Jadi Tren Menarik di 2020: Mengenal Lebih Dalam Sustainable Branding - MLDSPOT
  • Buzz
  • Jadi Tren Menarik di 2020: Mengenal Lebih Dalam Sustainable Branding

Jadi Tren Menarik di 2020: Mengenal Lebih Dalam Sustainable Branding

Tue, 03 November 2020
Sustainable branding jadi salah satu strategi marketing bisa lo terapkan di bisnis buat dapat konsumen yang loyal!

Membangun dan menjalankan operasional bisnis memang bukan perkara mudah bro. Akan tetapi, biar semua tujuan lo dalam berbisnis bisa tercapai, industri bisnis punya banyak cara buat mewujudkannya, salah satunya dengan cara atau strategi sustainable branding.

Mungkin untuk istilah branding saja – lo sudah paham maksudnya bagaimana. Nah, ini ada kata tambahannya lagi bro, sustainable branding. Berdasarkan banyak riset yang ada, cara marketing yang satu ini jadi tren untuk 2020 ini, dan diprediksi, masih bisa digunakan untuk beberapa tahun ke depan, lho.

Jelas sekarang lo sudah penasaran ya apa itu sustainable branding. Gini bro, secara singkat, sustainable branding adalah sebuah pendekatan bisnis yang tidak semata-mata hanya mementingkan keuntungan saja, tapi juga ada efek positif lain yang diberikan oleh perusahaan untuk sekitar, baik sosial dan alam.

Makanya, kata sustainable sendiri kan berarti keberlangsungan, jika digabungkan dengan kata branding – dua suku kata ini mempunyai arti sebagai salah satu strategi bisnis, yang juga mengedepankan keberlangsungan sosial dan alam dalam marketing bisnisnya.

Lalu mengapa strategi ini diminati banyak brand atau perusahaan? Percaya atau nggak bro, berdasarkan juga hasil riset yang dilakukan oleh banyak brand, sustainable branding bisa membawa identitas baru buat brand atau perusahaan yang positif.

Ini yang diminati oleh banyak brand atau perusahaan di mana mereka meyakini, dengan cara atau strategi ini, mereka bakal banyak mendapat konsumen baru, ditambah menimbulkan kepercayaan sehingga konsumen mereka berubah menjadi konsumen yang loyal.

Bicara soal konsumen, sudah disebutkan kalau strategi ini bisa membuat brand mendapatkan konsumen yang loyal. Memang bro, strategi ini – sustainable branding, bisa membuat perusahaan atau brand jadi lebih intim dengan konsumen.

 

Jadi Lebih Intim Dengan Konsumen

Lewat Strategi Sustainable Branding

Sustainable branding jadi salah satu strategi marketing bisa lo terapkan di bisnis buat dapat konsumen yang loyal!

Credit Image: marketingland.com

Perlu lo ketahui dengan cermat bro, sebagai pebisnis, lo mesti tahu kalau setiap konsumen mempunyai pola pikir yang berbeda-beda. Bagaimana membuat mereka tidak hanya satu atau dua kali saja membeli produk atau jasa yang lo tawarkan, strategi ini cukup menentukan.

Sustainable branding bisa membuat brand atau perusahaan seakan ikut merangkul konsumen untuk peduli dengan sosial dan alam. Ini membuat posisi lo sebagai brand atau perusahaan, jadi layaknya teman para konsumen. Posisi ini jelas membuat lo dan konsumen semakin dekat, semakin intim.

Mereka bakal punya paham kalau lo adalah salah satu solusi dari masalah yang ada. Ada keterlibatan lo sebagai brand atau perusahaan untuk menyelesaikan atau minimal ikut membantu mengurai masalah sosial atau alam. This is what they want and you know what I mean, right?

Begitu rasa keterikatan ini sudah ada, jelas konsumen lo sudah termasuk ke dalam konsumen yang loyal di mana mereka tetap akan membeli produk atau jasa yang lo tawarkan dan tidak berpaling ke kompetitor.

Salah satu cara menjalankan sustainable branding sebagai strategi bisnis adalah dengan bercerita, atau storytelling. Mungkin pertanyaan yang ada dibenak lo sekarang, bagaimana bisa hanya dengan bercerita, konsumen bisa masuk ke dalam strategi ini?

