The Gentlemen Barbershop - MLDSPOT
  • Buzz
  • The Gentlemen Barbershop

The Gentlemen Barbershop

Thu, 11 December 2014

Cowok masa kini harus selalu tampil gaya, sudah nggak ada alasan lagi buat para urbaners untuk tampil lecek. Sekarang, cowok udah gak perlu lagi diem-diem masuk salon cewek buat ngerawat rambut. Di beberapa kota besar, banyak gentleman barbershop yang bagus dan pastinya pas banget buat cowok. Berikut bisa lo simak beberapa barbershop yang patut untuk lo coba.

1. Luxo Barbershop

Barbershop minimalis dengan desain yang didominasi warna putih ini mempunyai slogan #Rapikanrambutmunak, unik ya. Lokasi barbershop ini ada di daerah depok, tepatnya di Jl. Margonda Raya No. 36 Depok. Jadi buat urbaners yang tinggal di depok dan sekitarnya bisa nyobain potong rambut disini, tapi jangan datang hari senin ya, karena tiap senin barbershop ini tutup.

2. Manhattan Barbershop

Tempat potong rambut pria ini punya service yang jarang ditemukan di tempat lainnya yaitu massage dan hair coloring. Tempat yang mempunyai slogan “for sharp and dapper haircut” ini berlokasi di Jalan Panglima Polim, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Desainnya yang classy didominasi bata bercat putih bakal bikin lo betah waktu potong rambut disini.

3. Alexander Barbershop

Barbershop ini dimiliki oleh seorang pria Belanda bernama Alexander. Selain dari servicenya, konsep desain interior yang berselera tinggi membuat tempat ini ramai dikunjungi pelanggan. Switch lampu dan meja kayu jadul sukses menghidupkan suasana vintage yang kental namun tetap terlihat berkelas. Barbershop ini berlokasi di Jalan Kemang Raya 16A, Jakarta Selatan.

4. Cutt’N Up

Mengusung konsep desain interior klasik, tempat ini telah menjadi favorit urbaners yang tinggal di Jakarta Barat. Lokasinya yang berdekatan dengan kampus swasta terkenal di Jakarta Barat ini kayanya yang bikin para mahasiswa di kampus itu selalu rapi tiap malam minggu.

5. Barberbox

Tempat ini mencuat karena layanan mereka yang terbilang unik, yaitu layanan potong rambut larut malam dan pas weekend. Sepertinya mereka menghargai orang-orang yang ga punya banyak waktu di siang hari dan mereka yang butuh “polesan” di last minute sebelum kencan di malam minggu. Barbershop ini sendiri terletak di district building 2nd Floor Jl. Birah Raya no. 10, Blok S, Senopati, Jakarta Selatan.

So, udah mutusin mau potong rambut dimana urbaners?

 

 

Sejarah Barbershop
Pelayanan jasa perawatan pria sudah ada sejak 2000 tahun yang lalu. Praktek pemotongan rambut pada pria (barbershop) berawal dari Wilayah Macedonia sekitar 400 tahun sebelum masehi lalu menyebar ke Mesir dan daerah-daerah lainnya. Kata “barber” berasal dari bahasa latin “barba” yang artinya janggut.

Tiang Barbershop
Awal mula dari penggunaan tiang berwarna putih dengan warna merah dan biru yang berputar melilit adalah kebiasaan para tukang sedot darah yang menjemur perban bekas pakai yang berlumuran darah didepan klinik mereka lalu perban yang dijemur itu tertiup angin sehingga berputar melilit menimbulkan variasi warna merah putih.

Barbershop vs Salon
Sebenarnya apa sih bedanya barbershop dengan salon? Perbedaan yang pasti adalah barbershop emang khusus untuk pria, dan di sini lo juga bisa minta perawatan untuk rambut-rambut yang tumbuh di wajah, yang jika ke salon umum belum tentu permintaan seperti itu bisa dipenuhi.

Portrait Photography Hacks: 7 Tips Ini Bikin Lo Bisa Punya Studio Mini Sendiri!

Fri, 07 May 2021
Portrait Photography

Setiap memotret tentunya lo menginginkan hasil yang sempurna kan, bro? Supaya dapat gambar yang bagus memang diperlukan trik khusus dan peralatan mendukung. Jika sewa jasa fotografer atau membeli perlengkapan memotret, lo harus mengeluarkan biaya mahal. But, don’t lose your hope!  Lo bisa cobain bikin studio mini di rumah.

Studio mini buatan sendiri nggak perlu modal besar, bro. Tanpa harus membeli lighting atau peralatan lainnya lo udah bisa menghasilkan jepretan yang kece. Penasaran gimana cara membuat studio mini? Yuk simak artikel MLDSPOT kali ini!

