazz penontonnya selalu membeludak dari anak muda sampai orang dewasa. Kira-kira kenapa sih jazz cocok dinikmati semua orang?

 

Memberi ketenangan

Berbeda dari karakter musik rock yang memakai instrumen bersuara keras, musik jazz justru sebaliknya. Nggak peduli mau diiringi dengan gitar, piano, atau bahkan saksofon, musik yang dihasilkan dari genre ini terdengar lembut sehingga bisa memberi efek tenang bagi siapa saja yang menikmati.

 

Romantis

Memang nggak semua musik jazz bisa menghasilkan suasana romantis, tapi coba deh lo dengerin musik-musik swing jazz seperti yang dibawakan grup Mocca. Bayangin deh, kalau lo berdua sama pasangan lagi makan malam bareng terus sambil diiringi alunan lagu I Remember yang lembut dan mendayu. Suasana pun dijamin bakal jadi lebih menyenangkan!

 

Sederhana tapi penuh makna

Alasan lain yang bikin musik jazz cocok dinikmati semua umur tentu karena instrumennya yang terdengar sederhana, tanpa perlu ditambah efek-efek instrumen lain secara berlebihan. Sebenarnya, notasi yang dimainkan di musik jazz itu lebih sulit tapi karena skill musisi yang di atas rata-rata jadi pendengar bisa merasakan kesederhanaan musik jazz yang penuh makna itu.

 

Musik kreatif

Urbaners, percaya nggak percaya nih ternyata musik jazz itu bisa dimainkan secara spontan oleh sang musisi. Lo nggak perlu ribet-ribet memikirkan improvisasi, soalnya musik jazz secara otomatis bikin lo jadi lebih kreatif di tengah memainkan alat musik. Oh ya, pendengar musik jazz juga masuk di dalam kategori orang-orang cerdas, lho!

 

Cocok untuk semua event

Last but not least, kenapa musik jazz cocok untuk semua kalangan usia? Jawabannya tentu karena musik ini cocok untuk ditampilkan pada berbagai event. Mau pentas seni anak sekolahan, pengiring musik wedding, sampai hiburan di kafe dan restoran pun bisa. Pantas saja musik jazz dicintai semua umur.

 

Setuju nggak sih kalau 5 alasan tadi yang bikin musik jazz cocok dinikmati semua orang? Apa pendapat pribadi lo nih Urbaners?

Setelah 12 Tahun, Kings of Convenience Ngasih Surprise Lagu Baru!

Sat, 08 May 2021
Kings of Convenience

Sejak awal mendengarkan lagu, apakah lo punya satu lagu yang selalu dikenang – iya kan? Sebagai penikmat musik, pastinya lo juga punya musisi atau band yang selalu jadi favorit lo kan?

Mungkin sekarang musisi atau band yang dulu lo suka dengerin udah nggak produksi lagu lagi dan alhasil lo dengerin lagu-lagu lawanya lagi dan lagi. Kalo kayak gini, lo pasti jadi kangen sama musisi atau band favorit lo itu nggak sih? Pasti lo pengen dong denger mereka punya lagu baru.

Baru-baru ini, duo folk asal Norwegia – Kings of Convenience mengumumkan bahwa mereka bakal kembali produktif bermusik dalam waktu dekat. Kembalinya duo ini diawali dengan merilis single baru.

Lagu baru yang ear-catchy dan jadi yang pertama setelah 2009 lalu pastinya bikin para penggemarnya. Penasaran kembalinya grup ini kayak apa? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Kembali Setelah 12 Tahun

Setelah terakhir mengeluarkan karyanya pada 2009 lalu, duo musik ini sebenarnya sudah membocorkan kalo mereka bakal kembali ke dunia musik sejak 2019 lalu. Kabar baik dari duo musik ini tentunya disambut baik oleh para penggemarnya.

Kabar burung ini beredar karena mereka sempat mengatakan bahwa akan menggarap album keempatnya. Namun saat merekam, mereka merasa kurang materi dan kurang sempurna pada proses produksinya. Akhrinya, mereka mencoba istirahat sejenak dan baru sempat melanjutkan proyek ini hingga dirilis pada 2021 ini.

Comeback dengan Lagu “Rocky Trail”

Kings of Convenience

Credit image – Kings of C on Twitter

Comeback ini ditandai dengan dirilisnya single baru mereka dengan tajuk “Rocky Trail”. Duo yang terdiri dari Erlend Øye dan Eirik Bøe ini kayaknya benar-benar serius akan kembali menjadi produktif dalam bermusik lagi.

Lagu yang ear-catchy ini emang jadi lagu yang worth it banget buat dinikmati setelah 12 tahun lamanya para penggemar nggak menikmati lagu baru dari mereka. Tapi yang menjadi fakta unik – lagu ini sebenarnya udah mereka rekam pada tahun 2016 lalu. Lalu akhirnya mereka memutuskan untuk merilis lagu “Rocky Trail” sebagai penanda comeback mereka di tahun 2021.

Menyapa Penggemar Kembali

Kings of Convenience

Credit image – Spotify

Sebagai musisi yang udah cukum lama vakum dari dunia musik, Kings of Convenience pastinya banyak dirindukan oleh banyak penikmat musik. Musisi yang terakhir kali meluncurkan karya mereka pada 2009 dengan album “Declaration of Dependence”.

Jadi album terakhir dalam vakumnya – dan berhenti berkarya selama 12 tahun, lagu “Rocky Trail” berhasil bikin para penggemarnya menghilangkan rasa kangennya.

Pada perilisan lagu ini – tepatnya 27 April 2021 kemarin, Kings of Convenience mengunggah pengumuman comeback-nya melalui jejaring Instagram bahwa mereka akan merilis lagu baru. Lagu baru ini juga bukan lagu yang satu-satunya dirilis untuk comeback-nya, melainkan jadi awal dari langkah baru mereka dalam bermusik.

Unggahan mereka pada instagram yang bertuliskan “Thanks for waiting, hope you will like it – Erlend and Erik“ ini berhasil membuat para penggemar nggak sabar menantikan lagu baru lainnya yang akan dirilis di tahun ini.

Penasaran nggak sih sama lagu-lagu baru yang bakal dirilis sama King of Convenience? Tungguin aja perilisan satu album comeback dari duo ini ya, bro!

 

Feature image – Rocky Trail