• Food
  • Gloomy Sunday Bar Bandung: Cocktail, Jazz and Fun Jadi Satu!

Gloomy Sunday Bar Bandung: Cocktail, Jazz and Fun Jadi Satu!

Mon, 14 September 2020
Gloomy Sunday jadi speakeasy bar yang pas banget buat santai sambil cari inspirasi

Selera anak-anak muda sekarang ini kalau ke bar mungkin tidak jauh dari rasa ingin melepaskan penat karena rutinitas, minum ringan, dan have fun bersama teman-teman dengan menikmati musik yang ada.

Tapi ada juga anak-anak muda yang ke bar, tapi ingin suasana santai, menikmati lagu yang bukan ajojing. Sayangnya jarang ada kondisi bar yang kondusif untuk selera anak muda seperti itu. Alhasil mereka ke bar tapi tidak sesuai dengan keinginannya.

Mungkin menjawab dari keresahan seperti itu, di Bandung, terdapat sebuah bar yang mengusung tema serta konsep cukup jauh berbeda dari bar-bar progressive lainnya. Jika bar lain menjadi saksi bisu di mana lo bisa teriak menyanyikan lagu kesukaan sembari pegang minuman, bar yang satu ini bisa lo buat untuk bersantai melepas penat sembari mencari inspirasi buat karya apa lagi yang bakal lo hasilkan.

Eits, lo pasti sudah penasaran ya sama bar yang dimaksud? Tenang, daripada lo menebak-nebak sendiri bar seperti apa yang akan dibahas, buat mengetahui selengkapnya, sila simak bahasan kali ini sampai habis, ya!

 

Speakeasy Bar di Bandung: Gloomy Sunday

hedi rusdian - gloomy sunday jadi speakeasy bar buat santai

Credit Image: whatsnewindonesia.com

Dari namanya saja, mungkin lo sudah terbayang bagaimana private dan intimate nya bar yang satu ini. Dari namanya juga, terkesan lo sudah pasti bisa bersantai di sana, menikmati cocktail ringan, ngobrol santai dengan yang ada di sana, dan lo bisa mendengarkan musik dengan beat relaks.

Segala persona yang sudah disebutkan di atas – semuanya benar bisa lo dapat di Gloomy Sunday. Segala persona yang ada di atas jelas berdasarkan dari konsepnya yang cukup kuat: speakeasy bar. Di sini lo benar-benar bisa santai dan melepas penat dengan tenang.

Buat lo yang sudah penasaran, tentu lo mau tahu bar ini ada di mana. Tenang, dengan menyusuri Jalan Anggrek No. 34, Merdeka – Bandung, Jawa Barat, lo bakal ketemu dengan bar ini. Eits? Kalau ada yang sudah mencoba ke sana, jelas tidak semudah itu buat menemukan bar ini, kan?

Hal ini terkait dengan konsep speakeasy bar tadi di mana mungkin memang bar ini dibuat untuk tidak diketahui banyak orang karena memang konsepnya yang menjaga privasi para tamu yang berdatangan.

Dari depan pintu masuknya, tidak ada papan atau penanda dengan nama Gloomy Sunday. Cukup sulit kan buat menemukannya kalau begitu? Tapi tenang, Gloomy Sunday satu Gedung dengan kafe Cultivar. Lo bisa tanya dengan pegawai sekitar atau tukang parkir buat memastikannya.

 

Suasana Eksklusif, Intim, dan Hangat

hedi rusdian - gloomy sunday jadi speakeasy bar buat santai

Credit Image: blancoparmandif.com

Begitu lo masuk ke dalam bar ini, tiga persona di atas bisa lo rasakan semua. Beberapa kursi lengkap dengan meja kayu tua yang tertata rapi, beberapa elemen interior dari kayu, batu marmer dengan warna kuning dan merah, dan tipis-tipis alunan musik jazz, bisa lo rasakan begitu masuk bar ini.

Pencahayaan yang redup, Gloomy Sunday jadi tempat yang cukup nyaman buat lo yang ingin melepas penat dengan privat serta intim. Kenyamanan ini juga bisa lo lihat dari tamu-tamu yang ada. Mereka berbicara santai sembari menikmati cocktail yang ada.

Bicara soal cocktail, Gloomy Sunday adalah salah satu bar yang mengusung konsep menikmati minuman yang bisa lo personalisasikan lagi dengan selera yang ada. Sembari ngobrol dengan bartender atau mixologist-nya, lo bisa mendapatkan minuman yang lo inginkan.

Campuran whiskey, beberapa sirup buah, aroma kayu manis dan cengkeh – jadi beberapa bahan yang favorit dan populer di antara tamu-tamu dari Gloomy Sunday. Tapi tidak hanya bahan-bahan itu saja yang ada, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, lo bisa menikmati minuman sesuai dengan selera, nih.

Dari selera masing-masing, mencari inspirasi memang terkadang membutuhkan tempat-tempat yang mengusung tema intimate dan eksklusif. Kalau selera lo begitu juga, Gloomy Sunday jadi pilihan yang tepat buat lo datangi.

Pertanyaan selanjutnya, kapan nih bro mau gas bareng?

