• Music News
  • Sheila Dara, Donne Maula, dan Keberhasilan Lagu Kolaborasi Mereka

Sheila Dara, Donne Maula, dan Keberhasilan Lagu Kolaborasi Mereka

Wed, 24 June 2020
Donne berdiri di belakang Sheila dalam sesi foto untuk lagu kolaborasi mereka, keduanya mengenakan baju bewarna putih

Keputusan Donne Maula buat menggandeng Sheila Dara dalam sebuah proyek kolaborasi adalah pilihan yang tepat. Setelah rilis di tanggal 6 Maret 2020, “Tak Terima” sudah didengarkan secara streaming sebanyak 700ribu kali di Spotify. Angka tersebut menjadikan Tak Terima lagu paling populer milik Donne Maula. Lagu kolaborasi ini juga menjadikan Donne dan Sheila kolaborasi terbaik di antara banyak kolaborasi lain yang hadir di tahun 2020 ini. Keduanya juga sempat manggung di panggung Intimate Sound dalam Instagram live MLDSPOT.

 

Tak Terima

Donne dan Sheila berpose bersisian dengan mata tertutup

Tak Terima bercerita tentang sulitnya seseorang bersikap jujur dalam sebuah hubungan karena enggan menyakiti satu sama lain. Dalam lagu ini, Donne berpandangan bahwa seseorang cenderung memilih untuk saling memberi maaf dan mengikhlaskan sesuatu daripada menjaga kejujuran atau menagih kejujuran itu sendiri.

Lagu ini dibuka dengan suara petikan gitar yang kemudian disambut dengan harmoni suara keduanya. Kombinasi suara tipis Sheila dan suara berat Donne juga berhasil membangun mood tenang dalam lagu ini. Sementara untuk genre, Donne masih bermain di genre pop.

 

Sheila Berhasil Menghadirkan Nuansa Baru

Sheila berpose di depan Donne dengan turtleneck warna oranye tua

Tak Terima adalah karya kedua Donne Maula. Sebelumnya di pertengahan Juli 2019, single pertama miliknya yang berjudul “Menari Sampai Tua” juga telah rilis. Dibanding Tak Terima, Menari Sampai Tua terdengar lebih ceria karena ada banyak instrumen musik yang digunakan dalam lagu tersebut. Itu sebabnya kehadiran Sheila dalam lagu Tak Terima memberikan nuansa baru dari karya Donne sebelumnya.

Suara lembut milik Sheila berhasil membuat inti pesan dari lagu ini juga tersampaikan dengan baik. Menurut Donne, Sheila berhasil menghadirkan kesan yang polos sekaligus manis untuk lagu ini, menjadikan Tak Terima menjadi lagu yang jujur dan layak dinikmati oleh pencinta musik Indonesia.

 

Diproduseri Sendiri oleh Donne

Donne dan Sheila berpose dengan gaya busana minimalis berwarna beige 

Jika di single pertamanya Donne melibatkan Iwan Popo, produser musik yang terlibat pada lagu-lagu Yura Yunita dan Sivia sebagai produser, di single keduanya ini Donne memilih untuk memproduseri musiknya sendiri. Selain menjadi produser, Donne juga menulis lirik Tak Terima sendiri.

Banyak tantangan yang dihadapi kedua penyanyi ini dalam proses pembuatan Tak Terima. Apalagi, Donne dan Sheila menggarap lagu Tak Terima dari jarak jauh dan nggak bertemu secara langsung. Beberapa hari sebelum jadwal rilis single kolaborasi ini, Sheila juga sempat sakit. Namun untungnya hal ini nggak berlangsung lama. Tak Terima akhirnya tetap bisa dirilis dan didengar penggemar sesuai dengan tanggal yang sudah ditetapkan.

Setelah melakukan proyek kolaborasi bersama Sheila Dara, tanggal 12 Juni lalu Donne kembali merilis single kolaborasi. Kali ini Donne bekerja sama dengan Marchella FP menghasilkan karya “Nanti Kita Pergi Yang Jauh Ya”. Nggak hanya kolaborasi suara, Marchella juga terlibat dalam proses penulisan lirik lagu ini. Kalau dilihat dari sini, bukan nggak mungkin Donne akan hadir dengan proyek kolaborasi lainnya di masa depan. Kita tunggu saja ya, Bro!

