Bias Tugel, Pantai Pasir Putih Perawan di Bali Timur - MLDSPOT

Bias Tugel, Pantai Pasir Putih Perawan di Bali Timur

Siapa yang hobi liburan ke Bali? Bali dikenal karena spot-spot alam yang indah banget, terutama puluhan pantainya yang terkenal sampai mancanegara. Saking populernya, sekarang sulit banget menemukan pantai Bali yang masih sepi dan bersih.

Tapi, di bagian Timur Bali ada satu pantai perawan yang nggak banyak diketahui orang dan masih sangat terjaga kebersihannya. Pantai ini bernama Bias Tugel. Cek langsung yuk, betapa cantiknya pantai hidden gem ini!

 

Perjalanan yang Memanjakan Mata

Ombak yang besar dan air biru jernih menjadi daya tarik tersendiri

Terletak di dekat area Pelabuhan Padang Bai, Pantai Bias Tugel bisa dijangkau dengan perjalanan darat selama kurang lebih satu setengah jam dari Kota Denpasar. Bagi lo yang sudah pernah menyeberang ke Kepulauan Gili atau Lombok, pasti nggak asing dengan Pelabuhan Padang Bai ini.

Meski agak memakan waktu, dijamin perjalanan lo nggak akan bosan, Bro! Akses jalannya yang cenderung rata dan sudah beraspal membuat pantai ini bisa dengan mudah dijangkau menggunakan mobil ataupun motor. Di perjalanan, lo juga bisa mampir di warung-warung pinggiran yang menjajakan kuliner khas Bali.

Pemandangan di sekeliling jalan yang didominasi oleh hamparan sawah dan pantai yang membujur sepanjang perjalanan sangat memanjakan mata. Perjalanan jadi nggak berasa! Jika lo sudah menemukan Pelabuhan Padang Bai, artinya Pantai Bias Tugel hanya berjarak satu kilometer lagi.

 

Salah Satu Hidden Beach Paling Indah di Bali

Atraksi waterblow yang indah di karang pantai

Sebelum sampai ke pintu masuk pantai, lo akan menemukan papan-papan petunjuk jalan yang mengarahkan lo ke pantai ini. Lo hanya perlu mengikuti arah tersebut hingga sampai ke satu jalan buntu dengan pos di ujung jalan yang bertuliskan ‘Pantai Bias Tugel’. Pengunjung yang membawa motor atau mobil hanya bisa parkir sampai sini, Bro.

Pintu masuk ini biasanya dijaga oleh beberapa orang. Bagi lo yang punya jiwa petualang, para Bli di sini biasanya menawarkan pengalaman snorkeling di beberapa spot bawah laut di sekitar Pelabuhan Padang Bai. Daerah ini memang sudah terkenal dengan keindahan bawah laut beserta biotanya. Kalau tertarik, lo akan dibawa menggunakan speedboat menuju tempat-tempat ini. Cocok dicoba kalau lo punya waktu dan budget lebih saat di Bali.

Salah satu pengelola Pantai Bias Tugel adalah Bli Nyoman yang ramah banget menyapa pengunjung. Bli Nyoman menjadi pengelola sejak pantai Bias Tugel pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 2016 lalu. Harga tiket masuknya pun terjangkau banget! Warga lokal dikenakan sebesar Rp5.000 dan Rp10.000 untuk warga asing.

Nggak terlalu luas, seluruh bagian pantai dapat dijangkau dengan mudah

Meskipun dikatakan sebagai salah satu pantai rahasia yang masih terjaga kebersihannya, nggak sulit untuk menaklukan trek agar bisa sampai ke pantainya. Lo hanya perlu menuruni sekitar 50 anak tangga untuk sampai ke sebuah tembok besar yang dibuka sebagai akses ke pantai.

Perjalanan dilanjutkan dengan trekking selama 7-10 menit menyusuri jalan setapak yang masih dipenuhi dengan pohon rindang dan tumbuhan. Buat para pencinta alam, trekking dengan jalan menanjak dan landai nggak akan jadi masalah. Meskipun begitu, lo tetap perlu berhati-hati karena tanahnya yang masih licin.

Trekking singkat ini terbayarkan dengan suara deburan ombak yang menandakan kalau sebentar lagi lo akan sampai di Pantai Bias Tugel. Lo masih perlu menuruni beberapa bebatuan yang cukup curam untuk sampai ke bawah. Begitu sampai, lo akan disuguhi dengan pemandangan jejeran batu karang hitam yang terletak di pinggir pantai serta rangkaian water blow yang keren.

Sesuai dengan namanya, Bias Tugel berarti pantai yang pasirnya terpotong. Karena pantai ini nggak terlalu luas, lo bisa dengan puas mengeksplor seluruh bagian pantai. Air berwarna biru jernih dengan deburan ombak yang tinggi cocok banget buat lo yang ngaku anak pantai dan doyan surfing. Benar-benar surga banget menemukan pantai perawan secantik ini!

Deretan warung yang menyajikan hidangan dengan harga terjangkau

Wisatawan yang nggak terlalu ramai membuat kealamian dan kebersihan Pantai Bias Tugel sangat terjaga. Saking rahasianya, lo bisa menghitung wisatawan yang datang. Biasanya mereka datang untuk sekadar tanning, membaca buku hingga berenang. Jika tujuan lo adalah untuk chill sejenak, lo bisa menyewa daybed yang disewakan seharga Rp50.000.

Perut rasanya mulai keroncongan? Jangan khawatir! Jejeran warung pinggir pantai siap menyajikan makanan yang nggak kalah enaknya dari beach club bintang 5 di Bali. Aneka menu mie instan hingga menu western seperti pasta dan sandwich tersedia di kedai-kedai ini. Harganya pun terjangkau banget, Bro! Lo cukup membayar sekitar Rp50.000 untuk satu menu makanan dan sebotol bir dingin. Seger!

 

Tips Menikmati Pantai Bias Tugel

Pemandangan pinggir pantai dengan jejeran kedai

Ada beberapa tips buat lo yang ingin merasakan indahnya Pantai Bias Tugel nih, Bro! Usahakan untuk berangkat lebih pagi. Selain karena udara yang masih segar, perjalanan ke pantai ini cukup memakan waktu. Nggak pengen terburu-buru dan menikmati keindahan pantai setengah-setengah, kan?

Kedua, cari waktu yang pas. Bulan Maret hingga Mei bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain karena cuaca yang cerah dan curah hujan rendah, nggak banyak wisatawan yang datang di bulan-bulan tersebut. Trek menuju ke pantai cukup licin, jadi usahakan buat nggak mengunjunginya saat musim hujan.

Ketiga, be prepared dan keep it safe! Sediakan kebutuhan esensial yang lo perlukan, seperti sunscreen, kacamata penangkal sinar UV, dan tentunya kamera. Jika lo memutuskan untuk berenang di pantai atau snorkeling, ketahui batas kemampuan lo dan selalu ikuti arahan dari guide.

Yuk, berangkat!