Hadirkan Program Baru, Soundfren Mengajak Para Musisi untuk Berkarya Lagi! - MLDSPOT
  • Buzz
  • Hadirkan Program Baru, Soundfren Mengajak Para Musisi untuk Berkarya Lagi!

Hadirkan Program Baru, Soundfren Mengajak Para Musisi untuk Berkarya Lagi!

Mon, 03 May 2021
Soundfren

Saat ini untuk memperkenalkan diri sebagai seorang musisi bukanlah hal yang sulit. Musisi di era saat ini lebih mudah untuk menjadi seorang musisi karena sosial media bisa digunakan sebagai medium untuk berkarya.

Beberapa waktu lalu, MLDSPOT sempat membahas tentang Soundfren – aplikasi yang menjadi LinkedIn-nya para musisi. Sebagai sosial media yang memberikan layanan networking pertama bagi para musisi Indonesia.

Nggak berhenti cuma jadi sosial media networking aja, baru-baru ini Soundfren juga baru bikin terobosan baru yang membantu dan mengembangkan eksistensi para musisi Indonesia. Terobosan apa yang dibikin sama Soundfren kali ini ya, bro?

Simak aja selengkapnya di bawah ini, bro!

Kampanye Memulai Bulan Baik

Soundfren

Credit image – Twitter Soundfren

Menyebutkan dirinya sebagai ‘teman bersuara’, Soundfren dengan program bulan baik-nya mengadakan program ‘#AdaYangNemenin Mulai Lagi Menuai Rezeki”. Dari judulnya yang seakan berfokus untuk mencari pundi-pundi, namun ternyata Soundfren punya misi lebih dari itu.

Program ‘Mulai Lagi Menuai Rezeki’ memberikan hal yang bermanfaat seperti sesi berbagi ilmu, pengalaman, dan proyek kontribusi terhadap industri musik Indonesia agar semakin berkembang. Yang namanya bulan baik, sepertinya Soundfren ingin membagikan kebaikan pada musisi di Indonesia.

Komitmen untuk Mewujudkan Visi

Kehadiran program baru dari Soundfren ini berkaitan dengan visi dari Soundren sendiri yaitu untuk membentuk ekosistem industri kreatif – dalam hal ini tentunya dalam industri kreatif. Komitmen ini diwujudkan agar industri musik Indonesia dapat terus berkembang.

Soundfren seakan menginisiasi – bahwa setiap sektor di era new normal ini mengalami kesulitan. Namun para musisi memiliki rekan sesama musisi untuk berbagi keluh kesah dan tempat mencari rezeki bersama di dalam soundfren ini sendiri.

Co-Chief Excecutive Officer dari Soundfren – Jordy Adith Praditya, mengatakan bahwa rezeki yang diberikan dan juga didapatkan nggak terbatas pada dana aja. Tapi juga pada pengalaman dan ilmu yang didapat serta dibagikan bersama.

Forum berbagi serta tempat memberikan pengalaman bagi sesama musisi ini diharapkan bisa digunakan secara maksimal oleh para musisi dalam bermusik – harapannya, soundfren menjadi sosial media yang bermanfaat bagi para musisi Indonesia.

Terdiri dari 4 Aktivasi

Soundfren

Credit image – Twitter Soundfren

Program bertajuk ‘Mulai Lagi Menuai Rezeki’ ini memiliki 4 aktivasi yang bisa diikuti oleh para musisi. Yang pertama yaitu Soundfren Connect. Webinar yang diadakan bersama para musisi ini diisi oleh para musisi unggulan yang sudah berpengalaman di bidang musik selama bertahun-tahun lamanya.

Yang kedua merupakan Kultum (Kuliah Tujuh Menit). Acara ini merupakan sebuah sesi yang diisi oleh para pelaku industri kreatif yang memiliki spesialisasi dalam bidangnya. Yang jelas, sesi ini bakal jadi inspiratif banget deh, bro!

Yang ketiga merupakan BedukSaurFren. Acara yang satu ini lebih berokus pada hiburan yang ditunjukkan lewat showcase menarik. Hiburan musik kali ini punya konsep yang beda banget dari acara-acara musik yang ada, pastinya lo bakal terhibur deh!

Yang terakhir – sebagai acara puncak merupakan Sound of Us. Puncak perayaan dari aktivasi di bulan baik ini merupakan festival online yang dihadiri oleh para musisi ternama dan pelaku musik yang pastinya akan membagikan cerita inspiratif nya.

Acara puncak dengan festival bernama ‘Celebrate of Ours’ ini mengajak lo semua untuk merayakan kemenangan atas kebaikan yang udah dilakukan di bulan baik ini. Bagi para musisi pastinya serangkaian acara ini bakal berkesan banget.

Sebagai LinkedIn-nya musisi, kapan nih buat lo yang emang tertarik dengan dunia musik ikut bergabung? Kalo baru mau mulai, mendingan lo ikutin serangkaian aktivasi inspiratif ini deh, bro!

 

Feature image – Siasat Partikelir

Portrait Photography Hacks: 7 Tips Ini Bikin Lo Bisa Punya Studio Mini Sendiri!

Fri, 07 May 2021
Portrait Photography

Setiap memotret tentunya lo menginginkan hasil yang sempurna kan, bro? Supaya dapat gambar yang bagus memang diperlukan trik khusus dan peralatan mendukung. Jika sewa jasa fotografer atau membeli perlengkapan memotret, lo harus mengeluarkan biaya mahal. But, don’t lose your hope!  Lo bisa cobain bikin studio mini di rumah.

