Gratis, Ini 5 Situs Musik untuk Soundtrack Video - MLDSPOT
  • Music News
  • Gratis, Ini 5 Situs Musik untuk Soundtrack Video

Gratis, Ini 5 Situs Musik untuk Soundtrack Video

Tue, 07 July 2020
Seseorang sedang mengedit video di laptop

Karena musik sangat berpengaruh dalam membangun mood di sebuah video, maka penting buat lo untuk memilih latar musik yang bagus. Apalagi sekarang banyak situs musik soundtrack dengan gratis biaya royalti, jadi lo nggak perlu membayar ijin penggunaan musiknya, membayar setiap video lo ditonton orang lain, atau setiap kali lo dapat keuntungan dari pemakaian soundtrack tersebut. Ini dia 5 situs musik untuk soundtrack video lo!

 

Music Vine

Tampilan situs Music Vine dengan sentuhan warna-warna pastel

Music Vine memiliki 160 musisi independen yang sudah menghasilkan lebih dari 2.500 background lagu yang lo bisa pakai. Ada macam-macam genre, mood, beat, pilihan jenis vocal, sampai panjang durasi yang bisa lo sesuaikan dengan kebutuhan lo.

Di dalam situs ini juga ada semacam playlist yang dibuat berdasarkan tema, genre, dan situasi tertentu. Di sini lo bisa banyak eksplorasi musik deh, Bro!

 

Filmstro

Tampilan situs Filmstro yang dinamis dengan tema warna kontras

Filmstro memiliki menu pencarian lagu dengan kategori yang lebih spesifik, mulai dari momentum dan ketukannya, depth dari instrumen-instrumen yang digunakan, hingga seberapa kuat energi dari background lagu yang lo butuhkan.

Selain itu, terdapat 65 kategori umum yang juga bisa lo eksplor. Basis kategori mulai dari mood, genre film tertentu, genre musik, serta kategori berdasarkan kelompok instrumen. Jadi ada banyak pilihan buat lo di sini.

 

Artlist

Tampilan situs Artlist dengan tone dark

Kalau lo anak indie, Artlist bisa jadi pilihan lo karena Artlist memang berkolaborasi langsung dengan beberapa musisi indie. Selain itu, beberapa musik yang bakal lo temukan disini akan terdengar nggak asing karena telah banyak dipakai oleh brand besar untuk garapan video mereka, beberapa di antaranya adalah National Geographic, Toyota, sampai Microsoft.

Ada berbagai jenis lagu dengan berbagai tema di sini. Artlist juga membuat beberapa playlist musik dari koleksi beberapa musisi terlaris mereka di situs itu.

 

Epidemic Sound

Tampilan situs Epidemic Sound yang dinamis dan terlihat seperti galeri

Epidemic Sound nggak hanya menampilkan track musik mereka di website-nya saja, tetapi juga di laman resmi social media mereka. Mulai dari video-video garapan mereka di Facebook sampai video mereka di YouTube ada di sana.

Epidemic Sound memiliki lebih dari 725 album musik yang bebas royalti. Kategori musiknya pun beragam. Lo bisa temukan kategori musik yang bertema Corporate sampai kategori musik latar bertema special occasion seperti kategori First Snow.

 

Soundstripe

Tampilan situs Soundstripe denga sentuhan elektro

Soundstripe berkolaborasi dengan lebih dari 80 musisi dan menyajikan musik dengan genre, tempo, instrumen, kunci nada, jenis vokal, hingga ketukan yang beragam. Ada lebih dari 50 playlist di sini yang juga bisa lo andalkan untuk mencari inspirasi soundtrack lagu. Selain itu, Soundstripe juga menyediakan 29 kategori efek suara yang mungkin lo perlukan selama video editing.

Experience yang ditawarkan Soundstripe sedikit terasa seperti Spotify. Lo bisa membuat akun sendiri, mengikuti musisi favorit lo di sana, memainkan dan membuat playlist sendiri di sana.

 

 

 

Sources: Hubspot, Wyzowl, Vidooly

 

Album Baru, Tahun Baru: Mocca Ngajak Lo Untuk Datang Ke Konser Virtualnya nih, Bro!

Thu, 07 January 2021
Album Baru Mocca Yang Mengharapkan Semangat dan Optimisme di Tahun baru, Kulik bareng yuk, bro!

