Trending
Rabu, 31 Agustus 2016

Jadi Kebanggaan Surabaya

  • Share
  • fb-share
Jadi Kebanggaan Surabaya

Sejarah mencatat bahwa Surabaya punya sumbangsih besar terhadap perkembangan industri musik Indonesia. Sekarang, mereka punya salah satu festival jazz paling bagus di negeri ini.

Jazz Traffic Festival, sudah menjadi kebanggaan kota. Ukurannya besar, bisa menampung ribuan orang di sebuah akhir pekan. Berbagai macam nama-nama kesohor di panggung jazz Indonesia, sudah pernah main di festival ini.

Di tahun 2016 ini, sejumlah energi baru turut serta. Line upnya tidak itu-itu saja. Kalaupun ada pengulangan, pasti si artis diminta untuk memainkan sesuatu yang menyegarkan dan jadi sangat menarik untuk penonton.

Di tiga panggung yang semuanya berlokasi di Grand City Convention Center, musik jazz dirayakan. Pendatang baru model Danilla, Eva Celia, MLD Jazz Project serta Dekat, mendapat panggung. Sementara nama-nama yang sudah lebih dikenal model Monita Tahalea, Barry Likumahuwa juga unjuk gigi. Tidak ketinggalan, artis-artis senior model The Groove, Andre Hehanussa, Glenn Fredly, Tohpati, Fariz RM dan Dwiki Dharmawan juga menampilkan karya-karya mereka.

Menyenangkan melihatnya ketika sedari siang menjelang sore, ribuan orang mengantri di pintu masuk. Penyelenggara pun seolah belajar dari tahun ke tahun bagaimana mengorganisir festival musik yang menyenangkan. Informasi yang diberikan jelas, cukup pegang jadwal yang dibagikan secara cuma-cuma, pasti bisa memilih band mana yang bisa ditonton sesuai selera.

Memang, seringkali nampak menyebalkan ketika ada dua artis yang sama menariknya main barengan. Di malam kedua, ini kejadian pada set Monita Tahalea dan Eva Celia. Kedua penyanyi perempuan yang sama bagusnya itu, terpaksa main di jadwal yang berbarengan. Tapi, di sanalah seninya festival, bukan?

Memberikan pilihan musik yang tidak seragam menjadi salah satu keberhasilan penyelenggara. Dan rasanya, Jazz Traffic Festival akan ada untuk waktu yang lama karenanya. Sumbangsih mereka terhadap keragaman musik di Surabaya, benar-benar nyata.

Ribuan orang yang datang dan meluangkan waktu untuk menikmati musik rasanya sepakat. Kalau Surabaya perlu berbesar hati memiliki salah satu festival musik yang punya arti penting untuk industri musik Indonesia. Bukan hal yang mengherankan jika di masa depan, banyak orang dari luar kota berbondong-bondong datang ke Surabaya untuk musik jazz.

Comments
Susiana Saputri
Mantap banget
Sukamto
Keren bener bro