Jangan Sampai Bisnis Lo Kena Brand Fatigue, Kenali Cara Marketing yang Baik! - MLDSPOT
  • Buzz
  • Jangan Sampai Bisnis Lo Kena Brand Fatigue, Kenali Cara Marketing yang Baik!

Jangan Sampai Bisnis Lo Kena Brand Fatigue, Kenali Cara Marketing yang Baik!

Thu, 29 April 2021
Brand Fatigue

Pernah nggak sih lo ngerasa annoying dengan iklan ataupun promosi dari sebuah produk atau brand tertentu yang membuat lo jadi merasa terganggu dan rasanya malah nggak kepengen beli atau menggunakan jasa itu sama sekali?

Istilah yang paling tepat untuk menggambarkan fenomena ini merupakan brand fatigue. Perasaan ini emang wajar banget lo rasakan. Tapi masalahnya – hal ini bermasalah banget buat produk atau brand terkait.

Biar promosi lo nggak gagal dan kena brand fatigue – lebih baik lo mengetahui lebih dalam tentang hal ini dulu sebelum tau gimana cara menanganinya. Nggak usah berlarut-larut, langsung aja simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Kenali dulu Brand Fatigue

Brand Fatigue

Credit image – Ball Egleston

Brand fatigue merupakan istilah yang biasa digunakan pada marketing ketika pesan yang diberikan ke calon konsumennya menjadi terlalu banyak dan akhirnya nggak ditangkap oleh calon konsumen – justru malah membuat konsumen menjadi nggak nyaman.

Fenomena yang terjadi dalam waktu yang cukup lama bagi para konsumennya ini secara nggak langsung bakal bikin brand kesulitan untuk melakukan promosi ke depannya. Dengan pesan yang terlalu banyak ini nantinya akan membuat calon konsumen atau bahkan konsumen melakukan brand switching – nantinya akan berpengaruh pada kehilangan konsumen.

Hal yang Menyebabkan Brand Fatigue

Sebelumnya, lo juga harus mengetahui dulu – kenapa sih brand fatigue bisa terjadi? Hal ini bisa dikarenakan brand kekurangan inovasi dan nggak bisa tap-in ke tren yang saat ini diminati oleh pasar. Mengingat tiap pasar punya trennya masing-masing, mungkin juga hal ini juga bisa terjadi karena tren yang digunakan untuk tren yang salah, bro!

Selain itu – karena cara marketing yang salah dengan terlalu sering promosi juga bisa jadi hal yang membuat konsumen maupun calon konsumen jadi brand switching. Karena annoying dengan promosi yang muncul – akhirnya mereka mengabaikan promosi yang ada dan jadi nggak efektif lagi.

Mengingat sekarang media sosial mengajak lo untuk jadi lebih inovatif, pastikan lo menentukan strategi marketing yang benar ya, bro!

Hindari Brand Fatigue dengan Cara Ini!

Brand Fatigue

Credit image – Brand Strategist

Salah satu pertanda munculnya brand fatigue bagi brand di media sosial saat ini adalah berkurangnya engagement rate yang dihasilkan karena marketing di platform yang salah. Untuk menghindari hal ini, lo bisa menerapkan strategi marketing yang berbeda-beda di setiap platform sosial media yang digunakan.

Untuk menghindari hal ini, lo perlu menganalisis lebih dalam mengenai promosi yang udah berhasil dijalankan oleh brand lain maupun promosi-promosi lo sebelumnya.

Selain itu, lo juga harus berfokus pada pesan yang akan disampaikan – hal ini bisa ditentukan dengan tepat kalau lo udah analisis. Mengolah konten promosi dengan pesan yang tepat pastinya akan bikin konsumen jadi lebih tertarik.

Kalo hal ini dilakukan dengan tepat, pastinya produk atau brand lo nggak akan mengalami brand fatigue deh!

Suara Konsumen juga Perlu Didengar, Bro!

Sebelum membuat konten, ada baiknya lo juga melakukan riset pasar dari para konsumen yang udah berlangganan dengan produk atau brand lo. Lakukan hal yang sama juga dengan para calon konsumen – apa sebenarnya yang mereka harapkan dari produk atau brand lo?

Dengan mendengar apa yang diminati dan diharapkan oleh konsumen, lo juga bisa membuat kepercayaan dengan mudah. Kalo hal ini dilakukan dengan baik, pastinya para konsumen nggak akan melakukan brand switching deh!

Nggak cuma itu – kalo semua hal dilakukan dengan baik, nantinya lo akan menciptakan brand loyalty pada konsumen. Wah, siapa sih yang nggak mau sih dapetin hal ini?

Karena sekarang lo udah tau hal-hal yang membuat bisnis lo terhindar dari brand fatigue, pastikan lo melakukan semua step dengan tepat ya, bro!

 

Feature image – Every Pixel

Portrait Photography Hacks: 7 Tips Ini Bikin Lo Bisa Punya Studio Mini Sendiri!

Fri, 07 May 2021
Portrait Photography

Setiap memotret tentunya lo menginginkan hasil yang sempurna kan, bro? Supaya dapat gambar yang bagus memang diperlukan trik khusus dan peralatan mendukung. Jika sewa jasa fotografer atau membeli perlengkapan memotret, lo harus mengeluarkan biaya mahal. But, don’t lose your hope!  Lo bisa cobain bikin studio mini di rumah.