 

Aplikasi Sustainable Branding Sebagai Strategi: Storytelling

Sustainable branding jadi salah satu strategi marketing bisa lo terapkan di bisnis buat dapat konsumen yang loyal!

Credit Image: theconversation.com

Strategi marketing yang satu ini tidak bisa dengan polosnya mengangkat produk atau jasa lo sebagai ‘superman’ penyelesai segala masalah sosial dan alam untuk konsumen yang ada. That is a big no. Pelan-pelan, bro – lo mesti bercerita.

Atau lo adalah penceritanya. Lo berikan kisah, berikan analogi – analogi di mana ada masalah sosial atau alam, dan produk serta jasa lo bisa membantu berbagai masalah tersebut. Mungkin sebagian dari konsumen lo akan mengetahui kalau cerita tersebut adalah bagian dari promosi.

Well, that is not the problem. Cerita yang menarik dan bahkan menyentuh – bakal membuat konsumen secara sadar akan setuju kalau produk atau jasa dari brand atau perusahaan dan bisnis yang sedang lo jalankan sebagai solusi dari segala masalah yang ada.

Ini bakal kembali ke tahap ‘lebih intim dengan konsumen’ – dengan bercerita, lo bakal dapat posisi lebih dekat dengan mereka. Lalu bagaimana selanjutnya? Buat cerita yang menarik dan menyentuh. Itu pekerjaan rumah lo sekarang!

 

Balancing Business, Social and Nature

Bagaimana bisa? Jelas bisa, seperti yang tadi sudah dijelaskan di atas – lo mesti punya kemampuan bercerita yang hebat. Cerita yang bagus, visual yang menyentuh – sehingga semua konsumen lo menganggap kalau bisnis yang lo jalankan adalah solusi dari segala masalah sosial dan alam yang ada.

Lalu apakah cara atau strategi sustainable branding ini ampuh? Well, sudah banyak sekali perusahaan dan brand besar menggunakan strategi ini. So why don’t you try?

Bro, sustainable branding bakal membuat posisi brand atau perusahaan lo semakin dekat dengan konsumen. Kedekatan inilah yang bisa lo gunakan untuk membuat produk atau jasa yang lo tawarkan dibeli dan digunakan oleh mereka. They are going to be your loyal customer. So be serious!

Nah bagaimana nih bro? Dari penjelasan di atas – apakah lo sudah paham soal sustainable branding? Kalau iya, bisa lo coba terapkan di bisnis yang sedang lo jalankan ini ya!

 

Feature Image – marketingdonut.co.uk

Portrait Photography Hacks: 7 Tips Ini Bikin Lo Bisa Punya Studio Mini Sendiri!

Fri, 07 May 2021
Portrait Photography

Setiap memotret tentunya lo menginginkan hasil yang sempurna kan, bro? Supaya dapat gambar yang bagus memang diperlukan trik khusus dan peralatan mendukung. Jika sewa jasa fotografer atau membeli perlengkapan memotret, lo harus mengeluarkan biaya mahal. But, don’t lose your hope!  Lo bisa cobain bikin studio mini di rumah.

Studio mini buatan sendiri nggak perlu modal besar, bro. Tanpa harus membeli lighting atau peralatan lainnya lo udah bisa menghasilkan jepretan yang kece. Penasaran gimana cara membuat studio mini? Yuk simak artikel MLDSPOT kali ini!

Manfaatkan Cahaya Alami

Portrait Photography

Credit image - skylum.com

Buat menghasilkan gambar yang bagus memang diperlukan lighting yang mendukung. Coba manfaatkan cahaya alami deh, bro. Cahaya alami bisa menjadi sumber cahaya terbaik untuk fotografi produk.

Selain nggak perlu bayar, ketersediaannya juga nggak terbatas. Lo bisa gunakan kaca jendela yang buram untuk menyebarkan tekstur cahaya dan menciptakan kesan lembut. Selain itu, pakai tirai putih tipis untuk menciptakan tampilan cahaya sempurna.

