• Buzz
  • Biar Tetap Produktif Kalau WFH: 5 Cara Atur Set Meja Kerja, Bro!

Biar Tetap Produktif Kalau WFH: 5 Cara Atur Set Meja Kerja, Bro!

Mon, 14 September 2020
5 cara atur meja kerja di rumah

Beberapa waktu lalu, pihak-pihak terkait soal penyedia regulasi di Kota Jakarta, menyatakan akan kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di kota metropolitan ini. Eits, tapi hal ini nggak jadi halangan buat lo untuk tetap produktif, ya.

Buat lo yang pegawai kantoran yang sekarang jadwalnya sedang bekerja dari rumah atau WFH, mungkin lo sudah merasa sedikit bosan, nih. Tapi rasa bosan itu tidak menjadi alasan buat lo untuk terus produktif menghasilkan karya-karya luar biasa, ya!

Di bahasan kali ini, kita mau kasih tahu lo kalau banyak sekali cara biar lo tetap produktif walau lagi di rumah saja. Salah satu cara yang bakal kita bahas lebih mendalam adalah mengatur set meja kerja lo supaya tidak membosankan.

Mengatur set meja kerja ini perlu beberapa tahapan, bro. Biar lebih teratur, rapi dan tentunya bisa mendatangkan inspirasi buat lo – ada beberapa cara yang mesti lo ketahui. Setidaknya di bahasan kali ini, bakal ada 5 cara yang cukup fundamental.

Kita yakin lo sudah penasaran nih dengan cara-cara yang bakal dibahas nanti. Daripada penasaran sendiri, sekarang lo bisa simak bahasan ini dan siap-siap buat menerapkannya ya!

 

Atur Lokasi Buat Jadi ‘Meja Kerja’

5 cara atur meja kerja di rumah

Credit Image: halifaxcourier.co.uk

Memang sih, meja kerja itu bisa di mana saja. Tapi kalau lo tetap di kamar dan di tempat tidur – ada kemungkinan lo bakal dihantui rasa malas dan ngantuk dan akhirnya lo malah tidur dan kerjaan malah numpuk.

Jelas lo nggak mau seperti itu, kan? Oleh karena itu, hal atau cara pertama yang bisa lo lakukan buat bikin set meja kerja yang seru dan bisa mendatangkan diri lo inspirasi adalah mengetahui dan menentukan di mana lokasi meja kerja lo tersebut.

Saran gue sih meja kerja yang seru adalah meja kerja yang privat dan intimate. Lo bisa mulai dari taman belakang rumah, di samping rumah, atau ruang keluarga yang tidak sering dilalui banyak orang rumah.

Dari sini, lo bisa set lokasi itu dengan meja, bangku dan beberapa peralatan yang lo butuhkan seperti colokan listrik dan lainnya.

 

Tentukan Peralatan yang Mau Dibawa

5 cara atur meja kerja di rumah

Credit Image: leamingtoncourier.co.uk

Meja kerja yang ‘pindah’ artinya segala peralatan lo yang diperlukan juga ikut pindah. Pastikan saja kalau lokasi baru yang sudah lo tentukan tidak terlalu terkena sinar matahari secara langsung dan tidak terkena hujan jikalau hujan turun.

Dari sini, barulah lo bisa atur apa saja peralatan kantor yang mau lo bawa. Mulai dari colokan listrik, laptop, atau bahkan PC Komputer, jam, set smartphone dan tablet serta lainnya. Menentukan peralatan yang mau dibawa juga bisa menghindarkan lo dari distraksi yang berkemungkinan terjadi karena keasyikan ‘main’ dengan peralatan tersebut.

 

Pencahayaan yang Cukup

Jika terlalu redup atau remang-remang, yang ada kerja nggak – molor iya. Maka dari itu, dari menentukan lokasi di mana lo bakal atur set meja kerjanya, lo bisa juga memerhatikan pencahayaan yang cukup nih.

Ditambah, view yang ada yang bisa membawa lo untuk mendapatkan inspirasi, nih. Misalnya di kebun samping atau belakang di mana penglihatan lo bisa disegarkan dengan tanaman-tanaman hijau yang lo punya.

 

Dekorasi Tambahan?

5 cara atur meja kerja di rumah

Credit Image: pinterest.com

Ini bebas terserah lo, bro – tapi buat yang merasa lo perlukan, tidak apa lo bawa untuk diatur kembali di set meja kerja. Misalnya dekorasi seperti action figure, atau diecast – kenapa tidak nih? Biar meja kerja lo semakin estetik dan enak buat dipakai kerja!

Kalau mau dekat dengan alam, lo bisa dekor dengan beberapa item seperti pot tanaman hias yang kecil-kecil dan sejenisnya.

 

Akses Internet yang Mumpuni

Segala pekerjaan lo jelas membutuhkan akses internet yang mumpuni agar komunikasi dengan pimpinan serta teman kerja yang lainnya lancer! Kelancaran berkomunikasi ini penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, lho.

Oleh karena itu, pastikan akses internet yang lo punya sudah mumpuni dan sanggup untuk menemani lo selama pekerjaan belum selesai.

Wah bagaimana nih bro? Dari kelima cara yang sudah dijelaskan di atas – jelas lo sudah paham semuanya dong! Ini bisa langsung lo terapkan ya bro!

 

Feature Image – ddls.com.au

Deretan Kegiatan Ini Pacu Produktivitas Lo Saat Work From Home!

