Trending
Jumat, 01 April 2016

Sturgill Simpson, Dari Pegawai Kereta Jadi Bintang Country

  • Share
  • fb-share
Sturgill Simpson, Dari Pegawai Kereta Jadi Bintang Country

Buat lo yang mencari alternatif musik lain, mungkin lo bisa mencoba denger music country. Lagu yang katanya khas Amerika ini memang belum begitu populer di Indonesia. Salah satu penyanyi yang lagi naik daun berkat musik country ini adalah Sturgill Simpson. Jangan ngebayangin lo bakal ketemu dengan penyanyi yang pakai topi koboi trus bawa gitar karena Sturgill Simpson sedikit berbeda dari image penyanyi seperti itu.

 

Anak seorang polisi

Lahir di kota kecil bernama Breathitt County, Jackson, Kentucky, Sturgill Simpson merupakan anak dari seorang sekretaris dan polisi. Karena pekerjaan sang ayah, Sturgill dan keluarga pindah ke Versailles, Lexington, dimana dia tinggal dan lulus dari Woodford County High School.

Tahun 2004, Sturgill membentuk sebuah band bluegrass dengan nama Sunday Valley. Band tersebut sempat bermain di festival Pickathon yang diadakan di Portland, Oregon.

Sama berselang, Sturgill akhirnya break dari dunia musik dan bekerja di Union Pacific Railroad sebagai seorang operator kereta barang. Setelah bernyanyi untuk acara lokal, Sturgill kemudian kembali bersama Sunday Valley dan melakukan tur serta sempat membuat sebuah album. Sayang, di tahun 2012, band tersebut bubar dan diikuti kepindahannya bersama sang istri ke Nashville.

 

Debut solo, awal popularitas
Di Nashville, Sturgill tampil solo dan merilis album debutnya yang berjudul High Top Mountain di tahun 2013. Album tersebut dirilis serta dibiayai oleh dirinya sendiri dengan bantuan produser ternama, Dave Cobb, dan juga Hargus “Pig” Robbins dan Robby Turner, mantan gitaris Waylon Jennings. Album keduanya, Living the Dream, kemudian dirilis pada tahun 2014. Lagi-lagi dengan dana dari kantongnya sendiri.

Di bulan Maret ini, Sturgill merilis single pertama dari album terbarunya, A Sailor’s Guide to Earth, yang akan dirilis bulan April mendatang berjudul Brace For Impact (Live A Little). Dalam album ini juga akan tercantum lagu cover dari grup band Nirvana berjudul In Bloom yang menurut Sturgill menjadi lagu terbaik ketika dirinya masih anak-anak.

Buat lo yang pengen dengerin lagu-lagu country milik Sturgill Simpson, ada baiknya lo coba denger cover lagu In Bloom versi Sturgill Simpson ini. Dijamin, suasana Amerika bakal lo rasain. Makin enak lagi nih kalau lo dengerin lagunya sambil makan steak di kafe bernuansa koboi. Supaya lebih pas Urbaners!

 

 

 

Source: Wikipedia.org, rollingstone.com

Comments
ERRI HARI WULANDARI
Anak seorang polisi
EDI SASONO
Debut solo, awal popularitas