Setelah 75 Tahun Eksis, Ini Alasan Kenapa Vespa Masih Banyak Diminati! - MLDSPOT
  • Buzz
  • Setelah 75 Tahun Eksis, Ini Alasan Kenapa Vespa Masih Banyak Diminati!

Setelah 75 Tahun Eksis, Ini Alasan Kenapa Vespa Masih Banyak Diminati!

Thu, 29 April 2021
Vespa 75 Tahun

Tepat tanggal 23 April 2021, Vespa baru aja ngerayain hari jadinya nih, bro. Selamat ulang tahun Vespa yang ke-75 tahun! Selama 75 tahun, motor ikonik asal Italia ini udah diproduksi sebanyak 19 juta unit Vespa dan didistribusikan di 83 negara. Wow gokil banget ya, bro.

Vespa berevolusi secara terus-menerus dan konsisten menghadirkan produk dengan teknologi terkini. Kesuksesan Vespa diukur lebih dari 1 juta dan 800 ribu kendaraan diproduksi dalam sepuluh tahun terakhir.

Nggak bisa dipungkiri kalo mengendarai Vespa di jalanan ibu kota adalah hal yang menyenangkan, terlebih kalo lo termasuk penggemar skuter ini, bro. Meski udah banyak motor skuter yang hadir di Indonesia, Vespa masih jadi pilihan.

Usut punya usut, mengendarai Vespa ternyata nggak cuma soal hobi aja. Tapi juga lo bisa tampil keren sekaligus jadi pusat perhatian? Daripada penasaran mending lo simak artikel MLDSPOT kali ini, bro, bahas alasan kenapa Vespa masih banyak diminta hingga sekarang.

Selalu Ada Inovasi Baru

Vespa 75 Tahun

Credit image - nytimes.com

Buat lo yang belum tau, model Vespa pertama ada di April 1946 yang menyajikan sisi fungsional dan inovatif diperkenalkan ke masyarakat umum di Roma. Bodi depannya dilengkapi dengan lambang Piaggio bermesin 98 cc, 2-tak, 1-silinder, pengabut karburator jadi tonggak awal kesuksesan nama Vespa.

Untuk menjaga eksistensinya di pasaran, Vespa terus berinovasi hingga menghadirkan beberapa produk lainnya. Di tahun 1996 munculah Vespa dengan teknologi modern untuk sebuah motor yang sekarang lo kenal dengan sistem pengabut injeksi dan diberi nama Vespa ET2.

Di hari jadi ke-75 kemarin, Vespa meluncurkan model spesial yang membalut desain keluarga GTS dan Primavera.  semua bodi dilabur dengan warna menarik yakni Metallic Yellow yang disebutkan pabrikan sebagai "Giallo 75th". Unitnya pun terbatas cuma sampai akhir tahun ini aja, tapi sayangnya pasar Indonesia belum kedapatan. Semoga bisa segera masuk secepatnya ya, bro!

Nyaman dan Aman saat Berkendara

Keselamatan adalah kunci saat berkendara dan juga hal yang nggak boleh diabaikan, termasuk lalu lintas. Nah, Vespa keselamatan lo lebih terjamin di jalan raya. Bahan dasar Vespa adalah pelat baja. Ditambah dengan bentuk bodi bagian samping yang bulat dan lebar, lo jadi terlindungi kalo suatu saat terjatuh di jalan.

Selain itu, ketika bawa Vespa lo yang unik, pasti lo nggak bakal kebut-kebutan. Ya, untuk apa kebut-kebutan? Vespa bisa juga, sih, dibawa kebut-kebutan, tapi para pengguna Vespa kebanyakan, lebih nyaman berkendara dengan kecepatan sedang. Soalnya, orang-orang jadi bisa lebih lama merhatiin motor mereka yang unik.