Studio mini buatan sendiri nggak perlu modal besar, bro. Tanpa harus membeli lighting atau peralatan lainnya lo udah bisa menghasilkan jepretan yang kece. Penasaran gimana cara membuat studio mini? Yuk simak artikel MLDSPOT kali ini!

Manfaatkan Cahaya Alami

Portrait Photography

Credit image - skylum.com

Buat menghasilkan gambar yang bagus memang diperlukan lighting yang mendukung. Coba manfaatkan cahaya alami deh, bro. Cahaya alami bisa menjadi sumber cahaya terbaik untuk fotografi produk.

Selain nggak perlu bayar, ketersediaannya juga nggak terbatas. Lo bisa gunakan kaca jendela yang buram untuk menyebarkan tekstur cahaya dan menciptakan kesan lembut. Selain itu, pakai tirai putih tipis untuk menciptakan tampilan cahaya sempurna.

Gunakan Cermin untuk Membuat Backdrop

Mungkin nggak sih, memfoto produk tapi nggak pakai backdrop bagus? Well, segalanya memungkinkan kalo buat urusan kreativitas di dunia fotografi. Termasuk memanfaatkan cermin daripada membeli backdrop. Cermin punya permukaan reflektif yang bisa menambah lebih banyak detail pada hasil jepretan lo.

Selain itu cermin juga sangat multifungsi, lo bisa menggunakannya untuk hampir semua produk dalam berbagai bentuk maupun warna. Coba cek di gudang, siapa tau ada bingkai foto tua dan cermin yang bisa lo gunakan. Jangan lupa juga gunakan konsep table top photography supaya hasilnya lebih kece, bro.

Pakai Kantong Plastik Bening

Portrait Photography

 Credit image - sixthbloom.com

Tips selanjutnya adalah pakai kantong plastik bening buat menciptakan dreamy effect. Buat lo yang belum tau, dreamy effect adalah efek gambar yang tercipta dengan satu fokus yang jelas di tengah tapi memiliki kesan sedang diselimuti semacam kabut. Caranya gampang banget dan trik ini datang dari seorang fotografer profesional, Jesse David McGrady.

Yang lo butuhkan adalah sebuah kantong plastik yang dilubangi. Pastikan sisa plastik yang nggak dilubangi itu menutupi sebagian sudut dari frame gambar yang bakal lo ambil.

Aluminium Foil untuk Membuat Efek Berkilau

Buat mendapatkan efek yang satu ini, lo bisa menggunakan aluminium foil atau tin foil sebagai background foto. Lo juga membutuhkan lampu sorot untuk menimbulkan efek berkilau pada foil yang lo gunakan untuk jadi background tersebut.

Gunakan aperture lebar dan ambil gambar dari jarak dekat untuk mendapatkan hasil blur yang maksimal pada bagian background. Foil yang lo gunakan tadi nggak bakal terlihat jelas dan yang tersisa adalah pantulan kilauan cahaya dari lampu sorot yang mengarah pada foil tersebut.

Gunakan Shiny Background di Laptop

Adapun cara yang lebih mudah, lo bisa buka laptop dan cari gambar ‘shiny background’ untuk lo jadikan latar belakang. Caranya sama aja seperti gunakan alumunium foil - lo tinggal ambil benda yang lo inginkan seperti miniatur atau benda kecil lainnya, lalu ambil gambar dengan aperture lebar untuk mendapatkan hasil yang lebih menarik, gunakan bokeh dengan maksimal ya, bro.

Mini Light Box Pakai Kardus Sepatu

Portrait Photography

Credit image - theartisticlife.wordpress.com

Ada banyak bentuk dan ukuran light box yang bisa lo temui di pasaran. Tapi, kalo mau lebih berbeda dan unik lo bisa membuatnya sendiri dengan mudah dan modal minim. Lo hanya butuh tiga barang diantaranya, kardus bekas ukurannya bebas tergantung besar objek yang mau lo foto, kertas karton atau kertas karkil, double tape. Nah, kalo peralatan udah lengkap, ikutin cara berikut:

  • Lubangi kardus dengan bentuk persegi seukuran lebar kardu pada 3 sisi: depan, kiri, kanan. Potong bagian penutup kardus bagian atas.
  • Lapisi lubang kanan dan kini dengan kertas karton putih. Usahakan kertas nggak terlalu tebal supaya cahaya bisa tetap menembus ke dalam kardus.
  • Pasang kertas untuk alas dan background
  • Letakkan lampu baca di kedua sisi kardus yang telah dilapisi kertas putih

Pakai Kamera Smartphone

Eits, siapa bilang untuk foto-foto produk lo butuh kamera canggih keluaran terbaru? Kalo mau berhemat, lo cukup memanfaatkan kamera yang udah ada. Bahkan kamera smartphone pun bisa memberikan hasil jepretan super kece,  asalkan lo tau tips dan trik fotografi.

Anyway, fotografi ini memang gampang-gampang susah. Untuk menghasilkan gambar yang maksimal dan beda, lo butuh kreativitas lebih dalam mengeksekusinya. Tapi, sekarang lo udah tau kan gimana menciptakan hasil jepretan yang kece? Jadi, kapan nih mulai coba buat studio mini, bro?

 

Featured image - Shutterbug.com