 

Feature Image: insitu.id

Buat Lo yang Punya Coffee Shop Pastikan Lo Tahu Apa Itu Cupping

Fri, 25 September 2020
Ini alasan kenapa lo mesti melakukan coffee cupping untuk kedai kopi lo

Buat lo yang lagi merintis bisnis kedai kopi, ada banyak hal yang mesti lo perhatikan, termasuk dari menjaga kualitas minuman kopi yang akan lo sajikan. Oleh karena itu, lo mesti melakukan cupping sebelum membuka toko, buat mengetahui seberapa jauh kualitas yang akan lo tawarkan.

Coffee cupping atau disebut juga dengan istilah coffee tasting adalah kegiatan yang wajib lo jalankan sebelum menawarkan minuman kopi lo kepada para konsumen. Tapi sebelum jauh membahas soal cupping, apakah lo sudah tahu apa itu coffee cupping?

Siapapun bisa melakukan coffee cupping. Hal ini dikarenakan oleh prosesnya yang bisa lo lakukan sendiri. Secara singkat, mencicipi kopi ini menggunakan dua dari panca indera lo. Pertama adalah hidung untuk mengetahui seberapa bagus aromanya.

Kedua adalah dengan mencicipinya, dalam artian mencoba dengan indera perasa lo atau lidah. Sebenarnya, apa sih tujuan dari dilakukannya coffee cupping ini? Jika ditelisik dari tujuannya, coffee cupping bisa mengetahui bagaimana karakteristik kopi yang lo punya.

Seperti tingkat keasaman dari kopi tersebut atau acidity, sweetness, bittersweet, sampai ke rasa saltiness – deretan karakteristik tersebut akan jadi acuan tersendiri buat lo menawarkan minuman kopi yang ada di kedai.

Terlebih, jika lo mempunyai jenis minuman kopi yang bervariasi seperti cappuccino, atau mochacinno dan sebagainya lagi – jenis-jenis kopi tersebut mesti benar-benar lo ketahui karakteristiknya sehingga jenis minuman yang akan lo buat akan sesuai dengan rasa terbaiknya.

Kelihatannya seru ya melakukan coffee cupping? Selain seru, kalau lo adalah salah satu dari pemilik kedai kopi yang ada, proses ini justru termasuk ke salah satu cara untuk mengetahui kualitas dari kopi-kopi yang lo punya.

 

Lalu Bagaimana Proses Cupping Bisa Berjalan?

Ini alasan kenapa lo mesti melakukan coffee cupping untuk kedai kopi lo

Credit Image: chicagotribune.com

Hal pertama yang akan disiapkan adalah menggiling berbagai jenis biji kopi yang lo punya terlebih dahulu. Misalnya, lo punya 10 jenis biji kopi spesialti yang berbeda-beda. 10 jenis tersebut digiling masing-masing untuk satu cup saja.

Jadi kurang lebih satu cup memerlukan 12 gram bubuk kopi. Untuk menyeduhnya, sebaiknya lo menggunakan teknik tubruk, yaitu bubuk kopi yang ada langsung diseduh menggunakan air mendidih bersuhu 100 derajat.

Mengapa harus air mendidih seperti itu? Perlu lo ketahui bro kalau kopi yang diseduh dengan air panas seperti itu, dinilai bisa mengeluarkan secara maksimal cita rasa yang ada di dalamnya. Apakah langsung dicoba begitu saja?

Ya nggak dong bro. Setelah semua jenis kopi sudah diseduh dalam cangkir masing-masing. Langkah selanjutnya adalah mendiamkan sejenak agar kopi berekstrasi secara alami selama 4 menit. Setelah 4 menit dan suhu di dalam cangkir tersebut dinilai aman untuk di minum, barulah proses cupping dimulai.

 

Ini alasan kenapa lo mesti melakukan coffee cupping untuk kedai kopi lo

Credit Image: europeancoffeetrip.com

Mereka para cupper – sebutan untuk mereka yang mempunyai palet rasa kopi yang luas, akan memeriksa karakteristik dari kopi yang diseduh tersebut. Mereka menggunakan sendok untuk mengambil kopinya, lalu menyeruputnya dengan agresif.

Maka dari itu, terlihat para cupper hampir seperti tersedak karena kurang lebih mereka menembakan kopi tersebut sampai ke langit-langit mulutnya agar benar-benar bisa merasakan cita rasa dan karakteristik yang sebenarnya dari kopi itu.

Jika sudah, semua taste dari kopi yang sudah mereka cicipi, akan dicatat kelebihan dan kekurangannya. Di langkah yang seperti inilah lo akan mengetahui apakah kopi yang lo punya itu bagus atau tidak – atau mempunyai karakteristik tersendiri.

Coffee cupping cocok lo lakukan saat pagi hari sebelum kedai dibuka. Ingat, proses ini untuk mengetahui bagaimana deretan kopi yang lo miliki kualitasnya seperti apa. Jadi pastikan melakukan coffee cupping agar lo tahu sudah sejauh mana kualitas yang lo tawarkan untuk para konsumen.

Wah bagaimana nih bro? Sudah cukup jelaskan dari penjelasan singkat tentang coffee cupping? Jika iya, lo bisa mencobanya nih sekarang!

 

Feature Image – perfectdailygrind.com