Bagaimana Cara YouTube Membantu Musik Indie? - MLDSPOT
  • Music News
  • Bagaimana Cara YouTube Membantu Musik Indie?

Bagaimana Cara YouTube Membantu Musik Indie?

Thu, 28 July 2016

YouTube adalah salah satu tempat video streaming paling terkenal di dunia. Pada awal tahun 2016 lalu, YouTube mengalahkan Google dalam jumlah pencarian per bulannya. Jika berbicara YouTube, memang nggak lepas dari musik. Jika lo bosan dengan kerjaan, pasti lo buka YouTube dan streaming music. Karena jumlah traffic yang sangat banyak, YouTube sering dimanfaatkan oleh beberapa artis musik indie yang ingin mencoba peruntungan.

Artis yang paling sukses karena YouTube adalah Justin Bieber. Dulu Justin Bieber iseng mengupload video dia bernyanyi, kemudian dilihat oleh Usher dan diorbitkan, jadilah Justin Bieber seperti sekarang. Selain Justin Bieber, ada puluhan artis lain yang sukses karena YouTube. Sebenarnya bagaimana cara kerja YouTube dalam membantu musik indie?

 

YouTube mempunyai kebijakan copyright yang sangat ketat

Coba lo upload video musik yang berisi lagu terkenal, misalnya Beyonce atau Meghan Trainmor. Dalam hitungan detik, YouTube akan memberikan surat peringatan bahwa video yang lo upload ini menyalahi aturan copyright. Cara tersebut sebenarnya mendudukung musisi indie, karena secara nggak langsung karyanya sudah dilindungi oleh YouTube. Banyak sekali musisi indie yang kewalahan karena maraknya pembajakan, dengan masalah copyright YouTube mereka sedikit terbantukan.

 

YouTube akan membantu mempromosikan

Sistem iklan atau YouTube Ads sebenarnya bisa digunakan khusus untuk musisi indie. Mereka bisa membayar untuk mempromosikan lagunya. Dari setiap view yang terhitung, musisi indie bisa membayar sejumlah tertentu. Cara ini sebenarnya agak mengeluarkan banyak uang, tapi lo akan mendapatkan apresiasi yang cukup tinggi.

 

YouTube nggak pernah berhenti membayar

Ketika lo sebagai musisi indie mendapatkan view yang cukup banyak di setiap videonya, lo saatnya mengambil keuntungan dari video lo. Lo bisa menempatkan iklan di setiap video yang lo upload, sehingga lo bisa mendapatkan keuntungan dari sana. Keuntungan yang lo dapetin itu bisa lo gunakan untuk rekaman ataupun membuat merchandise.

Lo punya karya yang bisa lo upload ke YouTube? Atau lo punya band indie sendiri dengan teman-teman kantor? Lo bisa memanfaatkan adanya YouTube Urbaners.

 

Source: mic.com

Rilis Album Baru, Joji Jadi Sutradara Di Live Streaming 'Nectar'!

Fri, 09 October 2020
Joji jadi sutradara di live streaming the extravaganza!

Perasaan belum lama ini, Joji baru saja mengeluarkan album terbarunya. Nggak lama lagi, Joji rilis film yang disutradarai oleh dirinya. Film tersebut berjudul The Extravaganza. Memang nih, kalau selalu kreatif dan produktif #MauLagiDimanapun – pasti ada saja hasil karyanya yang keluar.

Joji jadi sutrada? Bagaimana dan apa kabar filmnya, ya? Ada hal menarik apa nih yang dia bawa ke film yang satu ini? Beberapa waktu lalu, baru saja merilis album baru berjudul ‘Nectar’ – Joji sekarang bisa flexing kalau dia bisa buat film dengan judul ‘The Extravaganza’.

Film atau acara ini adalah sebuah live streaming yang unik dan belum pernah ada sebelumnya. Dilansir dari USSFEED – Joji membuat acara luar biasa menarik ini hanya bisa diakses dalam waktu 24 jam saja, dan jadwal penayangannya akan digelar secara global pada tanggal 24 Oktober 2020.

Sebagai sutradara, sepertinya Joji cukup menikmati peran barunya ini. Di The Extravaganza ini, ia juga menampilkan pertunjukan live pertama dari lagu-lagu yang ada di album terbarunya yaitu Nectar. Well, acara ini juga jadi perayaan Joji karena rilisnya album baru dia tersebut.

Masih dari USSFEED – The Extravaganza dari Joji bisa dinikmati pada tanggal 24 Oktober 2020 jam 7 malam. Nah, kalau lo ketinggalan acaranya ini, lo hanya bisa menikmati siaran ulangnya saja di tanggal 25 Oktober 2020 jam 10 pagi.

 

Joji Dapat Julukan Baru

Joji jadi sutradara di live streaming the extravaganza!

Credit Image: thehoneypop.com

Bro, memang nih proses kreatif dan produktif #MauLagiDimanapun pasti membuahkan hasil. Termasuk dari Joji di mana ia berhasil memproduksi dan mengaransemen sebanyak 18 lagu di dalam album tersebut.

Karena hasil usahanya yang seperti itu, di album Nectar, Joji mendapatkan julukan sebagai first music superstar of his kind. Di mana ia membuktikannya dengan memproduksi sendiri serta mengaransemen 18 lagu di dalamnya.

Tidak hanya itu, Joji juga menunjukan bakatnya dalam memproduksi visual untuk peluncuran Nectar. Hasil karyanya tersebut bisa dinikmati lewat video Tick Tock dan Upgrade. Nah dari dua video tersebut, pastinya lo akan makin penasaran dengan karya Joji yaitu The Extravaganza.

 

Apakah Ada Kemungkinan Joji Bikin Kolaborasi?

Joji jadi sutradara di live streaming the extravaganza!

Credit Image: matamatamusik.com

Eits kenapa nggak bro? Di bawah payung yang sama – sepertinya ada kemungkinan kalau Joji akan bikin kolaborasi dengan talent yang lain. Sebut saja seperti Rich Brian atau Niki Zevanya – sepertinya bakal seru sih kalau ada kolaborasi ini.

Atau bisa juga, ada kemungkinan kalau setelah The Extravaganza selesai, Joji malah diajak berkolaborasi dengan pembuat film atau produser film layar lebar lainnya. Tidak menutup kemungkinan kalau Joji stay at his phase – Joji bisa berkembang lebih pesat di pembuatan film.

Kira-kira nih bro, kalau misalnya Joji bisa berkolaborasi untuk membuat sebuah film – talent mana atau siapa yang menurut lo bakal seru banget buat kerja bareng sama Joji? Rich Brian kah? Atau ada talent lainnya?

 

Jangan Lupa Beli Tiketnya!

Oh iya nih bro – karena The Extravaganza adalah bentuk dari sebuah pertunjukan live streaming paling unik dan menarik – lo tidak boleh ketinggalan buat mengikutinya, nih! Buat lo yang sudah penasaran, jangan lupa untuk beli tiketnya.

Sebelumnya memang nggak dikasih tahu apakah acara ini limited seat atau tidak – akan tetapi, buat jaga-jaga dan memastikan diri lo kalau bisa menonton acara yang disutradarai oleh Joji, pastikan lo sudah siap untuk membeli tiketnya!

Wah bagaimana nih bro? Sudah ya – jangan sampai lo ketinggalan dan lupa beli tiket buat hadir di acara Joji yang unik ini!

 

Feature Image – bandwagon.asia