Trending
Jumat, 21 April 2017

Canggihnya “Self-Balancing” Motor Honda

  • Share
  • fb-share
Canggihnya “Self-Balancing” Motor Honda

Teknologi di bidang otomotif lahir untuk memberi kemudahan dan keamanan bagi pengguna. Setelah teknologi motor matic sukses memanjakan biker, kini ada lagi teknologi yang lebih asyik. Teknologi yang memungkinkan siapa pun bisa mengendarai sepeda motor tanpa takut terjatuh.

Yes, baru-baru ini Honda meluncurkan sepeda motor dengan konsep self-balancing. Fitur yang pertama kali dikenalkan pada pameran Consumer Electronics Show 2017 (CES) di Las Vegas itu diberi nama “Honda Riding Assist”. Teknologi ini bisa menjaga sepeda motor tetap berdiri tegak, pada kecepatan yang lambat.

Mengutip Motorcycle.com,  fitur terbaru dari Honda ini mengadopsi teknologi robotik yang bisa membantu sepeda motor mencapai titik keseimbangan tanpa menggunakan standar. Berbeda dengan self balancing lainnya, Honda Riding Assist ini tidak menggunakan sensor giroskop melainkan sistem khusus  yang mengatur maju mundur maupun kanan kiri seperti manusia menyeimbangkan motor.

Teknologi ini akan mengontrol gagang kemudi secara elektronik pada kecepatan rendah. Dengan mekanisme tertentu yang diletakkan di bawah lampu utama, sistem akan mengubah sudut rake. Sehingga trail pada roda depan menjadi negatif. Hasilnya, sepeda motor akan tetap balance dan tegak saat bergerak perlahan. Bahkan tanpa pengemudi.

Honda Riding Assist sebenarnya merupakan evolusi dari sistem yang digunakan di Honda UNI-CUB. Namun teknologi baru ini disematkan terpisah pada bagian ujung depan sepeda motor. Sehingga Honda mengklaim, kalau sistem Honda Riding Assist secara teoritis dapat dipasang pada setiap model sepeda motor Honda yang sudah ada di pasaran saat ini.

"Aplikasi ini ditujukan memberikan kenyamanan pengendara, terutama untuk membantu biker baru, di mana dengan kecepatan rendah mereka bisa seimbang. Kami juga berpikir untuk mengaplikasikan teknologi ini pada sepeda motor besar seperti Gold Wing," ujar Tony Defranze, juru bicara Honda.

Aplikasi paling sederhana dalam kehidupan kita sehari-hari nih Urbaners, dengan Honda Ride Assist pengendara dapat beristirahat di atas sepeda motor tanpa harus menyeimbangkannya. Atau pada saat lampu merah, pengendara juga tidak perlu menurunkan kaki demi menjaga keseimbangan sepeda motor. Tonton aja videonya, keren kan.

 

 

Source: Motorcycle.com kompas.com

Comments
Aldi hidayat
Wah keren abis
Agung Sutrisno
Honda Riding Assist sebenarnya merupakan evolusi dari sistem yang digunakan di Honda UNI-CUB