Trending
Kamis, 29 Oktober 2015

Yoga di Indonesia

  • Share
  • fb-share
Yoga di Indonesia

Nggak selamanya olahraga harus lo lakukan dengan bergerak secara cepat. Dalam mempraktekkan yoga, lo bahkan cenderung dianjurkan untuk tenang. Lo diharuskan untuk melakukan berbagai pose di atas sebuah alas khusus. Sounds easy, right? Tunggu sampai lo harus mempraktikkannya sendiri, karena ternyata menciptakan ketenangan dalam yoga butuh usaha yang nggak gampang.

Semua orang pasti tahu kalau olahraga dapat memelihara kesehatan tubuh. Khusus dalam yoga, fokusnya adalah untuk meningkatkan kesehatan secara holistik, baik fisik maupun mental. Gerakan-gerakannya mampu menenangkan pikiran dan meredakan stres. Saat melakukan gerakan yoga, lo harus bisa mengontrol, mengatur, dan berkonsentrasi penuh agar tercipta keseimbangan antara pikiran, jiwa, dan tubuh.

 

Sudah Beredar Sejak Berabad-Abad Lalu

Meski termasuk jenis olahraga modern, yoga ternyata udah hadir sejak lebih dari 5000 tahun lalu sebagai salah satu alternatif pengobatan melalui pernapasan. Munculnya yoga diprakarsai oleh Maharsi Patanji dan menjadi ajaran yang diikuti oleh umat hindu di India. Maharsi Patanji menulis kitab Yoga Sutra yang isinya dibagi menjadi empat bagian dengan total 194 Sutra.

Bagian pertama adalah Samadhipada yang berisi tentang sifat, tujuan, dan bentuk ajaran yoga. Selanjutnya, Sadhanapada merupakan bagian yang membahas cara pelaksanaan yoga. Bagian ketiga disebut Vibutipada, yang menyinggung tentang segi batiniah ajaran yoga serta kekuatan gaib dalam pelaksanaan yoga. Sedangkan, bagian terakhir adalah Kaivalyapada, mendeskripsikan tentang alam lepas dan roh yang ada dalam alam duniawi.

 

Mulai Dikenal di Indonesia Saat Krisis Ekonomi

Penyebaran yoga ke Indonesia dibawa oleh Maha Rsi Agastya dari Kasi, Benares, India. Perkembangannya baru terlihat pada tahun 1990-an, yakni ketika Indonesia dilanda krisis ekonomi. Orang-orang yang ngerasa stres sadar bahwa pengobatan medis aja nggak cukup untuk mengobati penyakit yang sumbernya dari psikis atau mental. Mereka pun mencoba cara-cara penyembuhan alami, salah satunya adalah yoga.

Hingga kini, belum ada lembaga resmi yang menaungi yoga, seperti halnya sepak bola dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) atau bulutangkis dengan Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Tapi, udah mulai banyak festival-festival yang khusus diselenggarakan bagi olahraga yoga. Bali Spirit Festival, misalnya, udah hadir sehak tahun 2008 sebagai pionir dalam festival yoga di Indonesia. Sedangkan, pada tahun 2010, Jakarta juga mulai mengadakan festival yoga dengan nama Namaste Festival.

Nggak hanya sebagai olahraga, kini yoga juga dilakukan sebagai salah satu bentuk gaya hidup pada masyarakat Indonesia. Mulai banyak tempat- khusus praktik yoga yang bisa lo temukan, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Bali, Surabaya, dan Bandung. Lo tertarik untuk mencoba yoga, Urbaners? Tapi jangan cuma karena ikut-ikutan, ya.

 

Source: dwiyantariyoga.wordpress.com, www.wellblog.it, intheloop.com, i.huffpost.com

 

 

Comments
Rio Ardianto
wah keren banget nih
Sarinah
Excellent.