• Food
  • Deretan Resep Masakan Kilat yang Bisa Lo Coba Sekarang Juga!

Deretan Resep Masakan Kilat yang Bisa Lo Coba Sekarang Juga!

Mon, 14 September 2020
resep makanan gampang buatnya

Cukup mengejutkan kalau pihak-pihak terkait yang berusaha menyelesaikan pandemi ini beberapa waktu lalu membuat keputusan kalau Pembatasan Sosial Berskala Besar kembali dilakukan dan diterapkan. Welcome to PSBB Part 2.

Beberapa regulasi lainnya yang terkait dengan PSBB ini diprediksi juga akan aktif lagi. Misalnya himbauan untuk bekerja dari rumah atau WFH yang dianjurkan untuk para pegawai kantoran. Walau seperti ini lagi, tapi jelas nggak menghalangi lo buat tetap produktif, ya!

Ada hal seru yang bisa lo lakukan dari rumah selain menyelesaikan pekerjaan rutinitas dari kantor. Jika jam kerja sudah selesai dan lo bisa benar-benar tenang di rumah, lo bisa melakukan hal yang satu ini. Apa hal tersebut? Memasak!

Percaya atau nggak, memasak adalah kegiatan yang bisa memacu kekreativitasan yang ada di dalam diri lo nih! Terlebih jika lo dituntut untuk memasak dengan bahan-bahan sederhana dan yang ada saja di rumah.

Jelas lo dituntut untuk jadi kreatif untuk menyajikan makanan yang enak dan berpenampilan menarik. Oh iya bro! Terkait sama hal ini, @MLDSPOT ngajak lo buat ikutan video kompetisi yang bakal digelar sebentar lagi. Tentang apa nih? Apa berhubungan dengan memasak?

 

mldspot homecooking

Benar sekali! @MLDSPOT dengan #MLDSPOTNEWNORMALHOMECOOKINGngajak lo buat bikin konten video yang menceritakan hal seru saat lo memasak di rumah. Cerita seperti apa nih yang mungkin menarik hati para juri?

Bisa cerita tentang apapun, misalnya – cerita di mana lo harus memasak di jam 10 malam dan bahan makanannya terbatas, tapi lo tetap bisa bikin makanan yang enak dan mengenyangkan. Atau misalnya lo mesti menyiapkan cemilan atau makanan saat gebetan lo main ke rumah, wah pasti banyak sih cerita seru yang bisa lo rekam, dan submit ke #MLDSPOTNEWNORMALHOMECOOKING.

Tapi sabar, akan ada waktunya buat mengumumkan video kompetisi ini akan digelar. Makanya stay up to date di @MLDSPOT ya! Soal hadiah? Jangan ditanya! Bakal banyak hadiah menarik yang bisa lo menangin sampai voucher blibli.com bernilai JUTAAN RUPIAH!

Nah, ngobrolin soal masak-memasak, ada banyak resep makanan yang bisa lo coba. Tapi hanya beberapa resep yang gampang dan hasilnya enak mirip dengan buatan restoran. Beberapa resep ini bakal gue kasih tahu di bahasan kali ini. Penasaran? Sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Fettucini Carbonara Ala Kadarnya Aja

resep makan gampang buatnya

Credit Image: herstory.co.id

Kalau mau bikin yang ala resto, ya memang butuh bahan-bahan premium, nih. Tapi kalau mau memanfaatkan bahan yang ada saja, lo bisa dapat bahan-bahannya di convenience store dekat rumah.

Mungkin tambahannya adalah baso-sosis yang bisa jadi pelengkap Fettucini lo. Masaknya juga gampang banget. Lo bisa rebus dulu si fettucini-nya sampai al dente sekitar 10-15 menit saja, terus tumis baso dan sosis sama bawang bombai dan bumbu-bumbu pelengkapnya.

Setelah itu, masukan tumisan tersebut ke rebusan pasta, masukan keju parmesan di parut lalu aduk sampai mengental dan matang. Kurang lebih 5 menit lagi, baru deh bisa lo sajikan selagi hangat!

 

Sushi Ala-Ala (Lagi)

resep makan gampang buatnya

Credit Image: shutterstock.com

Cukup effort kalau lo mau makan sushi di restoran-restoran di luar rumah. Kalau mau buat sendiri, cukup mudah kok buat dikerjain. Lo tinggal sediakan tuna kalengan, nasi hangat dan nori atau rumput laut kering.

Caranya, lo tumis dulu tuna kalengan tersebut lengkap dengan bumbu penyedapnya, sembari itu lo bisa siapkan nasi hangat, berikan garam lalu aduk-aduk. Jika tumisan tuna sudah matang, lalu sisihkan. Sekarang lo bisa siapkan nori, taruh tumisan tuna di atasnya, lapisi lagi dengan nasinya, lalu gulung! Sudah digulung, barulah lo potong-potong sesuai selera! Jadi, bro!

 

Ramen Kuah Susu

Kalau nggak ada ramen instan, lo bisa ganti ini dengan mie instan yang lain. Menu yang satu ini lebih mudah lagi, bro. Lo bisa masak seperti layaknya memasak mie instan pada umumnya. Bedanya, lo bisa tambahkan margarin cair serta susu sebagai pelengkapnya.

Soal rasa? Jangan ditanya, pasti gurih bukan main! Wah bagaimana nih bro? Dari deretan menu simple dan cepat serta gampang dibuat ini, yang mana dulu nih yang mau lo coba?