Sangat disayangkan, ternyata di 2021 kita masih belum bisa menikmati music secara offline dan masih tetap menikmatinya cuma di depan layar lo atau dengan cara virtual. Banyak banget konser music tahunan di 2020 yang harus lo nikmati di rumah.

Selain konser, ada banyak juga musisi yang mencoba merilis album barunya ditengah keterbatasan yang ada. Memang nggak banyak hal yang bisa lo lakukan di rumah, tapi ada musisi yang emang lebih memilih untuk menjadi produktif dan menghadiahkan lagu baru untuk para penggemarnya selama berada dirumah.

Mocca, salah satu grup musik yang sudah 21 tahun berkarya ini salah satu musisi yang justru semakin produktif di tengah keterbatasan yang di alaminya ini, bro. Bertepatan dengan anniversary mereka ke 21 tahun atau tepatnya 11 November 2020 lalu, mereka merilis album baru yang bertajuk “Day By Day”, bro!

Selain melahirkan anak baru, kabarnya Mocca juga mau mengadakan konser virtual sebagai selebrasi album barunya nih. Dikemas seperti apa sih album baru Mocca ini, bro? Kita kulik bareng di artikel ini ya!

Album Yang Mencoba Membangun Harapan dan Optimisme

Nggak banyak orang yang bisa survive di masa-masa sulit ini, bro. Ada yang harus dirumahkan dari kerjanya, ada yang harus kehilangan anggota keluarganya, terpisah dari keluarga, dan banyak kejadian nggak mengenakan lainnya.

Untuk membangun semangat kita semua, di album Day By Day ini Mocca mencoba menghadirkan suasana yang membangun harapan dan optimisme bagi para pendengarnya – sesuai apa yang saat ini kita semua butuhkan, bro.

Nggak Cuma di Indonesia, Ternyata Juga Rilis di Negara Tetangga!

Album Baru Mocca Yang Mengharapkan Semangat dan Optimisme di Tahun baru, Kulik bareng yuk, bro!

Credit image – matamatamusik

Setelah dirilis di Indonesia saat perayaan hari jadinya yang ke 21 pada November 2020 lalu, Mocca juga merilis album ini di beberapa negara tetangga, bro – mengharumkan nama bangsa banget ya!

Nggak Cuma dirilis dalam bentuk digital aja, Mocca juga merilis album ini secara fisik dalam bentuk CD dengan jumlah terbatas – Cuma 500 copy, bro!

Dengan jumlah sedikit itu, Mocca mendsitribusikan album fisik ini ke beberapa negara besar tetangga – seperti Jepang, Taiwan, dan Korea Selatan. Nggak tanggung-tanggung, Mocca bahkan memproduksi salah satu lagu dalam bahas kepang, bro!

Keren banget, ya?

Selebrasi Walau Dibatasi

Album Baru Mocca Yang Mengharapkan Semangat dan Optimisme di Tahun baru, Kulik bareng yuk, bro!

Credit image – ijn news

Sebagai perayaan hari jadi dan perilisan album baru, Mocca bekerjasama dengan SOCA – salah satu start up Live Events dan Digital Arts untuk membuat konser virtual.

Selebrasi berjudul “Soca In Depth: Day By Day Virtual Concert” ini hadir dalam bentuk film pendek. Dalam film ini, para pendengar Mocca dapat menyaksikan penampilan dan experience dari album baru Mocca ke dalam satu cerita ini.

Selain itu, konser ini juga dilengkapi dengan teknologi 360-shot videography – dengan teknologi ini pastinya Mocca berharap para pendengarnya bisa merasakan experience seperti nonton secara offline. Mocca juga sudah mulai penjualan tiket konser ini dari 28 Desember, bro.

Dengan mencoba menghadirkan sensasi berbeda dari konser-konser virtual pada umumnya, Mocca mencoba menmpersiapkan konser yang tak terlupakan dan menyenangkan meskipun dengan keterbatasan – yah, cuma bisa lewat layar sih, tapi persiapan yang cukup matang ya, bro? sepertinya para MoccaFriends nggak akan kecewa untuk nonton konser ini, bro!

Baik penggemar Mocca atau bukan, sepertinya album baru ini bisa jadi penyemangat lo dalam memasuki tahun baru, bro. Jadi, siap untuk menyusun harapan baru di 2021, bro?

 

Feature image – cultura magazine