Studio mini buatan sendiri nggak perlu modal besar, bro. Tanpa harus membeli lighting atau peralatan lainnya lo udah bisa menghasilkan jepretan yang kece. Penasaran gimana cara membuat studio mini? Yuk simak artikel MLDSPOT kali ini!

Manfaatkan Cahaya Alami

Portrait Photography

Credit image - skylum.com

Buat menghasilkan gambar yang bagus memang diperlukan lighting yang mendukung. Coba manfaatkan cahaya alami deh, bro. Cahaya alami bisa menjadi sumber cahaya terbaik untuk fotografi produk.

Selain nggak perlu bayar, ketersediaannya juga nggak terbatas. Lo bisa gunakan kaca jendela yang buram untuk menyebarkan tekstur cahaya dan menciptakan kesan lembut. Selain itu, pakai tirai putih tipis untuk menciptakan tampilan cahaya sempurna.

Gunakan Cermin untuk Membuat Backdrop

Mungkin nggak sih, memfoto produk tapi nggak pakai backdrop bagus? Well, segalanya memungkinkan kalo buat urusan kreativitas di dunia fotografi. Termasuk memanfaatkan cermin daripada membeli backdrop. Cermin punya permukaan reflektif yang bisa menambah lebih banyak detail pada hasil jepretan lo.

Selain itu cermin juga sangat multifungsi, lo bisa menggunakannya untuk hampir semua produk dalam berbagai bentuk maupun warna. Coba cek di gudang, siapa tau ada bingkai foto tua dan cermin yang bisa lo gunakan. Jangan lupa juga gunakan konsep table top photography supaya hasilnya lebih kece, bro.

Pakai Kantong Plastik Bening

Portrait Photography

 Credit image - sixthbloom.com

Tips selanjutnya adalah pakai kantong plastik bening buat menciptakan dreamy effect. Buat lo yang belum tau, dreamy effect adalah efek gambar yang tercipta dengan satu fokus yang jelas di tengah tapi memiliki kesan sedang diselimuti semacam kabut. Caranya gampang banget dan trik ini datang dari seorang fotografer profesional, Jesse David McGrady.

Yang lo butuhkan adalah sebuah kantong plastik yang dilubangi. Pastikan sisa plastik yang nggak dilubangi itu menutupi sebagian sudut dari frame gambar yang bakal lo ambil.

Aluminium Foil untuk Membuat Efek Berkilau

Buat mendapatkan efek yang satu ini, lo bisa menggunakan aluminium foil atau tin foil sebagai background foto. Lo juga membutuhkan lampu sorot untuk menimbulkan efek berkilau pada foil yang lo gunakan untuk jadi background tersebut.

Gunakan aperture lebar dan ambil gambar dari jarak dekat untuk mendapatkan hasil blur yang maksimal pada bagian background. Foil yang lo gunakan tadi nggak bakal terlihat jelas dan yang tersisa adalah pantulan kilauan cahaya dari lampu sorot yang mengarah pada foil tersebut.

Gunakan Shiny Background di Laptop

Adapun cara yang lebih mudah, lo bisa buka laptop dan cari gambar ‘shiny background’ untuk lo jadikan latar belakang. Caranya sama aja seperti gunakan alumunium foil - lo tinggal ambil benda yang lo inginkan seperti miniatur atau benda kecil lainnya, lalu ambil gambar dengan aperture lebar untuk mendapatkan hasil yang lebih menarik, gunakan bokeh dengan maksimal ya, bro.

Mini Light Box Pakai Kardus Sepatu

Portrait Photography

Credit image - theartisticlife.wordpress.com

Ada banyak bentuk dan ukuran light box yang bisa lo temui di pasaran. Tapi, kalo mau lebih berbeda dan unik lo bisa membuatnya sendiri dengan mudah dan modal minim. Lo hanya butuh tiga barang diantaranya, kardus bekas ukurannya bebas tergantung besar objek yang mau lo foto, kertas karton atau kertas karkil, double tape. Nah, kalo peralatan udah lengkap, ikutin cara berikut:

  • Lubangi kardus dengan bentuk persegi seukuran lebar kardu pada 3 sisi: depan, kiri, kanan. Potong bagian penutup kardus bagian atas.
  • Lapisi lubang kanan dan kini dengan kertas karton putih. Usahakan kertas nggak terlalu tebal supaya cahaya bisa tetap menembus ke dalam kardus.
  • Pasang kertas untuk alas dan background
  • Letakkan lampu baca di kedua sisi kardus yang telah dilapisi kertas putih

Pakai Kamera Smartphone

Eits, siapa bilang untuk foto-foto produk lo butuh kamera canggih keluaran terbaru? Kalo mau berhemat, lo cukup memanfaatkan kamera yang udah ada. Bahkan kamera smartphone pun bisa memberikan hasil jepretan super kece,  asalkan lo tau tips dan trik fotografi.

Anyway, fotografi ini memang gampang-gampang susah. Untuk menghasilkan gambar yang maksimal dan beda, lo butuh kreativitas lebih dalam mengeksekusinya. Tapi, sekarang lo udah tau kan gimana menciptakan hasil jepretan yang kece? Jadi, kapan nih mulai coba buat studio mini, bro?

 

Featured image - Shutterbug.com