Musik, Bukan Sekedar Hiburan - MLDSPOT

Musik, Bukan Sekedar Hiburan

Wed, 12 August 2015

Musik kerap dikenal sebagai media yang mewakili perasaan seseorang, baik itu perasaan bahagia, gundah gulana, ataupun amarah. Musik juga dikenal dapat mengubah mood seseorang dalam sekejap, atau membuat orang jadi bersemangat untuk melakukan sesuatu. Apapun yang lo lakukan, musik dan mood memang diyakinkan mempunyai hubungan yang sangat erat. Maka dari itu musik dipercaya bukan hanya sebagai hiburan, tapi juga dapat membantu kinerja otak manusia adalam mencapai sesuatu.

Dalam proses belajar, musik dapat membantu dalam meningkatkan daya ingat dan kreativitas seseorang. Tapi jelas yang berpengaruh bukan musik – musik kekinian yang lo kenal, melainkan musik klasik. Sudah terbukti bahwa musik klasik dapat membantu untuk meningkatkan focus dan daya ingat pada otak melalui alunannya yang kompleks dan repetitive. Walaupun musik klasik hanya terbukti dapat membantu seseorang dalam area sains, seperti matematika dan fisika. Untuk kreativitas, musik pop lebih berpengaruh karena berfungsi sebagai “penyemangat” pada otak.

Hal yang sama berlaku juga saat lo sedang nge-gym atau melakukan olahraga lain. Kalau lo perhatiin hampir semua orang yang nge-gym pasti sambil mendengarkan musik, malah bebrapa orang bahkan menyiapkan set list khusus untuk itu. Ilmuwan di Amerika mengatakan bahwa musik dapat membantu stimulasi para olahragawan atau atlet agar mereka merasa lebih bersemangat dan lebih bergairah dalam mencapai fitness goal mereka. Musik dapat membuat para atlet selalu merasa positif, dan mengurangi rasa lelah. Maka dari itu musik yang cocok untuk olahraga adalah musik keras dan bertempo cepat.

Nah, untuk orang yang sering depresi atau merasa diri mereka inferior, musik juga bisa membantu menghilangkan hal – hal tersebut. Sebuah riset di Queen’s University membuktikan bahwa musik dapat membantu mengangkat depresi dan stress yang biasa di alami anak – anak atau remaja. Seseorang yang sering kurang semangat, dapat dinaikan semangatnya dengan memasang musik – musik bahagia yang membantu pikiran agar tetap merasa happy. Metode ini juga bekerja buat orang yang sering negative thinking. Nah urbaners, minat untuk melakukan terapi musik?

Source : www.musiclipse.com, self-inspiration.com

 

 

The Origins
Walaupun terapi musik baru naik daun dan dijadikan sebagai profesi pada masa setelah Perang Dunia II, tetapi sejarah mencatat bahwa praktek terapi musik tertua ada pada tahun 1800-an dimana seorang psikiater, Benjamin Rush, menggunakan musik untuk membantu menyembuhkan penyakit.

War Trauma
Terapi musik mulai populer di Amerika dan dijadikan sebagai profesi pada masa – masa pasca perang dunia pertama dan kedua, dimana terapi musik banyak dipakai untuk menyembuhkan seorang veteran dari trauma yang dihadapi semasa perang.

Music Cures Stroke
Bagi seseorang yang memiliki stroke, musik terbukti sangat membantu memulihkan kembali kemampuan motorik mereka. Simulasi audio dan terapi traditional akan meningkatkan kemungkinan sang penderita agar bisa berjalan kembali.

Rilis Album Baru, Joji Jadi Sutradara Di Live Streaming 'Nectar'!

Fri, 09 October 2020
Joji jadi sutradara di live streaming the extravaganza!

Perasaan belum lama ini, Joji baru saja mengeluarkan album terbarunya. Nggak lama lagi, Joji rilis film yang disutradarai oleh dirinya. Film tersebut berjudul The Extravaganza. Memang nih, kalau selalu kreatif dan produktif #MauLagiDimanapun – pasti ada saja hasil karyanya yang keluar.

