Trending
Kamis, 31 Maret 2016

Dialog Dini Hari, Saat Musisi Berdialog Lewat Lagu

  • Share
  • fb-share
Dialog Dini Hari, Saat Musisi Berdialog Lewat Lagu

Bosan dengan band indie yang itu-itu saja? Mungkin lo bisa coba simak musik dari Dialog Dini Hari. Sebagian dari lo mungkin udah pernah dengar lagu-lagu dari grup musik yang satu ini. Lantunan melodi dari Dialog Dini Hari memang unik dan agak berbeda. Siapa sangka, grup band yang bermula dari obrolan lepas tengah malam ini hanyalah sebuah side-project untuk para anggotanya.

 

Berawal dari pembicaraan sederhana

Kala itu, Maret 2008, tiga pria dari dua band besar asal Bali, Navicula dan Kaimsasikun, sedang berkumpul lepas tengah malam. Sebutlah Dadang SH Pranoto dari Navicula dan Ian Joshua Stevenson serta Mark Liepmann yang kemudian bersepakat untuk membuat sebuah band dengan musik dan notasi yang sederhana. Navicula merupakan band dengan genre neogreen-phsydelic-grunge-core, sedangkan Kaimsasikun dengan deep-psycho-brit-rock. Namun, dengan Dialog Dini Hari, mereka bertiga membawakan lagu-lagu dengan genre yang sangat berbeda dengan band mereka masing-masing.

Di tahun kedua, Dadang kemudian mengajak juga Denny Surya dari Rockavatar dan juga Brozio Orah dari Zio band. Dari sini, Dialog Dini Hari seakan jadi “perkumpulan” musisi-musisi indie Pulau Dewata yang memberikan warna baru di belantika musik Indonesia.

Melebur unsur blues, folk, dan ballad, Dialog Dini Hari memberikan nuansa yang cukup berbeda. Lirik-lirik lagu yang mengandung pesan cerdas dibalut dengan indah bersama dengan lantunan vokal yang cukup merdu. Suara gitar akustik membawa suasana nikmat dan syahdu, enak banget didengerin ketika lo lagi galau dan pengen suasana baru di hidup lo.

 

Sudah 4 album diluncurkan

Album Beranda Taman Hati jadi penanda eksistensi grup satu ini. Dirilis pada tahun 2009, ada 14 lagu yang menjadi isi album satu ini. Semua lagu di album ini diciptakan oleh Dadang SH Pranoto, kecuali lagu Oksigen dan Renovasi Otak yang diciptakan Dadang SH Pranoto bersama dengan Teguh IGO Setiabudi.

Saat ini, udah 4 album yang berhasil, antara lain Beranda Taman Hati, Self Titled, Lengkung Langit dan Tentang Rumahku. Selain album, Dialog Dini Hari juga sempat merilis single Aku Adalah Kamu, Sang Air, hingga Jalan Dalam Diam.

Kalau lo pengen nyobain buat denger lagu dari Dialog Dini Hari, kita saranin buat ngedengerin salah satu lagunya yang berjudul Tentang Rumahku. Dari situ, udah deh keliling satu per satu semua albumnya buat nyariin lagu yang cocok buat lo.

 

 

Source: reverbnation.com, dialogdinihari.com

Comments
Sandi Widiyantoro
Musisi mah gitu, bengong aja dapet lagu 😁
Irwandi
Keren banget