Ini 5 Ciri-ciri Musik Jazz yang Gampang Lo Kenali - MLDSPOT
  • Music News
  • Ini 5 Ciri-ciri Musik Jazz yang Gampang Lo Kenali

Ini 5 Ciri-ciri Musik Jazz yang Gampang Lo Kenali

Fri, 09 April 2021
musik jazz

Kalo ditanya apa itu musik jazz? Mungkin lo akan menjawab musik yang rumit atau sebuah gabungan instrumen alat musik seperti terompet, piano, dan gitar? Well, sebenarnya aliran musik jazz nggak cuma dikenal sebagai musik yang kompleks aja, tapi memiliki tonalitas yang luas serta terbuka dengan jenis musik lainnya.

Lalu, bagaimana sebuah musik bisa dinamakan jazz? Biar makin paham, mending lo simak artikel MLDSPOT kali ini membahas pengertian dan ciri-ciri musik jazz lengkap, check this out!

Pengertian Musik Jazz Menurut Para Ahli

musik jazz

Credit image - lifestyle kompas

Menurut Concise Oxford English Dictionary Revised Edition 2006, musik jazz berasal dari orang Amerika berkulit hitam dengan menonjolkan improvisasi, sinkopasi, ritem, dan diiringi dengan instrumen khusus. Sementara Spinditty.com menjelaskan, musik bisa dikatakan sebagai jazz ketika terdapat harmoni, ritme, dan melodi yang berirama.

Sedangkan, Whitney Ballet menjelaskan jazz merupakan sebuah musik yang sangat personal (seperti puisi dan seni), mirip seperti blues, memiliki vokal yang unik, suara instrumental, dan ditambah dengan improvisasi jenius yang kreatif.

Kalo ditarik kesimpulan, pengertian musik jazz adalah sebuah kesempurnaan dari sebuah musik, setuju nggak, bro? Buat lo yang belum tau, sejarah musik jazz mulai dikenal di Amerika Serikat sekitar tahun 1900-an, melalui kontroversi orang kulit hitam dengan musik Eropa, dan keberadaannya mulai berkembang.

Pada tahun 1890, muncul genre ragtime, sebuah aliran musik jazz yang sedikit nge-beat. Kemudian di awal 1900, muncul Dixieland yang merupakan perwujudan full band pertama dalam musik jazz. Grup music ini lebih menonjolkan alat musik kuningan, banjo, dan juga klarinet. Dari situ, musik jazz dikenal sebagai aliran yang membutuhkan banyak orang untuk memainkannya.

Ciri-ciri Musik Jazz yang Mudah Lo Ingat

musik jazz

Credit image - hot liputan6.com

Ciri penting musik jazz adalah dalam teknik musiknya, tapi adapun karakteristik musik jazz yang membuat musisinya bisa berimprovisasi, bro. Berikut ini ciri-ciri musik jazz yang harus lo tau, bro.

  • Dimainkan dengan improvisasi

Salah satu ciri utama musik jazz adalah improvisasi. Bahkan kalo lo menyadari nih, nggak jarang - jika seorang musisi jazz memainkan lagu yang sama dengan gaya yang sama pula berulang-ulang kali. 

Pasalnya, jazz sendiri memiliki ritme dan melodi yang cenderung improvisatif. Hal ini berkaitan dengan kebiasaan awal yang memang dimainkan secara improvisasi, dan juga bisa dimainkan secara solo, duet, maupun dalam skala besar.

  • Menggunakan instrumen khusus

Lo pastinya setuju kalo musik jazz memang berbeda dengan genre musik lainnya? Secara umum, karakteristik musik jazz, mempunyai instrumen khusus jazz yang biasa digunakan di antaranya terompet, saksofon, piano, gitar, biola, drum, dan gitar bass. Selain itu, vokal dan liriknya pun dianggap sebagai bagian dari instrumen sendiri. Ini juga menjadi salah satu ciri khas musik jazz yang gampang lo kenali bro.

  • Sinkopasi

Selain dimainkan dengan instrumen khusus, ciri lain dari musik jazz adalah memiliki nada dengan tempo yang tinggi atau sinkopasi. Kata sinkopasi (syncop) adalah penekanan atau aksentuasi pada not-not upbeat (not-not dengan ketukan lemah).

Banyak memakai teknik sinkopasi dengan instrumen piano untuk menunda ketukan nada dan tempo. Nada yang dihasilkan bakal membuat para pendengarnya gatal untuk menggerakkan kaki dan menari. Pastinya lo juga merasakan hal itu kan, bro?

  • Blue note

Blue note atau sering disamakan dengan nada musik blues. Nada yang dimainkan sedikit berbeda dari nada standar. Biasanya ada perubahan nada antara quarter tone dan semitone. Hal ini disebabkan karena musik jazz memang terbentuk awalnya dari genre musik blues.