Mon, 28 September 2020
Kegiatan simpel ini bisa pacu produktivitas diri lo terjaga dengan baik!

DKI Jakarta sudah beberapa pekan ini menerapkan lagi Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB berdasarkan naiknya angka positif virus corona di kota metropolitan ini. Nah, bagaimana kabar lo yang sedang menjalani WFH nih, bro?

Kerja dari rumah atau work from home memang jadi salah satu kegiatan yang mesti dibiasakan oleh banyak kalangan. Walau kesannya membosankan, tapi ada banyak hal yang tetap bisa lo lakukan sehingga lo tetap produktif, lho.

Wajar, bekerja dari rumah biasanya gangguannya sedikit tapi berkualitas. Contohnya, tidur-tiduran di kasur atau di sofa yang bisa mengakibatkan pekerjaan lo tidak selesai. Makanya, ada beberapa kegiatan yang justru memicu diri lo supaya terus produktif, lho.

Lalu apa saja kegiatan yang mesti lo lakukan supaya lo tetap produktif terus walau bekerja dari rumah? Kalau lo mempunyai pertanyaan yang sama, tenang – lo sudah berada di halaman artikel yang tepat karena di bawah ini, setidaknya ada beberapa hal yang bisa lo lakukan agar produktivitas diri lo terjaga dengan baik.

Penasaran apa saja hal-hal tersebut? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Menetapkan Jam Kerja

Kegiatan simpel ini bisa pacu produktivitas diri lo terjaga dengan baik!

Credit Image: adventhealth.com

Bukan karena lo bekerja dari rumah sehingga lo bisa seenaknya bangun siang, ya! Semakin siang lo bangun, tentu ada waktu yang terbuang sia-sia untuk menyelesaikan pekerjaan lo nanti. Maka dari itu, bangun pagi tetap menjadi kebiasaan yang perlu diterapkan, ya!

Setelah bangun pagi, sudah mandi dan bersih – mengenakan pakaian rapi dan santai, lalu sarapan, hal pertama yang bisa lo lakukan adalah menuliskan apa saja yang akan lo kerjakan terkait dengan pekerjaan kantor.

Hal ini bakal membantu diri lo untuk mengetahui dan menetapkan jam kerja yang akan lo jalani di rumah. Menuliskan apa saja yang lo kerjakan juga bisa membantu lo mempunyai jam istirahat yang pasti, bro. Jadi jangan sampai lupa makan atau istirahat karena pekerjaan, ya.

Terlebih jika lo menuliskan apa saja yang mau lo kerjakan dan menetapkan jam aktif lo pada hari itu, lo jadi tahu apakah lo masih punya waktu senggang untuk menjalani hobi, nih. Misalnya, berkebun tanaman organik seperti yang sedang tren, main game atau menonton web series seru, atau juga memasak!

 

Kegiatan simpel ini bisa pacu produktivitas diri lo terjaga dengan baik!

Credit Image: ruggedstandart.com

Memasak sedang jadi tren seru yang digandrungi hampir semua kalangan lho. Terlebih laki-laki! Percaya atau tidak, memasak bisa membantu lo untuk tetap produktif, lho!

 

Makan yang Teratur

Kegiatan simpel ini bisa pacu produktivitas diri lo terjaga dengan baik!

Credit Image: freepik.com

Terkait dengan hobi memasak yang bisa bikin lo tetap produktif, jangan lupa buat makan yang teratur saat kerja dari rumah, bro. Terkadang bekerja dari rumah bisa membuat lo sampai lupa makan. Kalau sudah begini, yang ada lo malah lemas dan tidak produktif, bro.

Oleh karena itu, hal selanjutnya yang bisa lo lakukan adalah makan yang teratur untuk menjaga produktivitas diri lo. Eits, karena lo bekerja dari rumah, lo bisa nih menyiapkan makanan yang sesuai dengan selera.

Mungkin lo bisa melihat-lihat resep-resep menarik dan bisa lo terapkan. Hal-hal seperti inilah yang bisa menjaga produktivitas lo tetap oke, bro! Sisi kekreativitasan lo tetap terasah sehingga lo tetap aktif bergerak!

 

Jangan Lupa Istirahat

Kegiatan simpel ini bisa pacu produktivitas diri lo terjaga dengan baik!

Credit Image: freepik.com

Jangan karena asyik sendiri dan melakukan hal-hal seru selama bekerja di rumah lo jadi lupa akan istirahat, ya. Pastikan diri lo tetap mempunyai waktu istirahat yang cukup karena ini jadi salah satu pondasi kuat supaya diri lo tidak kelelahan.

Istirahat yang cukup jadi salah satu hal yang perlu lo terapkan dengan baik karena hal ini adalah salah satu hal yang penting buat dilakukan.

Istirahat ini bukan selalu soal tidur ya bro. Lo bisa berjalan-jalan sejenak di sekitar rumah, menikmati semilir angin, atau sekedar ngopi di taman belakang untuk menghilangkan penat karena sudah berjam-jam di depan meja dan komputer.

Wah bagaimana nih bro? Tiga kegiatan di atas memang sederhana, sangat simpel untuk dilakukan. Maka dari itu, untuk menjaga produktivitas lo tetap baik – tiga kegiatan di atas jangan sampai lupa buat lo terapkan, bro!

 

Feature Image – manofmany.com