Trending
Senin, 21 November 2016

Ngayogjazz Bukan Hanya Milik Jogja, Ini Festival Internasional

  • Share
  • fb-share
Ngayogjazz Bukan Hanya Milik Jogja, Ini Festival Internasional

Jogjakarta yang sudah menjadi perhentian yang sifatnya kosmopolitan, membantu Ngayogjazz menjadi sebuah festival berkelas internasional. Selain dari dalam kota, orang dari luar kota dan negeri datang berkunjung.

Wajah-wajah dan dialek asing sangat mudah ditemui di seputaran Ngayogjazz 2016. Ini bukan hal yang baru, karena di tahun-tahun sebelumnya, penyelenggaraan juga mendapatkan pengunjung asing. Hanya saja, bisa jadi sekarang angkanya mulai merambat naik dan melebihi jumlah di tahun-tahun sebelumnya.

Berbagai macam perwakilan masyarakat internasional bertebaran di sudut-sudut festival. Mereka tumpah ruah dan menjadi biasa keberadaannya di tengah puluhan ribu orang yang memercayai musik untuk mengisi malam minggu mereka tanggal 19 November 2016 yang lalu itu.

Selain turis yang kebetulan ada di Jogjakarta bersamaan dengan penyelenggaraan festival, ada juga yang khusus datang dari luar kota.

Andrew Jones salah satunya. Seorang profesional yang sehari-hari berbasis di Jakarta itu, mengaku khusus terbang ke Jogjakarta untuk festival ini. “Saya sudah mendengar festival ini sejak beberapa tahun yang lalu sewaktu mulai tinggal di Indonesia. Tapi baru kali ini berkesempatan untuk datang ke sini. Benar memang, festival ini luar biasa seru,” ujarnya.

Persoalan keluar masuk desa seolah tidak menjadi masalah dan menemukan lokasi pasti desa penyelenggara Ngayogjazz bukan menjadi halangan berarti untuk pengunjung.

“Mencari lokasi memang selalu jadi tantangan sendiri. Tapi sekarang sudah lebih mudah dengan keberadaan Instagram. Saya selalu memantau akun resmi festival untuk mendapatkan informasi masalah tempat dan jadwal pengisi acara,” ujar Bambang Sudarno, seorang pengunjung yang khusus datang dari Balikpapan. Ia mengaku telah tiga kali datang ke Ngayogjazz untuk menikmati musik di tengah desa. “Ya, memang kadang kita tidak perlu tahu siapa yang main. Sudah pasti penyelenggaraannya bagus kalau Ngayogjazz. Makanya saya tidak terlalu peduli siapa yang main,” lanjutnya.

Sekedar catatan, penyelengaraan Ngayogjazz memang selalu berpindah-pindah tempat setiap tahunnya. Ini menciptakan pengalaman yang bervariasi setiap tahunnya. Tidak heran, kadang-kadang memang festival ini dibela untuk dihadiri.

Dari seluruh festival yang ada di Indonesia, bisa jadi Ngayogjazz punya tempat spesial. Angka pengunjung yang fantastis dan program yang baik, menjadi alasan kenapa ia membesar dan punya tempat spesial di hati orang banyak. Bisa dibilang, Ngayogjazz kini menjadi salah satu festival internasional yang paling ok di Indonesia.

Comments
Ahdan Maulana Muhammad
terimakasih
PUTRI PUSTIKA SARI
Keren bosku