  • Swing

Dan terakhir, ketika jazz dikenal sebagai musik yang mempersatukan orang kulit hitam di Amerika Serikat dengan iramanya yang agak cepat, sehingga swing menjadi antithesis dari musik jazz tersebut. Seperti yang disebutkan sebelumnya, keistimewaan musik jazz yakni iramanya bikin kaki lo pengen bergerak dan menari

Hal ini disebut juga dengan swing atau irama mendayu yang enak banget didengerin, apalagi buat para pecinta musik jazz sendiri. Hampir semua komposisinya didominasi dengan unsur swing yang menjadi kenikmatan dari musik ini, bro.

Musik jazz kini semakin mendunia. Kesan jazz yang dulunya rumit, sekarang hampir bisa dinikmati semua kalangan. Selain itu, jarang sekali musisi jazz memainkan lagu yang sama dua kali, sebab kreativitas tinggi yang mereka miliki menghasilkan komposisi jazz yang berbeda setiap saat.

Musiknya yang asik didengarkan, bikin pendengarnya menari mengikuti irama. Seperti biasa, musik selalu memiliki caranya sendiri untuk menyentuh kehidupan seseorang. Gimana, bro, sekarang udah tau kan bedanya musik jazz dengan musik yang lain? Kalo lo sendiri udah dengerin jazz belum hari ini?.

 

 

Featured image - Jazz letter

Setelah 12 Tahun, Kings of Convenience Ngasih Surprise Lagu Baru!

Sat, 08 May 2021
Kings of Convenience

Sejak awal mendengarkan lagu, apakah lo punya satu lagu yang selalu dikenang – iya kan? Sebagai penikmat musik, pastinya lo juga punya musisi atau band yang selalu jadi favorit lo kan?

Mungkin sekarang musisi atau band yang dulu lo suka dengerin udah nggak produksi lagu lagi dan alhasil lo dengerin lagu-lagu lawanya lagi dan lagi. Kalo kayak gini, lo pasti jadi kangen sama musisi atau band favorit lo itu nggak sih? Pasti lo pengen dong denger mereka punya lagu baru.

Baru-baru ini, duo folk asal Norwegia – Kings of Convenience mengumumkan bahwa mereka bakal kembali produktif bermusik dalam waktu dekat. Kembalinya duo ini diawali dengan merilis single baru.

Lagu baru yang ear-catchy dan jadi yang pertama setelah 2009 lalu pastinya bikin para penggemarnya. Penasaran kembalinya grup ini kayak apa? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Kembali Setelah 12 Tahun

Setelah terakhir mengeluarkan karyanya pada 2009 lalu, duo musik ini sebenarnya sudah membocorkan kalo mereka bakal kembali ke dunia musik sejak 2019 lalu. Kabar baik dari duo musik ini tentunya disambut baik oleh para penggemarnya.

Kabar burung ini beredar karena mereka sempat mengatakan bahwa akan menggarap album keempatnya. Namun saat merekam, mereka merasa kurang materi dan kurang sempurna pada proses produksinya. Akhrinya, mereka mencoba istirahat sejenak dan baru sempat melanjutkan proyek ini hingga dirilis pada 2021 ini.

Comeback dengan Lagu “Rocky Trail”

Kings of Convenience

Credit image – Kings of C on Twitter

Comeback ini ditandai dengan dirilisnya single baru mereka dengan tajuk “Rocky Trail”. Duo yang terdiri dari Erlend Øye dan Eirik Bøe ini kayaknya benar-benar serius akan kembali menjadi produktif dalam bermusik lagi.

Lagu yang ear-catchy ini emang jadi lagu yang worth it banget buat dinikmati setelah 12 tahun lamanya para penggemar nggak menikmati lagu baru dari mereka. Tapi yang menjadi fakta unik – lagu ini sebenarnya udah mereka rekam pada tahun 2016 lalu. Lalu akhirnya mereka memutuskan untuk merilis lagu “Rocky Trail” sebagai penanda comeback mereka di tahun 2021.

Menyapa Penggemar Kembali

Kings of Convenience

Credit image – Spotify

Sebagai musisi yang udah cukum lama vakum dari dunia musik, Kings of Convenience pastinya banyak dirindukan oleh banyak penikmat musik. Musisi yang terakhir kali meluncurkan karya mereka pada 2009 dengan album “Declaration of Dependence”.

Jadi album terakhir dalam vakumnya – dan berhenti berkarya selama 12 tahun, lagu “Rocky Trail” berhasil bikin para penggemarnya menghilangkan rasa kangennya.

Pada perilisan lagu ini – tepatnya 27 April 2021 kemarin, Kings of Convenience mengunggah pengumuman comeback-nya melalui jejaring Instagram bahwa mereka akan merilis lagu baru. Lagu baru ini juga bukan lagu yang satu-satunya dirilis untuk comeback-nya, melainkan jadi awal dari langkah baru mereka dalam bermusik.

Unggahan mereka pada instagram yang bertuliskan “Thanks for waiting, hope you will like it – Erlend and Erik“ ini berhasil membuat para penggemar nggak sabar menantikan lagu baru lainnya yang akan dirilis di tahun ini.

Penasaran nggak sih sama lagu-lagu baru yang bakal dirilis sama King of Convenience? Tungguin aja perilisan satu album comeback dari duo ini ya, bro!

 

Feature image – Rocky Trail