Tips Bergaya di Hari Raya: Bukan Cuma Masalah Outfit Aja, Bro! - MLDSPOT
  • Buzz
  • Tips Bergaya di Hari Raya: Bukan Cuma Masalah Outfit Aja, Bro!

Tips Bergaya di Hari Raya: Bukan Cuma Masalah Outfit Aja, Bro!

Tue, 04 May 2021
Foto Kekinian

Tanpa lo sadari, hari raya bakal datang sebentar lagi. Nah apa aja nih yang udah lo persiapkan buat menyambut hari istimewa itu?

Pastinya lo pengen pake baju terbaik biar terlihat makin kece ketemu orang yang udah lama nggak lo temuin kan, bro? Selain pake baju terbaik, beberapa tahun ke belakang ada tradisi baru dalam menyambut hari raya nih – yaitu silaturahmi sama temen-temen di media sosial dengan upload foto!

Biar nggak keliatan sama dari tahun ke tahun, selain baju lo juga perlu memperbarui gaya pas berfoto dong. Dengan gaya yang tepat, baju yang lo gunakan juga akan jadi terlihat menarik. Kalo lo bingung mau gaya kayak gimana lagi, tenang!

MLDSPOT udah nyiapin rekomendasi gaya yang bisa lo pake biar terlihat kece. Langsung aja simak ulasannya di bawah ini!

Gaya bukan Cuma Outfit aja, Bro!

Buat keliatan kece di hari raya emang outfit jadi hal yang wajib banget buat terlihat rapi. Setelah kelihatan rapi, pastinya lo perlu aksesoris lain biar terlihat makin keren. Hal ini bisa lo tambahkan pastinya dengan pake gelang, kalung, atau bahkan topi. Nggak juga bawa tas – biar lo bisa naro amplop!

Selain itu, lo juga perlu membawa hp dengan kamera yang ciamik – atau bahkan kamera untuk mengabadikan momen yang hanya datang setahun sekali ini. Setiap tahunnya – hari raya pasti bakal jadi waktu yang memorable deh, bro!

Abadikan dengan Pose Keren

Foto Kekinian

Credit image - Sunny 16

Setelah pake outfit yang all-out, buat mengabadikannya lo nggak mau asal-asalan kan? Biar makin keliatan all-out, lo juga harus berposet dengan gaya yang tepat!

Gaya basic yang biasa digunakan adalah memasukan tangan ke dalam kantong atau menyilangkan tangan ke dada. Man, that’s so old – lo butuh upgrade, bro!

Gaya yang bisa lo coba pertama adalah dengan memainkan posisi ketika lagi duduk. Seperti duduk dengan menyandarkan siku di atas paha – lalu mengambil angle yang sedikit lebih rendah dari eye level. Dengan pose duduk ini, foto yang lo ambil hasilnya pasti nggak keliatan monoton.

Pose foto lain yang bisa lo coba adalah dengan menyilangkan kaki ketika duduk. Dengan pose ini, lo bisa menciptakan gaya yang menarik dengan angle yang berbeda. Pose ini juga akan lebih maksimal kalo lo menggunakan properti yang ada di sekitar – seperti pura-pura baca, pura-pura pegang sesuatu, dan lain-lain deh!

Mainkan Pose dengan Properti!

Foto Kekinian

Credit image - Photography Talk

Seperti yang udah di sebutkan di atas – pose dengan menggunakan properti pasti akan terlihat lebih nggak bikin bosan dan cenderung bikin foto nggak terlihat monoton. Pastinya pose dengan properti juga bikin foto jadi lebih hidup.

Pose pertama setelah duduk dengan menyilangkan kaki dengan menggunakan properti adalah pose yang simpel kalo lo lagi pake jaket, jas, atau tas yang bisa di arahkan ke belakang. Pose dengan memegang barang ke belakang punggung ini bisa menciptakan foto yang membuat lo terlihat berkharisma, loh!

Kalo lagi hari raya, rumah lo pasti akan dibenahi dengan sedemikian rupa sehingga terlihat menarik kan? Itu tandanya lo bakal punya banyak spot foto baru!

Spot foto baru ini bisa lo manfaatkan dengan menggunakan properti yang ada di sekitarnya. Dengan menggunakan benda sebagai properti, foto lo akan terlihat lebih story telling. Dengan cerita, foto pastinya juga punya makna sendiri. Pokoknya, mengabadikan momen dengan cerita di dalamnya pasti akan lebih diingat deh!

Jadi – untuk menyambut hari raya, gear bergaya apa yang udah lo siapin nih, bro?

Meskipun banyak hacks yang bisa lo ikuti ketika bergaya di hari raya nanti, sebenarnya ada satu basic hacks dalam berfoto yang harus lo ingat – jangan kaku ya!

 

Feature image - Photoblog

Portrait Photography Hacks: 7 Tips Ini Bikin Lo Bisa Punya Studio Mini Sendiri!

Fri, 07 May 2021
Portrait Photography

Setiap memotret tentunya lo menginginkan hasil yang sempurna kan, bro? Supaya dapat gambar yang bagus memang diperlukan trik khusus dan peralatan mendukung. Jika sewa jasa fotografer atau membeli perlengkapan memotret, lo harus mengeluarkan biaya mahal. But, don’t lose your hope!  Lo bisa cobain bikin studio mini di rumah.