Gunakan Cermin untuk Membuat Backdrop

Mungkin nggak sih, memfoto produk tapi nggak pakai backdrop bagus? Well, segalanya memungkinkan kalo buat urusan kreativitas di dunia fotografi. Termasuk memanfaatkan cermin daripada membeli backdrop. Cermin punya permukaan reflektif yang bisa menambah lebih banyak detail pada hasil jepretan lo.

Selain itu cermin juga sangat multifungsi, lo bisa menggunakannya untuk hampir semua produk dalam berbagai bentuk maupun warna. Coba cek di gudang, siapa tau ada bingkai foto tua dan cermin yang bisa lo gunakan. Jangan lupa juga gunakan konsep table top photography supaya hasilnya lebih kece, bro.

Pakai Kantong Plastik Bening

Portrait Photography

 Credit image - sixthbloom.com

Tips selanjutnya adalah pakai kantong plastik bening buat menciptakan dreamy effect. Buat lo yang belum tau, dreamy effect adalah efek gambar yang tercipta dengan satu fokus yang jelas di tengah tapi memiliki kesan sedang diselimuti semacam kabut. Caranya gampang banget dan trik ini datang dari seorang fotografer profesional, Jesse David McGrady.

Yang lo butuhkan adalah sebuah kantong plastik yang dilubangi. Pastikan sisa plastik yang nggak dilubangi itu menutupi sebagian sudut dari frame gambar yang bakal lo ambil.

Aluminium Foil untuk Membuat Efek Berkilau

Buat mendapatkan efek yang satu ini, lo bisa menggunakan aluminium foil atau tin foil sebagai background foto. Lo juga membutuhkan lampu sorot untuk menimbulkan efek berkilau pada foil yang lo gunakan untuk jadi background tersebut.

Gunakan aperture lebar dan ambil gambar dari jarak dekat untuk mendapatkan hasil blur yang maksimal pada bagian background. Foil yang lo gunakan tadi nggak bakal terlihat jelas dan yang tersisa adalah pantulan kilauan cahaya dari lampu sorot yang mengarah pada foil tersebut.

Gunakan Shiny Background di Laptop

Adapun cara yang lebih mudah, lo bisa buka laptop dan cari gambar ‘shiny background’ untuk lo jadikan latar belakang. Caranya sama aja seperti gunakan alumunium foil - lo tinggal ambil benda yang lo inginkan seperti miniatur atau benda kecil lainnya, lalu ambil gambar dengan aperture lebar untuk mendapatkan hasil yang lebih menarik, gunakan bokeh dengan maksimal ya, bro.

Mini Light Box Pakai Kardus Sepatu

Portrait Photography

Credit image - theartisticlife.wordpress.com

Ada banyak bentuk dan ukuran light box yang bisa lo temui di pasaran. Tapi, kalo mau lebih berbeda dan unik lo bisa membuatnya sendiri dengan mudah dan modal minim. Lo hanya butuh tiga barang diantaranya, kardus bekas ukurannya bebas tergantung besar objek yang mau lo foto, kertas karton atau kertas karkil, double tape. Nah, kalo peralatan udah lengkap, ikutin cara berikut:

  • Lubangi kardus dengan bentuk persegi seukuran lebar kardu pada 3 sisi: depan, kiri, kanan. Potong bagian penutup kardus bagian atas.
  • Lapisi lubang kanan dan kini dengan kertas karton putih. Usahakan kertas nggak terlalu tebal supaya cahaya bisa tetap menembus ke dalam kardus.
  • Pasang kertas untuk alas dan background
  • Letakkan lampu baca di kedua sisi kardus yang telah dilapisi kertas putih

Pakai Kamera Smartphone

Eits, siapa bilang untuk foto-foto produk lo butuh kamera canggih keluaran terbaru? Kalo mau berhemat, lo cukup memanfaatkan kamera yang udah ada. Bahkan kamera smartphone pun bisa memberikan hasil jepretan super kece,  asalkan lo tau tips dan trik fotografi.

Anyway, fotografi ini memang gampang-gampang susah. Untuk menghasilkan gambar yang maksimal dan beda, lo butuh kreativitas lebih dalam mengeksekusinya. Tapi, sekarang lo udah tau kan gimana menciptakan hasil jepretan yang kece? Jadi, kapan nih mulai coba buat studio mini, bro?

 

Featured image - Shutterbug.com