Joji jadi sutrada? Bagaimana dan apa kabar filmnya, ya? Ada hal menarik apa nih yang dia bawa ke film yang satu ini? Beberapa waktu lalu, baru saja merilis album baru berjudul ‘Nectar’ – Joji sekarang bisa flexing kalau dia bisa buat film dengan judul ‘The Extravaganza’.

Film atau acara ini adalah sebuah live streaming yang unik dan belum pernah ada sebelumnya. Dilansir dari USSFEED – Joji membuat acara luar biasa menarik ini hanya bisa diakses dalam waktu 24 jam saja, dan jadwal penayangannya akan digelar secara global pada tanggal 24 Oktober 2020.

Sebagai sutradara, sepertinya Joji cukup menikmati peran barunya ini. Di The Extravaganza ini, ia juga menampilkan pertunjukan live pertama dari lagu-lagu yang ada di album terbarunya yaitu Nectar. Well, acara ini juga jadi perayaan Joji karena rilisnya album baru dia tersebut.

Masih dari USSFEED – The Extravaganza dari Joji bisa dinikmati pada tanggal 24 Oktober 2020 jam 7 malam. Nah, kalau lo ketinggalan acaranya ini, lo hanya bisa menikmati siaran ulangnya saja di tanggal 25 Oktober 2020 jam 10 pagi.

 

Joji Dapat Julukan Baru

Joji jadi sutradara di live streaming the extravaganza!

Credit Image: thehoneypop.com

Bro, memang nih proses kreatif dan produktif #MauLagiDimanapun pasti membuahkan hasil. Termasuk dari Joji di mana ia berhasil memproduksi dan mengaransemen sebanyak 18 lagu di dalam album tersebut.

Karena hasil usahanya yang seperti itu, di album Nectar, Joji mendapatkan julukan sebagai first music superstar of his kind. Di mana ia membuktikannya dengan memproduksi sendiri serta mengaransemen 18 lagu di dalamnya.

Tidak hanya itu, Joji juga menunjukan bakatnya dalam memproduksi visual untuk peluncuran Nectar. Hasil karyanya tersebut bisa dinikmati lewat video Tick Tock dan Upgrade. Nah dari dua video tersebut, pastinya lo akan makin penasaran dengan karya Joji yaitu The Extravaganza.

 

Apakah Ada Kemungkinan Joji Bikin Kolaborasi?

Joji jadi sutradara di live streaming the extravaganza!

Credit Image: matamatamusik.com

Eits kenapa nggak bro? Di bawah payung yang sama – sepertinya ada kemungkinan kalau Joji akan bikin kolaborasi dengan talent yang lain. Sebut saja seperti Rich Brian atau Niki Zevanya – sepertinya bakal seru sih kalau ada kolaborasi ini.

Atau bisa juga, ada kemungkinan kalau setelah The Extravaganza selesai, Joji malah diajak berkolaborasi dengan pembuat film atau produser film layar lebar lainnya. Tidak menutup kemungkinan kalau Joji stay at his phase – Joji bisa berkembang lebih pesat di pembuatan film.

Kira-kira nih bro, kalau misalnya Joji bisa berkolaborasi untuk membuat sebuah film – talent mana atau siapa yang menurut lo bakal seru banget buat kerja bareng sama Joji? Rich Brian kah? Atau ada talent lainnya?

 

Jangan Lupa Beli Tiketnya!

Oh iya nih bro – karena The Extravaganza adalah bentuk dari sebuah pertunjukan live streaming paling unik dan menarik – lo tidak boleh ketinggalan buat mengikutinya, nih! Buat lo yang sudah penasaran, jangan lupa untuk beli tiketnya.

Sebelumnya memang nggak dikasih tahu apakah acara ini limited seat atau tidak – akan tetapi, buat jaga-jaga dan memastikan diri lo kalau bisa menonton acara yang disutradarai oleh Joji, pastikan lo sudah siap untuk membeli tiketnya!

Wah bagaimana nih bro? Sudah ya – jangan sampai lo ketinggalan dan lupa beli tiket buat hadir di acara Joji yang unik ini!

 

Feature Image – bandwagon.asia