Trending
Jumat, 18 November 2016

PSM Undip Bawa Pulang 5 Medali Emas dari Ceko dan Spanyol

  • Share
  • fb-share
PSM Undip Bawa Pulang 5 Medali Emas dari Ceko dan Spanyol

Indonesia kembali menorehkan prestasi di kancah internasional nih, Urbaners! Kali ini, lo harus mengucapkan terima kasih kepada tim Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Baru-baru ini, mereka mendapatkan dua medali emas dari pertandingan di Spanyol dan Ceko!

 

Bertanding di Spanyol Lebih Dulu

Pada tanggal 19-23 Oktober 2016 lalu, PSM Undip mengikuti kompetisi 5th Canta Al Mar-Festival Coral International 2016 di Spanyol. Setelah melawan 49 tim paduan suara dari 24 negara, PSM Undip berhasil memboyong dua medali emas karena menjadi juara pertama untuk kategori Sacred Acapella Level 1 dan Mixed Choir Level 1. Selain kedua kategori tersebut, PSM Undip juga berhasil menempati posisi juara ketiga untuk kategori Folklore.

 

Kembali Menyabet Penghargaan di Ceko

Tidak lama setelah itu, tepatnya pada tanggal 28 Oktober 2016, PSM Undip kembali mengikuti lomba 30th Praga Cantat di Republik Ceko untuk kategori Folklore dan Mixed Choir. Hebatnya, mereka lolos hingga ke babak Grand Prix yang berlangsung pada tanggal 29 Oktober 2016 dan berhasil menyabet juara umum dengan penghargaan Gold Band Folklore Category serta juara kedua untuk Gold Band Mixed Choir.

Berbagai lagu yang dibawakan di kedua ajang pertandingan tersebut tidak hanya terpaku pada lagu-lagu berbahasa asing, Urbaners. PSM Undip juga membawakan beberapa lagu daerah Indonesia untuk kategori Folklore, baik ketika bertanding di Spanyol maupun Ceko, yaitu Bungong Jeumpa dari Aceh, Soleram dari Riau, dan Ahtoi Porosh dari Dayak.

 

Sang Konduktor Ikut Dapat Penghargaan

Kemenangan PSM Undip dalam di Spanyol dan Ceko tentu tidak terlepas dari panduan yang diberikan konduktor mereka, yakni Jefry F. Bode. Kerja keras Jefry pun terbayar ketika ia mendapatkan penghargaan Special Prize for Outstanding Conductor dan Special Award for the Choreography. Tentu kerja keras Jefry juga didukung oleh usaha para anggota PSM Undip yang rutin latihan di tengah berbagai kesibukan kuliah. Persiapannya bahkan sudah dilakukan sejak setahun lalu.

Dunia PSM Indonesia sepertinya memang patut diacungi jempol. Beberapa waktu lalu, PSM Universitas Gadjah Mada juga berhasil menjadi salah satu juara di pertandingan Italia. Semoga PSM dari berbagai universitas lain bisa ikut menyusul prestasi mereka ya, Urbaners.

 

 

Sources: Goodnewsfromindonesia.id, Nasional.news.viva.co.id

Comments
KARTIKA SAPUTRA
Bertanding di Spanyol Lebih Dulu
Iriyandi
Mantap banget