Manfaatkan Cahaya Alami

Portrait Photography

Credit image - skylum.com

Buat menghasilkan gambar yang bagus memang diperlukan lighting yang mendukung. Coba manfaatkan cahaya alami deh, bro. Cahaya alami bisa menjadi sumber cahaya terbaik untuk fotografi produk.

Selain nggak perlu bayar, ketersediaannya juga nggak terbatas. Lo bisa gunakan kaca jendela yang buram untuk menyebarkan tekstur cahaya dan menciptakan kesan lembut. Selain itu, pakai tirai putih tipis untuk menciptakan tampilan cahaya sempurna.

Gunakan Cermin untuk Membuat Backdrop

Mungkin nggak sih, memfoto produk tapi nggak pakai backdrop bagus? Well, segalanya memungkinkan kalo buat urusan kreativitas di dunia fotografi. Termasuk memanfaatkan cermin daripada membeli backdrop. Cermin punya permukaan reflektif yang bisa menambah lebih banyak detail pada hasil jepretan lo.

Selain itu cermin juga sangat multifungsi, lo bisa menggunakannya untuk hampir semua produk dalam berbagai bentuk maupun warna. Coba cek di gudang, siapa tau ada bingkai foto tua dan cermin yang bisa lo gunakan. Jangan lupa juga gunakan konsep table top photography supaya hasilnya lebih kece, bro.

Pakai Kantong Plastik Bening

Portrait Photography

 Credit image - sixthbloom.com

Tips selanjutnya adalah pakai kantong plastik bening buat menciptakan dreamy effect. Buat lo yang belum tau, dreamy effect adalah efek gambar yang tercipta dengan satu fokus yang jelas di tengah tapi memiliki kesan sedang diselimuti semacam kabut. Caranya gampang banget dan trik ini datang dari seorang fotografer profesional, Jesse David McGrady.

Yang lo butuhkan adalah sebuah kantong plastik yang dilubangi. Pastikan sisa plastik yang nggak dilubangi itu menutupi sebagian sudut dari frame gambar yang bakal lo ambil.

Aluminium Foil untuk Membuat Efek Berkilau

Buat mendapatkan efek yang satu ini, lo bisa menggunakan aluminium foil atau tin foil sebagai background foto. Lo juga membutuhkan lampu sorot untuk menimbulkan efek berkilau pada foil yang lo gunakan untuk jadi background tersebut.

Gunakan aperture lebar dan ambil gambar dari jarak dekat untuk mendapatkan hasil blur yang maksimal pada bagian background. Foil yang lo gunakan tadi nggak bakal terlihat jelas dan yang tersisa adalah pantulan kilauan cahaya dari lampu sorot yang mengarah pada foil tersebut.

Gunakan Shiny Background di Laptop

Adapun cara yang lebih mudah, lo bisa buka laptop dan cari gambar ‘shiny background’ untuk lo jadikan latar belakang. Caranya sama aja seperti gunakan alumunium foil - lo tinggal ambil benda yang lo inginkan seperti miniatur atau benda kecil lainnya, lalu ambil gambar dengan aperture lebar untuk mendapatkan hasil yang lebih menarik, gunakan bokeh dengan maksimal ya, bro.

Mini Light Box Pakai Kardus Sepatu

Portrait Photography

Credit image - theartisticlife.wordpress.com

Ada banyak bentuk dan ukuran light box yang bisa lo temui di pasaran. Tapi, kalo mau lebih berbeda dan unik lo bisa membuatnya sendiri dengan mudah dan modal minim. Lo hanya butuh tiga barang diantaranya, kardus bekas ukurannya bebas tergantung besar objek yang mau lo foto, kertas karton atau kertas karkil, double tape. Nah, kalo peralatan udah lengkap, ikutin cara berikut:

  • Lubangi kardus dengan bentuk persegi seukuran lebar kardu pada 3 sisi: depan, kiri, kanan. Potong bagian penutup kardus bagian atas.
  • Lapisi lubang kanan dan kini dengan kertas karton putih. Usahakan kertas nggak terlalu tebal supaya cahaya bisa tetap menembus ke dalam kardus.
  • Pasang kertas untuk alas dan background
  • Letakkan lampu baca di kedua sisi kardus yang telah dilapisi kertas putih

Pakai Kamera Smartphone

Eits, siapa bilang untuk foto-foto produk lo butuh kamera canggih keluaran terbaru? Kalo mau berhemat, lo cukup memanfaatkan kamera yang udah ada. Bahkan kamera smartphone pun bisa memberikan hasil jepretan super kece,  asalkan lo tau tips dan trik fotografi.

Anyway, fotografi ini memang gampang-gampang susah. Untuk menghasilkan gambar yang maksimal dan beda, lo butuh kreativitas lebih dalam mengeksekusinya. Tapi, sekarang lo udah tau kan gimana menciptakan hasil jepretan yang kece? Jadi, kapan nih mulai coba buat studio mini, bro?

 

Featured image - Shutterbug.com