Bikin Lo Punya Banyak Teman

Vespa 75 Tahun

Credit image - Pinterest

Punya banyak teman itu menyenangkan. Dan, kalau naik Vespa, teman lo bakal bertambah banyak dalam waktu singkat. Seorang pengendara Vespa pasti menganggap orang lain yang juga naik Vespa sebagai temannya. Itu udah jadi tradisi sejak dahulu kala, persaudaraan di antara pengendara Vespa memang kuat banget.

Suatu hal yang nggak asing juga, misalkan tiba-tiba ada pengendara Vespa lain yang nyapa lo atau ngebantu lo kalo ada masalah di jalan. Lo juga pasti akan berbuat begitu kalau nemuin sesama pembawa Vespa lagi ada trouble. Itu udah jadi budaya bagi para pengendara Vespa. Dan, sadar nggak sadar, lo bakal jadi seorang makhluk sosial senang dengan kebersamaan.

Lo Jadi Mandiri dan Kreatif

Kalo lo adalah pecinta Vespa, pasti lo setuju kalo ngerawat skuter ini nggak gampang? Gak seperti motor bebek atau motor skuter berbasis matic, vespa itu memang cukup susah dirawatnya. Namun, justru itu kelebihan motor klasik ini.

Ketika nggak ada siapa pun yang bisa dimintain tolong, lo harus urus sendiri Vespa lo. Nggak mungkin kan? ngedorong motor yang beratnya lebih dari 105 kg ke bengkel terdekat entah di mana? Nah, hal ini dijamin akan ngasah lo jadi pribadi yang mandiri dan lebih terencana.

Lo nggak cuma dituntut bisa berkendara aja dengan Vespa, tapi juga wajib kreatif terlebih jika mengalami masalah di tengah jalan. Saking tuanya mesin dan susahnya spare part dari Vespa dicari, maka saat kerusakan terjadi kamu wajib bisa memperbaikinya sendiri dan dengan cara-cara yang kreatif.

Vespa emang punya desain yang bagus dan berbeda daripada yang lain. Selain jadi pusat perhatian ketika ada di jalan, naik Vespa juga bikin lo percaya diri dan terlihat unik, bro.

 

Featured image - Fathomaway

 

 

 

 

 

 

 

Portrait Photography Hacks: 7 Tips Ini Bikin Lo Bisa Punya Studio Mini Sendiri!

Fri, 07 May 2021
Portrait Photography

Setiap memotret tentunya lo menginginkan hasil yang sempurna kan, bro? Supaya dapat gambar yang bagus memang diperlukan trik khusus dan peralatan mendukung. Jika sewa jasa fotografer atau membeli perlengkapan memotret, lo harus mengeluarkan biaya mahal. But, don’t lose your hope!  Lo bisa cobain bikin studio mini di rumah.

Studio mini buatan sendiri nggak perlu modal besar, bro. Tanpa harus membeli lighting atau peralatan lainnya lo udah bisa menghasilkan jepretan yang kece. Penasaran gimana cara membuat studio mini? Yuk simak artikel MLDSPOT kali ini!

Manfaatkan Cahaya Alami

Portrait Photography

Credit image - skylum.com

Buat menghasilkan gambar yang bagus memang diperlukan lighting yang mendukung. Coba manfaatkan cahaya alami deh, bro. Cahaya alami bisa menjadi sumber cahaya terbaik untuk fotografi produk.

Selain nggak perlu bayar, ketersediaannya juga nggak terbatas. Lo bisa gunakan kaca jendela yang buram untuk menyebarkan tekstur cahaya dan menciptakan kesan lembut. Selain itu, pakai tirai putih tipis untuk menciptakan tampilan cahaya sempurna.

Gunakan Cermin untuk Membuat Backdrop

Mungkin nggak sih, memfoto produk tapi nggak pakai backdrop bagus? Well, segalanya memungkinkan kalo buat urusan kreativitas di dunia fotografi. Termasuk memanfaatkan cermin daripada membeli backdrop. Cermin punya permukaan reflektif yang bisa menambah lebih banyak detail pada hasil jepretan lo.