 

Feature Image - pinterest

Buat Lo yang Punya Coffee Shop Pastikan Lo Tahu Apa Itu Cupping

Fri, 25 September 2020
Ini alasan kenapa lo mesti melakukan coffee cupping untuk kedai kopi lo

Buat lo yang lagi merintis bisnis kedai kopi, ada banyak hal yang mesti lo perhatikan, termasuk dari menjaga kualitas minuman kopi yang akan lo sajikan. Oleh karena itu, lo mesti melakukan cupping sebelum membuka toko, buat mengetahui seberapa jauh kualitas yang akan lo tawarkan.

Coffee cupping atau disebut juga dengan istilah coffee tasting adalah kegiatan yang wajib lo jalankan sebelum menawarkan minuman kopi lo kepada para konsumen. Tapi sebelum jauh membahas soal cupping, apakah lo sudah tahu apa itu coffee cupping?

Siapapun bisa melakukan coffee cupping. Hal ini dikarenakan oleh prosesnya yang bisa lo lakukan sendiri. Secara singkat, mencicipi kopi ini menggunakan dua dari panca indera lo. Pertama adalah hidung untuk mengetahui seberapa bagus aromanya.

Kedua adalah dengan mencicipinya, dalam artian mencoba dengan indera perasa lo atau lidah. Sebenarnya, apa sih tujuan dari dilakukannya coffee cupping ini? Jika ditelisik dari tujuannya, coffee cupping bisa mengetahui bagaimana karakteristik kopi yang lo punya.

Seperti tingkat keasaman dari kopi tersebut atau acidity, sweetness, bittersweet, sampai ke rasa saltiness – deretan karakteristik tersebut akan jadi acuan tersendiri buat lo menawarkan minuman kopi yang ada di kedai.

Terlebih, jika lo mempunyai jenis minuman kopi yang bervariasi seperti cappuccino, atau mochacinno dan sebagainya lagi – jenis-jenis kopi tersebut mesti benar-benar lo ketahui karakteristiknya sehingga jenis minuman yang akan lo buat akan sesuai dengan rasa terbaiknya.

Kelihatannya seru ya melakukan coffee cupping? Selain seru, kalau lo adalah salah satu dari pemilik kedai kopi yang ada, proses ini justru termasuk ke salah satu cara untuk mengetahui kualitas dari kopi-kopi yang lo punya.

 

Lalu Bagaimana Proses Cupping Bisa Berjalan?

Ini alasan kenapa lo mesti melakukan coffee cupping untuk kedai kopi lo

Credit Image: chicagotribune.com

Hal pertama yang akan disiapkan adalah menggiling berbagai jenis biji kopi yang lo punya terlebih dahulu. Misalnya, lo punya 10 jenis biji kopi spesialti yang berbeda-beda. 10 jenis tersebut digiling masing-masing untuk satu cup saja.

Jadi kurang lebih satu cup memerlukan 12 gram bubuk kopi. Untuk menyeduhnya, sebaiknya lo menggunakan teknik tubruk, yaitu bubuk kopi yang ada langsung diseduh menggunakan air mendidih bersuhu 100 derajat.

Mengapa harus air mendidih seperti itu? Perlu lo ketahui bro kalau kopi yang diseduh dengan air panas seperti itu, dinilai bisa mengeluarkan secara maksimal cita rasa yang ada di dalamnya. Apakah langsung dicoba begitu saja?

Ya nggak dong bro. Setelah semua jenis kopi sudah diseduh dalam cangkir masing-masing. Langkah selanjutnya adalah mendiamkan sejenak agar kopi berekstrasi secara alami selama 4 menit. Setelah 4 menit dan suhu di dalam cangkir tersebut dinilai aman untuk di minum, barulah proses cupping dimulai.

 

Ini alasan kenapa lo mesti melakukan coffee cupping untuk kedai kopi lo

Credit Image: europeancoffeetrip.com

Mereka para cupper – sebutan untuk mereka yang mempunyai palet rasa kopi yang luas, akan memeriksa karakteristik dari kopi yang diseduh tersebut. Mereka menggunakan sendok untuk mengambil kopinya, lalu menyeruputnya dengan agresif.

Maka dari itu, terlihat para cupper hampir seperti tersedak karena kurang lebih mereka menembakan kopi tersebut sampai ke langit-langit mulutnya agar benar-benar bisa merasakan cita rasa dan karakteristik yang sebenarnya dari kopi itu.

Jika sudah, semua taste dari kopi yang sudah mereka cicipi, akan dicatat kelebihan dan kekurangannya. Di langkah yang seperti inilah lo akan mengetahui apakah kopi yang lo punya itu bagus atau tidak – atau mempunyai karakteristik tersendiri.

Coffee cupping cocok lo lakukan saat pagi hari sebelum kedai dibuka. Ingat, proses ini untuk mengetahui bagaimana deretan kopi yang lo miliki kualitasnya seperti apa. Jadi pastikan melakukan coffee cupping agar lo tahu sudah sejauh mana kualitas yang lo tawarkan untuk para konsumen.

Wah bagaimana nih bro? Sudah cukup jelaskan dari penjelasan singkat tentang coffee cupping? Jika iya, lo bisa mencobanya nih sekarang!

 

Feature Image – perfectdailygrind.com