Trending
Kamis, 19 Mei 2016

Bubugiri, Duo Akustik yang Selalu Ingin Jadi Diri Sendiri

  • Share
  • fb-share
Bubugiri, Duo Akustik yang Selalu Ingin Jadi Diri Sendiri

Memulai karir bermusik di beberapa kafe di Bandung dan Jakarta, kini Bubugiri berhasil terkenal dan bermain di berbagai panggung festival musik. Mereka juga sempat dipercaya untuk mengisi soundtrack film berjudul Sokola Rimba buatan Rumah Produksi Miles Film. Bagaimana grup ini bisa terbentuk, ya, Urbaners?

 

Sudah Berteman Sejak SMA

Sebenarnya, Bubugiri merupakan gabungan dari nama kedua personilnya, yakni Bubu sang vokalis dan Giri yang bermain gitar. Mereka sudah berteman baik sejak SMA, namun saat itu keduanya masih bermain musik dengan band masing-masing. Pada tahun 2007, Bubu dan Giri kembali bertemu dan mulai sering tampil bersama di beberapa kafe di Bandung dan Jakarta. Karena sama-sama merasa jenuh dengan musik yang ada, mereka pun akhirnya sepakat membuat proyek duo akustik pada tahun 2010.

 

Dari Kafe ke Panggung Festival

Saat itu, mereka nggak langsung mengajukan diri ke label rekaman. Selain tampil di kafe, Bubugiri juga memulai karir bermusik mereka di berbagai resepsi pernikahan, acara kampus, product launching, dan corporate gathering di beberapa kota, mulai dari Jakarta, Bali, Medan, hingga Padang. Bubugiri juga sempat menjadi pengisi acara talkshow televisi seperti Kick Andy, 8-11 Show, dan Radio Show TVOne. Lo mungkin pernah beberapa kali menonton penampilan mereka tanpa disadari, Urbaners.

Karir musik Bubugiri semakin menanjak ketika tampil secara reguler di Red White Lounge, membuka kesempatan bagi mereka untuk bermain di beberapa event besar seperti Java Soulnation, Java Jazz, dan Jazz Traffic Surabaya. Meski kerap dibandingkan dengan grup musik Endah N Rhesa, Bubugiri nggak terlalu memusingkannya dan tetap mencoba untuk menjadi diri sendiri. Mereka bahkan menuangkan kebebasan tersebut melalui salah satu lagu mereka yang diberi judul Copycat.

 

Merilis Album Perdana

Setelah mengumpulkan beberapa materi lagu, akhirnya Bubugiri mengeluarkan album perdana mereka yang berjudul Music Everyday pada tanggal 1 Oktober 2015 lalu. Melalui album ini, Bubugiri ingin menyampaikan bahwa nggak ada orang yang bisa hidup tanpa musik. Kalau mendengarkan album Music Everyday, lo bakal menemukan sentuhan beberapa genre musik sekaligus, seperti folk, blues, urban, dan jazz yang dibalut dalam aransemen musik minimalis.

Tunggu apa lagi, Urbaners? Buruan mendengarkan album perdana Bubugiri, tapi jangan mengaksesnya secara ilegal, ya. Oh ya, lo juga bisa mendapatkan single Bubugiri berjudul Copycat secara gratis melalui website resmi mereka. Go get it!

 

 

Sources: bubugiri.com, hot.detik.com, entertaintment.kompas.com

Comments
Ahdan Maulana Muhammad
terima kasih
MULYO WIDODO
Dari Kafe ke Panggung Festival