Studio mini buatan sendiri nggak perlu modal besar, bro. Tanpa harus membeli lighting atau peralatan lainnya lo udah bisa menghasilkan jepretan yang kece. Penasaran gimana cara membuat studio mini? Yuk simak artikel MLDSPOT kali ini!

Manfaatkan Cahaya Alami

Portrait Photography

Credit image - skylum.com

Buat menghasilkan gambar yang bagus memang diperlukan lighting yang mendukung. Coba manfaatkan cahaya alami deh, bro. Cahaya alami bisa menjadi sumber cahaya terbaik untuk fotografi produk.

Selain nggak perlu bayar, ketersediaannya juga nggak terbatas. Lo bisa gunakan kaca jendela yang buram untuk menyebarkan tekstur cahaya dan menciptakan kesan lembut. Selain itu, pakai tirai putih tipis untuk menciptakan tampilan cahaya sempurna.

Gunakan Cermin untuk Membuat Backdrop

Mungkin nggak sih, memfoto produk tapi nggak pakai backdrop bagus? Well, segalanya memungkinkan kalo buat urusan kreativitas di dunia fotografi. Termasuk memanfaatkan cermin daripada membeli backdrop. Cermin punya permukaan reflektif yang bisa menambah lebih banyak detail pada hasil jepretan lo.

Selain itu cermin juga sangat multifungsi, lo bisa menggunakannya untuk hampir semua produk dalam berbagai bentuk maupun warna. Coba cek di gudang, siapa tau ada bingkai foto tua dan cermin yang bisa lo gunakan. Jangan lupa juga gunakan konsep table top photography supaya hasilnya lebih kece, bro.

Pakai Kantong Plastik Bening

Portrait Photography

 Credit image - sixthbloom.com

Tips selanjutnya adalah pakai kantong plastik bening buat menciptakan dreamy effect. Buat lo yang belum tau, dreamy effect adalah efek gambar yang tercipta dengan satu fokus yang jelas di tengah tapi memiliki kesan sedang diselimuti semacam kabut. Caranya gampang banget dan trik ini datang dari seorang fotografer profesional, Jesse David McGrady.

Yang lo butuhkan adalah sebuah kantong plastik yang dilubangi. Pastikan sisa plastik yang nggak dilubangi itu menutupi sebagian sudut dari frame gambar yang bakal lo ambil.

Aluminium Foil untuk Membuat Efek Berkilau

Buat mendapatkan efek yang satu ini, lo bisa menggunakan aluminium foil atau tin foil sebagai background foto. Lo juga membutuhkan lampu sorot untuk menimbulkan efek berkilau pada foil yang lo gunakan untuk jadi background tersebut.

Gunakan aperture lebar dan ambil gambar dari jarak dekat untuk mendapatkan hasil blur yang maksimal pada bagian background. Foil yang lo gunakan tadi nggak bakal terlihat jelas dan yang tersisa adalah pantulan kilauan cahaya dari lampu sorot yang mengarah pada foil tersebut.

Gunakan Shiny Background di Laptop

Adapun cara yang lebih mudah, lo bisa buka laptop dan cari gambar ‘shiny background’ untuk lo jadikan latar belakang. Caranya sama aja seperti gunakan alumunium foil - lo tinggal ambil benda yang lo inginkan seperti miniatur atau benda kecil lainnya, lalu ambil gambar dengan aperture lebar untuk mendapatkan hasil yang lebih menarik, gunakan bokeh dengan maksimal ya, bro.

Mini Light Box Pakai Kardus Sepatu

Portrait Photography

Credit image - theartisticlife.wordpress.com

Ada banyak bentuk dan ukuran light box yang bisa lo temui di pasaran. Tapi, kalo mau lebih berbeda dan unik lo bisa membuatnya sendiri dengan mudah dan modal minim. Lo hanya butuh tiga barang diantaranya, kardus bekas ukurannya bebas tergantung besar objek yang mau lo foto, kertas karton atau kertas karkil, double tape. Nah, kalo peralatan udah lengkap, ikutin cara berikut:

  • Lubangi kardus dengan bentuk persegi seukuran lebar kardu pada 3 sisi: depan, kiri, kanan. Potong bagian penutup kardus bagian atas.
  • Lapisi lubang kanan dan kini dengan kertas karton putih. Usahakan kertas nggak terlalu tebal supaya cahaya bisa tetap menembus ke dalam kardus.
  • Pasang kertas untuk alas dan background
  • Letakkan lampu baca di kedua sisi kardus yang telah dilapisi kertas putih

Pakai Kamera Smartphone

Eits, siapa bilang untuk foto-foto produk lo butuh kamera canggih keluaran terbaru? Kalo mau berhemat, lo cukup memanfaatkan kamera yang udah ada. Bahkan kamera smartphone pun bisa memberikan hasil jepretan super kece,  asalkan lo tau tips dan trik fotografi.

Anyway, fotografi ini memang gampang-gampang susah. Untuk menghasilkan gambar yang maksimal dan beda, lo butuh kreativitas lebih dalam mengeksekusinya. Tapi, sekarang lo udah tau kan gimana menciptakan hasil jepretan yang kece? Jadi, kapan nih mulai coba buat studio mini, bro?

 

Featured image - Shutterbug.com