Selain itu cermin juga sangat multifungsi, lo bisa menggunakannya untuk hampir semua produk dalam berbagai bentuk maupun warna. Coba cek di gudang, siapa tau ada bingkai foto tua dan cermin yang bisa lo gunakan. Jangan lupa juga gunakan konsep table top photography supaya hasilnya lebih kece, bro.

Pakai Kantong Plastik Bening

Portrait Photography

 Credit image - sixthbloom.com

Tips selanjutnya adalah pakai kantong plastik bening buat menciptakan dreamy effect. Buat lo yang belum tau, dreamy effect adalah efek gambar yang tercipta dengan satu fokus yang jelas di tengah tapi memiliki kesan sedang diselimuti semacam kabut. Caranya gampang banget dan trik ini datang dari seorang fotografer profesional, Jesse David McGrady.

Yang lo butuhkan adalah sebuah kantong plastik yang dilubangi. Pastikan sisa plastik yang nggak dilubangi itu menutupi sebagian sudut dari frame gambar yang bakal lo ambil.

Aluminium Foil untuk Membuat Efek Berkilau

Buat mendapatkan efek yang satu ini, lo bisa menggunakan aluminium foil atau tin foil sebagai background foto. Lo juga membutuhkan lampu sorot untuk menimbulkan efek berkilau pada foil yang lo gunakan untuk jadi background tersebut.

Gunakan aperture lebar dan ambil gambar dari jarak dekat untuk mendapatkan hasil blur yang maksimal pada bagian background. Foil yang lo gunakan tadi nggak bakal terlihat jelas dan yang tersisa adalah pantulan kilauan cahaya dari lampu sorot yang mengarah pada foil tersebut.

Gunakan Shiny Background di Laptop

Adapun cara yang lebih mudah, lo bisa buka laptop dan cari gambar ‘shiny background’ untuk lo jadikan latar belakang. Caranya sama aja seperti gunakan alumunium foil - lo tinggal ambil benda yang lo inginkan seperti miniatur atau benda kecil lainnya, lalu ambil gambar dengan aperture lebar untuk mendapatkan hasil yang lebih menarik, gunakan bokeh dengan maksimal ya, bro.

Mini Light Box Pakai Kardus Sepatu

Portrait Photography

Credit image - theartisticlife.wordpress.com

Ada banyak bentuk dan ukuran light box yang bisa lo temui di pasaran. Tapi, kalo mau lebih berbeda dan unik lo bisa membuatnya sendiri dengan mudah dan modal minim. Lo hanya butuh tiga barang diantaranya, kardus bekas ukurannya bebas tergantung besar objek yang mau lo foto, kertas karton atau kertas karkil, double tape. Nah, kalo peralatan udah lengkap, ikutin cara berikut:

  • Lubangi kardus dengan bentuk persegi seukuran lebar kardu pada 3 sisi: depan, kiri, kanan. Potong bagian penutup kardus bagian atas.
  • Lapisi lubang kanan dan kini dengan kertas karton putih. Usahakan kertas nggak terlalu tebal supaya cahaya bisa tetap menembus ke dalam kardus.
  • Pasang kertas untuk alas dan background
  • Letakkan lampu baca di kedua sisi kardus yang telah dilapisi kertas putih

Pakai Kamera Smartphone

Eits, siapa bilang untuk foto-foto produk lo butuh kamera canggih keluaran terbaru? Kalo mau berhemat, lo cukup memanfaatkan kamera yang udah ada. Bahkan kamera smartphone pun bisa memberikan hasil jepretan super kece,  asalkan lo tau tips dan trik fotografi.

Anyway, fotografi ini memang gampang-gampang susah. Untuk menghasilkan gambar yang maksimal dan beda, lo butuh kreativitas lebih dalam mengeksekusinya. Tapi, sekarang lo udah tau kan gimana menciptakan hasil jepretan yang kece? Jadi, kapan nih mulai coba buat studio mini, bro?

 

Featured image - Shutterbug.com