Trending
Rabu, 12 Oktober 2016

4 Pencapaian Terbaik NASA

  • Share
  • fb-share
4 Pencapaian Terbaik NASA

Pada tanggal 1 Oktober 1958, National Aeronautics and Space Administration (NASA) dibuat pertama kalinya untuk menggantikan NACA. Tugas NASA ketika itu adalah hanya untuk meluncurkan satelit. Kemudian pada perkembangannya, NASA akhirnya berfokus pada aktivitas yang berhubungan dengan luar angkasa. Nah 1 Oktober kemarin, NASA berulang tahun 58 dan sekarang akan dibahas apa saja pencapaian terbaik NASA selama 58 “mengudara” di angkasa.

 

NASA buat The Space Shuttle Program

Pada tahun 1972, NASA membuat ide yang sangat-sangat cemerlang. Ketika mengetahui kemajuan teknologi nggak akan mampu mengantarkan para astronaut langsung mencapai bulan atau bahkan ke asteroid terdekat, NASA menciptakan “stasiun” bernama The Space Shuttle Program. Diluncurkan pada tahun 1972, stasiun ini bisa digunakan sampai tahun 2011 kemarin. Sekarang “stasiun” para astronaut sudah diganti dengan International Space Station.

 

Apollo 11

Mungkin Rusia berhasil menjadi negara pertama yang berhasil mengirimkan manusia pertama ke luar angkasa. Tetapi proyek Apollo 11 ini menjadi salah satu kemajuan terpesat yang dialami oleh manusia, yaitu berhasil mengirimkan manusia menginjakkan kaki ke bulan untuk pertama kalinya, yaitu pada tahun 1969.

 

Cassini Mission

Cassini Mission adalah misi yang diluncurkan oleh NASA bekerja sama dengan ESA (Eropa) dan ASI (Italia) yang meluncurkan pesawat tanpa awak untuk meneliti Planet Saturnus pada tahun 1997. Dari misi tersebut terlihat bagaimana Saturnus terlihat sangat cantik dengan cincin terkenalnya. Pesawat Cassini ini akan kembali pada tahun 2017.

 

Juno

Sama dengan Cassini, pesawat Juno ini dikirimkan untuk meneliti Planet Jupiter. Tetapi berbeda dengan teknologi Cassini, Juni ini mempunyai teknologi terbaik bahkan bisa dibilang ini adalah pesawat terkini dari NASA. Nantinya Juno ini nggak hanya meneliti tentang Planet Jupiter, tetapi juga meneliti tentang tata surya dan beberapa benda angkasa lain. Menariknya sekarang Juno sedang dalam masa perjalanan untuk memasuki orbit Planet Jupiter, rencananya tahun depan Juno bisa mengirimkan gambar Planet Jupiter untuk pertama kalinya.

Selamat ulang tahun NASA!

 

Source: cnet.com

Comments
SRI YAYA ASTUTI
NASA buat The Space Shuttle Program
Sadam Husaeni tulloh
Kerennnnn bangettttt bosssss