 

 

 

Sources: TirtoID, AntaraNews, UrbanAsia

Melomaniac, Konser Virtual Garapan Java Festival Production

Wed, 08 July 2020
Artwork poster konser virtual Melomaniac dengan background abu-abu

Setiap scrolling media sosial, pasti akan melihat pengumuman pembatalan atau pengunduran jadwal konser musik yang sudah lo nantikan. Ini memang krisis buat lo para pencinta musik. Tetapi, nggak berarti lo akan kesepian #MumpungLagiDirumah. Apalagi dengan adanya inovasi konser drive-in dan konser virtual seperti Melomaniac yang baru saja digelar minggu lalu.

Melomaniac sendiri artinya orang yang menyukai lagu abnormal atau orang yang mencintai musik. Digelar oleh promotor papan atas, simak keseruan Melomaniac berikut ini.

 

Konser Virtual Gratis

Tangan membentuk hati di tengah keramaian konser musik

Peran Java Festival Production dalam aktivitas musik di Indonesia sudah nggak perlu dipertanyakan lagi. Sejak tahun 2006, promotor ini sudah sukses menggelar berbagai konser musisi lokal dan mancanegara, sekaligus festival musik yang keren banget. Sebut saja Jakarta International Java Jazz Festival, Hodgepodge Festival, dan Synchronize Fest dari sekian banyak proyek ternama promotor Java Festival Production.

Meski sekarang blantika musik tengah dilanda oleh pandemi, tetap saja Bro musik akan terus menghibur lo #MumpungLagiDirumah. Pada hari Sabtu kemarin (4/7), Java Festival Production menggelar konser virtual gratis bertajuk Melomaniac dengan tema Black American Music Edition.

Didukung oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat, konser edisi pertama ini bisa dikatakan sebagai bentuk perayaan untuk momen 4th of July atau hari kemerdekaan negara Amerika Serikat. Apalagi mengingat adanya isu rasisme yang sedang merebak di Amerika Serikat, nggak diragukan lagi kalau Melomaniac kali ini menjadi bentuk dukungan untuk gerakan #BlackLivesMatter.

 

Menyanyikan Lagu Populer dari Musisi Black Americans

Whitney Houston mengenakan atasan beige sedang bernyanyi di atas panggung

Daya tarik dari konser virtual yang satu ini adalah temanya, Bro. Nggak bisa dipungkiri kalau jejak musik para musisi Afrika Amerika sampai sekarang masih sangat lantang didengar. Bukan hanya dalam genre R&B atau hip-hop saja nih, tetapi juga mencakup lintas genre, contohnya pop, jazz, blues, dan rock.

Melomaniac dibuat oleh Java Festival Production sebagai jawab kepada para penggemar yang rindu berada di konser musik secara langsung. Event ini juga jadi bentuk dukungan pada industri musik sendiri. Dalam konser virtual ini, para pemirsa atau concert goers akan menikmati lagu-lagu dari musisi Afrika Amerika ternama, mulai dari Aretha Franklin, Marvin Gaye, Stevie Wonder, hingga Whitney Houston.

 

Daftar Penyanyi yang Bergabung

Dira Sugandi memakai dress hitam sedang bernyanyi diiringi alunan piano

Walaupun merupakan konser virtual gratis via live streaming, tetapi daftar musisi lokal yang diundang oleh Java Festival Production ini nggak main-main, Bro. Ada suara emas dari Dira Sugandi, Elfa Zulham, Sri Hanuraga, Dhani Syah, Kevin Yosua, dan Ayoe. Kualitas suaranya juga setara dengan kualitas konser internasional, kok. Lengkap dengan alat musik profesional dan sound system yang berkualitas.

Jadi, nggak terlihat ada lagging atau kesalahan teknis selama konser berjalan. Buat lo yang ketinggalan ikut Melomaniac, tenang saja. Dikarenakan ini merupakan edisi pertama, besar kemungkinan Java Festival Production akan menggelar edisi kedua dari Melomaniac. Kita tunggu saja ya, Bro!

 

 

Sources: Kumparan, Gatra, VOI.